PTK SD 199 = Pd 789 : UPAYA MENINGKATKAN KETRAMPILAN MEMBACA DENGAN METODE KONTEKSTUAL PADA SISWA KELAS I SD NEGERI XXX TAHUN 2009/2010
Tujuan
penelitian ini adalah 1. Untuk
meningkatkan keterampilan membaca dengan
metode pembelajaran kontekstual siswa kelas I SD Negeri XXX 2. Mengetahui ketepatan
program pembelajaran bahasa dengan metode pembelajaran kontekstual agar dapat
meningkatkan keterampilan membaca pada siswa kelas I SD Negeri XXX Metode yang digunakan adalah metode deskriptif kualitatif
dengan jenis PTK. Subjek penelitian adalah seluruh komponen yang ada di I SD
Negeri XXX tahun
pelajaran 2009/2010 yang termasuk di
dalamnya Guru, Siswa Kelas I SD Negeri XXX
Penelitian Tindakan Kelas ini mengambil subjek siswa kelas 1 SD Negeri
XXX. Data tentang
keterampilan membaca sebagai dampak dari penggunaan metode kontekstual
diperoleh dengan menggunakan observasi, wawancara mendalam, dokumentasi, dan test.
Analisis data menggunakan model induktif interaktif dengan komponen: 1) reduksi
data, 2) sajian data, 3) penarikan kesimpulan
Adapun hasil penelitian ini adalah 1. Nilai rata hasil
belajar Bahasa Indonesia siswa kelas
I Semester II pada siklus I sebesar 70,
pada siklus II sebesar 76 sehingga terdapat kenaikan nilai rata – rata dari
siklus I ke siklus II 2. Prosentase
ketuntasan belajar siswa pada siklus I menunjukkan angka sebesar 75 % ( 9 siswa tuntas dalam belajarnya dari seluruh
peserta 12 siswa), pada siklus II sebesar 91,67 % (11 siswa tuntas dalam
belajarnya dari seluruh peserta 12 siswa). Dengan demikian terdapat peningkatan
ketuntasan belajar siswa dari siklus I ke siklus II.
Berdasarkan hasil di atas maka dapat disimpulkan
sebagai berikut: Melalui metode konstektual dapat meningkatan hasil belajar
Bahasa Indonesia (kemampuan membaca)
pada siswa kelas I Semester II SD
Negeri XXX tahun pelajaran 2009
/ 2010.
DAFTAR PUSTAKA
Abu Ahmadi dan Widodo
Supriyono, 2004. Psikologi
Belajar Edisi Revisi. Jakarta :
Rineka Cipta
Arikunto, Suharsimi. 2002. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktek.
Jakarta : Rineka Cipta.
____________, 2008. PTK.
Jakarta : Bumi
Aksara
Arif Sumoro, 2009. Usaha
Peningkatan Hasil Belajar Bahasa Indonesia Geografi dengan Media
Pembelajaran Berupa Peta pada Siswa Kelas IX SMP Negeri 1 Sumberlawang Tahun Pelajaran 2008/2009. Sragen: SMP
Negeri 1 Sumberlawang
Arsyad, Azhar. 2009. Media
Pembelajaran. . Jakarta ;
Raja Grafindo Persada.
Bakdiyah, 2009. Usaha meningkatkan hasil belajar Bahasa Indonesia melalui Metode Role
Playing
Depdiknas. 2004. Pedoman Khusus Pengembangan Silabus dan
penelitian Mata Pelajaran Bahasa Indonesia . 2003. Jakarta: Depdikbud
Dimyati dan Mudjiono, 2006. Belajar
dan Pembelajaran. Jakarta :
Rineka Cipta.
J.J. Hasibuan dan Moedjiono. 2000. Proses Belajar Mengajar.Bandung: Remaja Rosdakarya.
Lukman Ali
dkk.1995. Kamus Besar Bahasa Indnesia. Jakarta :
Rineka Cipta.
Muhibbin Syah,
2004. Psikologi Pendidikan dengan
Pendekatan Baru. Bandung
: Remaja Rosda Karya
Nana Syaodih
Sukmadinata, 2007. Metodologi Penelitian
Pendidikan. Bandung :
Remaja Rosda Karya.
Nasution, 2003. Metode
Research( Penelitian Ilmiah). Jakarta
: Bumi Aksara.
Purwanto Ngalim 2002. Psikologi Pendidikan. Bandung : Remaja
Roesdakarya.
Roestiyah NK. 2001. Strategi Belajar Mengajar. Jakarta :
Rineka Cipta.
Sadiman Arif dkk, 2009.
Media Pendidikan Pengertian, Pengembangan
dan Pemanfaatannya. Jakarta ;
Raja Grafindo Persada.
Slameto. 2002. Belajar dan Pembelajaran. Jakarta : Rineka Cipta
_______, 2003. Belajar dan
Faktor yang Mempengaruhinya. Jakarta
: Reneka Cipta.
______, 2005. Belajar dan
Faktor yang Mempengaruhinya.Edisi Revisi. Jakarta : Reneka Cipta Sugiyono, 2002. Metode Penelitian Administrasi. Bandung .
Alfa Beta.
________, 2006. Metode
Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung : Alfa Beta
Syaiful Bahri Djamarah, 2008. Stratgi Belajar Mengajar. Jakarta
: Rineka Cipta
Tim pelatih Proyek PGSM.
1999. Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta
: Departemen Pendidikan dan Kebudayaan.
Yudi Munadi, 2008. Media Pembelajaran Sebuah Pendekatan Baru. Jakarta : Gaung Persada
Press.
Winkel.WS 2005. Bimbingan dan Konseling di Institusi Pendidikan. Yogyakarta :
Media Abadi.
__________, 2000. Psikologi
Pendidikan dan Evaluasi Belajar. Jakarta :
Gramedia.
Winkel W.S. dan Hastuti, Sri. 2004. Bimbingan dan Konseling di
Institusi Pendidikan. Yogyakarta : Media
Abadi
Untuk mendapatkan file lengkap silahkan hubungi/ sms ke HP. 089 679 540 116
0 komentar:
Posting Komentar