Selasa, 15 Desember 2015

PTK SD 152. UPAYA MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR IPA (KONSEP PESAWAT SEDERHANA) DENGAN MODEL PEMBELAJARAN KONTEKSTUAL PADA SISWA KELAS V SDN 01 xxx TAHUN PELAJARAN 2009/2010

 PTK SD 152. UPAYA MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR IPA (KONSEP PESAWAT SEDERHANA) DENGAN MODEL PEMBELAJARAN KONTEKSTUAL PADA SISWA KELAS V SDN 01 xxx TAHUN PELAJARAN 2009/2010




ABSTRAK
xxx, UPAYA MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR IPA (KONSEP PESAWAT SEDERHANA) DENGAN MODEL PEMBELAJARAN KONTEKSTUAL PADA SISWA KELAS V SDN 01 xxx TAHUN PELAJARAN 2009/2010. Laporan Penelitian Tindakan Kelas, Surakarta: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan xxx, Juni 2010.
Tujuan penelitian ini adalah untuk : (1) Mengetahui cara menerapkan pembelajaran IPA di kelas 5 sekolah dasar melalui model pembelajaran kontekstual. (2) Mengkaji kendala yang dihadapi guru dalam menerapkan pembelajaran IPA melalui model pembelajaran kontekstual. (3) Mencari solusi yang tepat untuk mengatasi kendala yang dihadapi guru dalam menerapkan pembelajaran IPA melalui model pembelajaran kontekstual. (4) Mengetahui bahwa dalam pembelajaran IPA melalui model pembelajaran kontekstual dapat meningkatkan prestasi belajar siswa kelas 5 SD. Variabel yang menjadi sasaran pembelajaran dalam penelitian tindakan kelas ini adalah model pembelajaran kontekstual dan prestasi belajar IPA kelas 5 SD Negeri xxx. Bentuk penelitian ini adalah tindakan kelas dengan model siklus. Tiap siklus terdiri dari empat tahapan, yaitu perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi, dan refleksi. Sebagai populasi adalah siswa kelas 5 SD Negeri xxx yang berjumlah 26 siswa. Teknik pengumpulan data variable peningkatan prestasi belajar IPA melalui model pembelajaran kontekstual adalah observasi, pencatatan arsip dan dokumen, tes dan perekaman. Teknik melalui data yang digunakan adalah model analisis interaktif.
Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa tindakan kelas pada siklus I menunjukkan adanya peningkatan dibanding sebelum tindakan. Sebelum tindakan siswa yang memperoleh nilai di atas 62 adalah 5 siswa atau 19 % dengan rata-rata 56,81 Tetapi pada siklus I siswa yang mendapat nilai di atas 62 adalah 8 siswa atau 69 % dengan rata-rata 65,21. Sedangkan pada siklus II siswa yang mendapat nilai di atas 62 /tuntas sudah mencapai 22 siswa atau 85% dengan ratarata 70,21. Dengan demikian dapat diajukan suatu rekomendasi bahwa pembelajaran IPA melalui model pembelajaran kontekstual dapat meningkatkan prestasi belajar pada siswa kelas 5 SD Negeri xxx Unit Pengelola Pendidikan Kecamatan xxx tahun 2009/2010.


Untuk mendapatkan file lengkap hubungi/ sms ke HP. 089 679 540 116

0 komentar:

Posting Komentar