PTK SD 115 : Peningkatan Prestasi Belajar Membaca Melalui Alat Peraga pada Siswa Kelas 1 SD Negeri Jangur Kecamatan Sumberasih Kabupaten Probolinggo
ABSTRAK
xxxxxxxxxxxxx 2006. PTK. Peningkatan Prestasi Belajar Membaca Melalui Alat Peraga pada Siswa Kelas 1 SD Negeri Jangur Kecamatan Sumberasih Kabupaten Probolinggo
Kata‑kata Kunci : Prestasi, Membaca, Alat peraga
Peningkatan mutu
pendidikan dasar, khususnya di Sekolah Dasar telah menjadi kebijakan
pemerintah, yang harus dilaksanakan dan diwujudkan dengan
sebaik-baiknya. Usaha ini dilaksanakan dalam rangka peningkatan kualitas
sumber daya manusia.
Salah satu penekanan
pokok dalam tujuan pendidikan dasar adalah agar tamatan sekolah dasar
menguasai "Calistung", hal ini dimaksudkan agar
penekanan pembelajaran membaca, menulis dan berhitung menjadi kunci
utama dalam proses pembelajaran. Untuk memperoleh hasil yang optimal,
maka peningkatan mutu pendidikan harus diupayakan secara terus menerus
terencana dan bertahap. Salah satu upaya yang telah dilaksanakan ke arah
tersebut adalah ketrampilan membaca pada siswa. Banyak teknik yang
ditempuh oleh guru dalam usaha meningkatkan prestasi membaca pada
siswanya, salah satu teknik yang ditempuh adalah agar pembelajaran
membaca pada kelas awal hendaknya selalu dicarikan metode dan teknik
yang tepat.
Pembahasan uraian
penelitian ini adalah bagaimana cara guru meningkatkan prestasi membaca
pada siswanya di kelas awal dengan demikian rumusuan masalah dalam
penelitian ini adalah : apakah dengan alat peraga dapat meningkatan
prestasi membaca pada siswa? sedang tujuan penelitian adalah
meningkatan prestasi dan membaca pada siswa melalui alat peraga,
sehingga jika prestasi membaca pada siswa dapat ditingkatkan melalui
alat peraga, maka apabila digalakkannya membaca melalui alat peraga,
maka prestasi membaca pada siswa dapat ditingkatkan.
Kegiatan membaca
pada siswa sangat penting, hal ini disebabkan bahwa aspek pembelajaran
Bahasa Indonesia merupakan satu kesatuan yang utuh yang meliputi
mendengarkan, berbicara, bercerita, membaca, bercerita, dan, menulis,
sehingga apabila salah satu aspek tidak diajarkan maka pembelajaran
bahasa Indonesia kurang lengkap. Dan salah satu teknik yang tepat untuk
meningkatkan prestasi membaca pada siswa kelas awal adalah melalui
alat peraga yang sesuai dan tepat pada pokok bahasan.
Metode penelitian
yang digunakan adalah penelitian tindakan dengan menentukan
langkah‑langkah : perencanaan, prosedur pelaksanaan tindakan, refleksi,
subyek penelitian, pengumpulan data, instrumen penelitian, teknis
analisa data, penyiapan partisipan, penelitian tindakan menggunakan alur
spiral dengan dua siklus.
Hasil
penelitian dari siklus I dan siklus II dari data yang dikumpulkan
menunjukkan adanya peningkatan prestasi yang signifikan, sehingga. dapat
disimpulkan bahwa melalui alat peraga prestasi membaca pada siswa
dapat ditingkatkan
DAFTAR RUJUKAN
Amir Hamzah Sulaiman, 1981, Media Audio Visual Untuk Pengajaran, Penerangan dan Penyuluhan, Jakarta:Gramedia
Anas Sudijono, 1992, Pengantar Statistik Pendidikan, Jakarta:Raja Pers
Sikhabuden, 1984, Pengantar Media Pendidikan Malang:"
Arief Sadiman, 1986, Media Pendidikan Jakarta Pustekom, Yogyakarta: Andi Ofset
Hasibuan ………….Proses Belajar Mengajar II, Malang:IKIP
Henry Guntur Tarigan, 1986, Bela/ar Membaca dan Menulis Permulaan untuk
SD Kelas I, Bandung: Sarana Panca Karya
Karel Karsidi, 1985, Strategi Instruksional Pendidikan, Bandung:Tarsito
Koentjoroningrat, 1986, Melode ‑ Metode Penelitian Masyarakat, Jakarta: Gramedia
Malik Tahir, 1996, Pandai Membaca dan Menulis I, Pentunjuk Guru SD Kelas I, Jakarta: Balai Pustaka
Whibin Syah, 1995, Psikologi Pendidikan Suatu Pendidikan Baru, Bandung:Remaja Rosda Karya
Oemar Hw‑nalik, 1980, Media Pendidikan, Bandung:Alumnio
Poerwodarminto, 1985, Kamus Bahasa Indonesia, Jakarta: Balai Pustaka
Depdik.bud, 1990, Kamus Besar Bahasa Indonesia, Jakarta: Balai Pustaka
Rahman Notowijoyo, 1985, Alat Peraga dan Komunikasi Pendidikan untuk SPG, Jakarta:Bunda Karya,
Sjikabuden, 1984, Pengantar Media Pendidikan, Malang: FIP IIKIP Malang
Smadi Suryabrata, 1983, Psikologi Pendidikan. ‑
Sutrisno Hadi, 1983, Metodelogi Research Jilid II, Yogyakarta: Andi Ofset
...........,1 1989, Metodelogi, Research Jilid III, Yogyakarta, Andi:Ofset
Sri Affi Sinja Prawirodihada,1973. Metodelogi Penelitian Alid I, Jember:Eka Banadru Naya
...............,1 1983, Metodelogi Penelitian Jilid H, Jember:Eka Banadru Naya
Winamo Surachmad, 1985, Pengantar Penelitian Ilmiah, Bandung:Tarsito
Winamo Surachmad, 1990, Pengantar Penelitian Ilmiah, Bandung:Tarsito
Untuk mendapatkan file lengkap hubungi HP. 089 679 540 116
0 komentar:
Posting Komentar