Rabu, 02 Desember 2015

PTK SD 115 : Peningkatan Prestasi Belajar Membaca Melalui Alat Peraga pada Siswa Kelas 1 SD Negeri Jangur Kecamatan Sumberasih Kabupaten Probolinggo

 PTK SD 115 : Peningkatan Prestasi Belajar Membaca Melalui Alat Peraga pada Siswa Kelas 1 SD Negeri Jangur Kecamatan Sumberasih Kabupaten Probolinggo



 ABSTRAK

xxxxxxxxxxxxx 2006. PTK. Peningkatan Prestasi Belajar Membaca Melalui Alat Peraga pada Siswa Kelas 1 SD Negeri Jangur Kecamatan Sumberasih  Kabupaten Probolinggo
Kata‑kata Kunci : Prestasi, Membaca, Alat peraga
Peningkatan mutu pendidikan dasar, khususnya di Sekolah Dasar telah menjadi kebijakan pemerintah, yang harus dilaksanakan dan diwujudkan dengan sebaik-baiknya. Usaha ini dilaksanakan dalam rangka peningkatan kualitas sumber daya manusia.
Salah satu penekanan pokok dalam tujuan pendidikan dasar adalah agar tamatan sekolah dasar menguasai "Calistung", hal ini dimaksudkan agar penekanan pembelajaran membaca, menulis dan berhitung menjadi kunci utama dalam proses pembelajaran. Untuk memperoleh hasil yang optimal, maka peningkatan mutu pendidikan harus diupayakan secara terus menerus terencana dan bertahap. Salah satu upaya yang telah dilaksanakan ke arah tersebut adalah ketrampilan membaca pada siswa. Banyak teknik yang ditempuh oleh guru dalam usaha meningkatkan prestasi membaca pada siswanya, salah satu teknik yang ditempuh adalah agar pembelajaran membaca pada kelas awal hendaknya selalu dicarikan metode dan teknik yang tepat.
Pembahasan uraian penelitian ini adalah bagaimana cara guru meningkatkan prestasi membaca pada siswanya di kelas awal dengan demikian rumusuan masalah dalam penelitian ini adalah : apakah dengan alat peraga dapat meningkatan prestasi membaca pada siswa? sedang tujuan penelitian adalah meningkatan prestasi dan membaca pada siswa melalui alat peraga, sehingga jika prestasi membaca pada siswa dapat ditingkatkan melalui alat peraga, maka apabila digalakkannya membaca melalui alat peraga, maka prestasi membaca pada siswa dapat ditingkatkan.
Kegiatan membaca pada siswa sangat penting, hal ini disebabkan bahwa aspek pembelajaran Bahasa Indonesia merupakan satu kesatuan yang utuh yang meliputi mendengarkan, berbicara, bercerita, membaca, bercerita, dan, menulis, sehingga apabila salah satu aspek tidak diajarkan maka pembelajaran bahasa Indonesia kurang lengkap. Dan salah satu teknik yang tepat untuk meningkatkan prestasi membaca pada siswa kelas awal adalah melalui alat peraga yang sesuai dan tepat pada pokok bahasan.
Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian tindakan dengan menentukan langkah‑langkah : perencanaan, prosedur pelaksanaan tindakan, refleksi, subyek penelitian, pengumpulan data, instrumen penelitian, teknis analisa data, penyiapan partisipan, penelitian tindakan menggunakan alur spiral dengan dua siklus.
Hasil penelitian dari siklus I dan siklus II dari data yang dikumpulkan menunjukkan adanya peningkatan prestasi yang signifikan, sehingga. dapat disimpulkan bahwa melalui alat peraga prestasi membaca pada siswa dapat ditingkatkan

DAFTAR RUJUKAN
Amir Hamzah Sulaiman, 1981, Media Audio Visual Untuk Pengajaran, Penerangan dan Penyuluhan, Jakarta:Gramedia
Anas Sudijono, 1992, Pengantar Statistik Pendidikan, Jakarta:Raja Pers
Sikhabuden, 1984, Pengantar Media Pendidikan Malang:"
Arief Sadiman, 1986, Media Pendidikan Jakarta Pustekom, Yogyakarta: Andi Ofset
Hasibuan ………….Proses Belajar Mengajar II, Malang:IKIP
Henry Guntur Tarigan, 1986, Bela/ar Membaca dan Menulis Permulaan untuk
                SD Kelas I, Bandung: Sarana Panca Karya
Karel Karsidi, 1985, Strategi Instruksional Pendidikan, Bandung:Tarsito
Koentjoroningrat, 1986, Melode ‑ Metode Penelitian Masyarakat, Jakarta:  Gramedia
Malik Tahir, 1996, Pandai Membaca dan Menulis I, Pentunjuk Guru SD Kelas I, Jakarta: Balai Pustaka
Whibin Syah, 1995, Psikologi Pendidikan Suatu Pendidikan Baru, Bandung:Remaja Rosda Karya
Oemar Hw‑nalik, 1980, Media Pendidikan, Bandung:Alumnio
Poerwodarminto, 1985, Kamus Bahasa Indonesia, Jakarta: Balai Pustaka
Depdik.bud, 1990, Kamus Besar Bahasa Indonesia, Jakarta: Balai Pustaka
Rahman Notowijoyo, 1985, Alat Peraga dan Komunikasi Pendidikan untuk SPG, Jakarta:Bunda Karya,
Sjikabuden, 1984, Pengantar Media Pendidikan, Malang: FIP IIKIP Malang
Smadi Suryabrata, 1983, Psikologi Pendidikan. ‑
Sutrisno Hadi, 1983, Metodelogi Research Jilid II, Yogyakarta: Andi Ofset
...........,1 1989, Metodelogi, Research Jilid III, Yogyakarta, Andi:Ofset
Sri Affi Sinja Prawirodihada,1973. Metodelogi Penelitian Alid I, Jember:Eka Banadru Naya
...............,1 1983, Metodelogi Penelitian Jilid H, Jember:Eka Banadru Naya
Winamo Surachmad, 1985, Pengantar Penelitian Ilmiah, Bandung:Tarsito
Winamo Surachmad, 1990, Pengantar Penelitian Ilmiah, Bandung:Tarsito





Untuk mendapatkan file lengkap hubungi HP. 089 679 540 116

0 komentar:

Posting Komentar