UPAYA MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR SISWA DENGAN METODE DEMONSTRASI
DENGAN MEDIA
SEQIP MATA PELAJARAN BIOLOGI PADA
SISWA
KELAS X/2 SMA NEGERI 4 MADIUN
TAHUN PELAJARAN 2006/2007
ABSTRAK
Pendidikan merupakan sesuatu yang sangat penting untuk mempersiapkan
generasi di masa depan, pemerintah selalu berusaha untuk meningkatkan kualitas
pendidikan dengan berbagai cara seperti mengganti kurikulum, meningkatkan
kualitas guru melalui penataran-penataran atau melanjutkan sekolah ke tingkat
yang lebih tinggi. UU no. 20 tahun 2003 tentang sistem pendidikan nasional,
pasal 3 menyatakan bahwa ; “Pendidikan nasional berfungsi mengembangkan
kemampuan dan membentuk watak serta peradaban bangsa yang bermartabat dalam
rangka mencerdaskan kehidupan bangsa, bertujuan untuk berkembangnya potensi
peserta didik agar menjadi manusia yang bertakwa kepada Tuhan YME, berakhlak
mulia, sehat, berilmu, cakap, kreatif, mandiri dan menjadi warga negara yang
demokratis serta bertanggung jawab”. Negara berkembang selalu berusaha untuk
mengejar ketinggalannya, yaitu dengan giat melakukan pembangunan di segala
bidang kehidupan.
Proses belajar mengajar kelas X/2 SMA N 4 Madiun terhadap pelajaran Biologi
dalam 2 kali ulangan rata – rata masih ada siswa yang belum penguasaan materi
sebesar. Hal tersebut terlihat bahwa pelajaran didominasi oleh guru dan
penjelasan guru kurang didukung dengan metode yang sesuai dan menarik perhatian
siswa. Hal inilah yang mendorong perlu adanya perbaikan pembelajaran.
Sumber data dikumpulkan dari siswa, guru dan dokumen yang terlibat dalam
penelitian. Jenis data yang didapatkan adalah data kualitatif dan kuantitatif
yang terdiri dari:, hasil observasi terhadap pelaksana proses pembelajaran,
hasil wawancara dan hasil belajar. pada pra penelitian, siklus pertama, siklus
kedua, dan siklus ketiga Analisis data dilakukan melalui teknik analisis
deskriptif kuantitatif. Hasil analisis
menunjukkan bahwa tehnik pembelajaran dengan menggunakan media demontrasi
dengan menggunakan media pembelajaran SEQIP misalnya : gambar/sketsa dapat
meningkatkan interaksi siswa dalam pembelajaran materi Biologi dan memperkecil
tingkat kesulitan siswa untuk bertanya, menjawab pertanyaan dan mengemukakan
gagasan dalam proses pembelajaran, sehingga dapat meningkatkan kualitas/mutu
interaksi pembelajaran dalam proses
pembelajaran dan hasil belajar siswa, meningkatkan kemampuan siswa dalam
mengguasai teori dan praktek.
Kata kunci : Interaksi pembelajaran, Media demontrasi,
Media SEQIP, percobaan.
Untuk mendapatkan file skripsi /
Thesis / PTK / PTS lengkap (Ms.Word),
hubungi : 081 567 745 700
0 komentar:
Posting Komentar