PENGGUNAAN METODE DISKUSI KELOMPOK DAN PEMBERIAN
TUGAS DALAM UPAYA MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR
SsSEJARAH PADA MATERI POKOK
PERKEMBANGAN MUTAKHIR SEJARAH DUNIA BAGI SISWA KELAS XII IPS SMA NEGERI 1
NGUTER SEMESTER II TAHUN PELAJARAN
2008/2009
BAB I
PENDAHULUAN
A.
Latar Belakang
Manusia adalah makhluk istimewa dibandingkan dengan
makhluk-makhluk lainnya. Hal ini karena manusia dilengkapi dengan akal pikiran,
sehingga manusia mampu mengembangkan segala sesuatu yang telah diberikan Tuhan
Yang Maha Kuasa. Kemampuan belajar dan mengolah informasi pada manusia
merupakan ciri penting yang membedakan manusia dari makhluk lain, kemampuan
belajar itu memberi manfaat bagi individu dan juga bagi masyarakat untuk
menempatkan diri dalam makhluk yagn berbudaya. Dengan belajar seseorang mampu
mengubah perilaku dan membawa pada perubahan individu-individu belajar, yang
memiliki pengetahuan, sikap, dan ketrampilan.
Kegiatan belajar merupakan salah satu kegiatan pokok
dalam proses pembelajaran. Ini berarti berhasil tidaknya pencapaian tujuan
pendidikan banyak tergantung pada bagaimana proses belajar yang dialami oleh
siswa sebagai anak didik. Keberhasilan dari proses belajar ditandai dengan
tercapainya tujuan pengajaran dan prestasi belajar secara maksimal.
Pendidikan
merupakan suatu upaya untuk meningkatkan sumber daya manusia. Menciptakan
manusia yang cerdas dan maju perlu diimbangi dengan peningkatan mutu
pendidikan. Mutu pendidikan sangat erat kaitannya dengan mutu guru. Kunci
keberhasilan pelaksanaan sangat ditentukan oleh faktor guru sebagai pengelola
kegiatan pembelajaran. Proses belajar mengajar akan optimal apabila guru mampu
merencanakan pelaksanaan sampai evaluasi. Menurut Suryo Subroto (1997 : 19)
proses belajar mengajar meliputi kegiatan yang dilakukan guru mulai dari
perencanaan, pelaksanaan kegiatan sampai dengan evaluasi dan program tindak
lanjut. Pernyataan tersebut mengandung makna bahwa pembelajaran tidak terlepas
dari evaluasi.
Seiring
dengan hal di atas tidak terlepas dari penguasaan materi pelajaran khususnya Sejarah
pada diri siswa kelas XII IPS di SMA Negeri 1 Nguter. Menurut data hasil evaluasi
Kelas XII IPS Tahun Pelajaran 2008/2009 daya serap terhadap mata pelajaran Sejarah
pada Materi Pokok Perkembangan Mutakhir Sejarah Dunia sangat rendah. Pada kondisi
awal pembelajaran Sejarah materi pokok Perkembangan Mutakhir Sejarah Dunia,
hasil evaluasi yang dicapai sebanyak 27 dari 40 siswa tidak memenuhi KKM yang
ditentukan yaitu di bawah 65. Hal ini disebabkan karena di dalam kegiatan
belajar hanya mengandalkan teori dan kurang menyadari pentingnya pendekatan
pembelajaran yakni metode pembelajaran.
Metode pembelajaran dalam
Sejarah ini banyak sekali yang tepat dan sesuai dengan tuntutan perkembangan
pembelajaran Sejarah. Metode-metode pembelajaran Sejarah yakni metode
demonstrasi, metode pemecahan masalah, metode drill dan latihan, metode
penemuan, metode tanya jawab, metode inkuiri, dan sebagainya.
Berdasarkan kajian latar
belakang masalah tersebut di atas, maka ditemukan permasalahan dalam
pembelajaran Sejarah di SMA Negeri 1 Nguter
sebagai berikut:
1.
Prestasi Sejarah siswa SMA Negeri 1 Nguter masih
tergolong rendah.
2.
Pelajaran Sejarah belum memiliki makna sebagai bagian
dalam kehidupan sehari-hari.
3.
Pembelajaran Sejarah yang dilaksanakan oleh guru masih
bersifat konvensional.
4.
Minimnya penerapan metode pengajaran dalam pembelajaran
Sejarah khususnya Perkembangan Mutakhir Sejarah Dunia.
Agar kualitas pendidikan anak
meningkat maka seorang guru harus tahu pentingnya metode pembelajaran. Ada tiga
cara utama dalam belajar yaitu model visual, auditorial, dan kinestetik. Visual
adalah belajar melalui indra penglihatan. Auditorial adalah belajar melalui
indra pendengaran. Kinestetik adalah belajar melalui peraba dan penglihatan.
Dari ketiga cara tersebut harus didukung oleh sarana dan prasarana dan tidak
kalah pentingnya dengan metode diskudi kelompok dan pemberian tugas. Dengan metode
ini ketiga cara turut bisa menyatu sehingga belajar anak lebih maksimal. Dalam
hal ini penulis mencoba menerapkan metode diskusi dalam pemahaman Perkembangan
Mutakhir Sejarah Dunia guna meningkatkan prestasi belajar Sejarah kelas XII Sejarah
di SMA Negeri 1 Nguter.
Berangkat
dari masalah-masalah yang sangat mengganggu dan menghambat siswa yang
bersangkutan untuk meraih prestasi yang lebih tinggi, maka guru mengadakan
perbaikan pembelajaran untuk meningkatkan penguasaan terhadap mata pelajaran Sejarah
pada diri siswa. Adapun perbaikan pembelajaran yang dipergunakan adalah
penggunaan metode
DAFTAR PUSTAKA
Arifin Zaenal. 1990. Evaluasi Instruksional
Prinsip Teknik Prosedur. Bandung : Remadja Rosda Karya
Elizabeth B. Hurlock. 1990. Psikologi
Perkembangan. Jakarta: Penerbit Gelora Aksara Pratama.
Gredler, Margaret E. Ball. 1991. Belajar dan
Membelajarkan, Jakarta : Rajawali
Hasibuan, J.J. Drs. Dip. Ed dan Moedjiono, Drs.,
2000, Proses Belajar Mengajar, Bandung, Penerbit PT. Remaja Rosdakarya.
Herman Hudojo, 1990. Strategi Mengajar Belajar Sejarah.
Malang : IKIP Malang.
Kusmana Pachrudin, E., Drs., 1985, Proses Belajar
Mengajar : Azas, Strategi, Metode, Jurusan Pendidikan Dunia Usaha, FPIPS IKIP
Bandung.
Martinis Yamin. H. 2005. Strategi Pembelajaran
Berbasis Kompetensi. Jakarta : Gaung PErsada Pres.
Moedjiono dan Dimyati, Moh. , 1991, Strategi Belajar
Mengajar, Jakarta, Proyek Pembinaan Tenaga Kependidikan, Dikti, Depdikbud.
Prasetyawan Irawan, dkk. 1997. Teori Belajar,
Motivasi, dan Ketrampilan Mengajar. Jakarta: Peningkatan dan Pengembangan
Aktivitas Instruktisional Direktorat Jendral Pendidikan Tinggi Departemen
Pendidikan dan Kebudayaan.
Rini Budiharti. 2001, Strategi Belajar Mengajar.
Surakarta : UNS Press.
Siti Choiriyah. 2006. Acuan Pengayaan Sejarah. Solo : Sindhunata
Suprayekti. 2003. Interaksi Belajar Mengajar. Jakarta
: Depdiknas Dirjen Pendidikan Dasar dan Menengah Direktorat Tenaga
Kependidikan,
Sriyono, Drs., dkk., 1992, Teknik Belajar Mengajar
dalam CBSA, Jakarta, Penerbit Rineka Cipta.
UU No. 2 Tahun 1989. Tentang Sistem Pendidikan Nasional
Winkel. W.S 1987. Psikologi Pengajaran. Jakarta : Gramedia
Untuk mendapatkan file skripsi /
Thesis / PTK / PTS lengkap (Ms.Word),
hubungi : 081 567 745 700
0 komentar:
Posting Komentar