UPAYA
MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR IPA ( KONSEP
PESAWAT
SEDERHANA ) DENGAN MODEL PEMBELAJARAN
KONTEKSTUAL
PADA SISWA KELAS V SDN 01 WIDODAREN
TAHUN
PELAJARAN 2009 / 2010.
ABSTRAK
Wijiyono, UPAYA MENINGKATKAN
PRESTASI BELAJAR IPA (KONSEP PESAWAT SEDERHANA) DENGAN MODEL PEMBELAJARAN
KONTEKSTUAL PADA SISWA KELAS V SDN 01 WIDODAREN TAHUN PELAJARAN 2009/2010.
Laporan Penelitian Tindakan Kelas, Surakarta: Fakultas Keguruan dan Ilmu
Pendidikan Universitas Sebelas Maret Surakarta, Juni 2010.
Tujuan penelitian ini adalah
untuk : (1) Mengetahui cara menerapkan pembelajaran IPA di kelas 5 sekolah
dasar melalui model pembelajaran kontekstual. (2) Mengkaji kendala yang
dihadapi guru dalam menerapkan pembelajaran IPA melalui model pembelajaran
kontekstual. (3) Mencari solusi yang tepat untuk mengatasi kendala yang
dihadapi guru dalam menerapkan pembelajaran IPA melalui model pembelajaran
kontekstual. (4) Mengetahui bahwa dalam pembelajaran IPA melalui model
pembelajaran kontekstual dapat meningkatkan prestasi belajar siswa kelas 5 SD.
Variabel yang menjadi sasaran pembelajaran dalam penelitian tindakan kelas ini
adalah model pembelajaran kontekstual dan prestasi belajar IPA kelas 5 SD
Negeri 01 Widodaren. Bentuk penelitian ini adalah tindakan kelas dengan model
siklus. Tiap siklus terdiri dari empat tahapan, yaitu perencanaan, pelaksanaan
tindakan, observasi, dan refleksi. Sebagai populasi adalah siswa kelas 5 SD
Negeri 01 Widodaren yang berjumlah 26 siswa. Teknik pengumpulan data variable
peningkatan prestasi belajar IPA melalui model pembelajaran kontekstual adalah
observasi, pencatatan arsip dan dokumen, tes dan perekaman. Teknik melalui data
yang digunakan adalah model analisis interaktif.
Berdasarkan hasil penelitian
dapat disimpulkan bahwa tindakan kelas pada siklus I menunjukkan adanya
peningkatan dibanding sebelum tindakan. Sebelum tindakan siswa yang memperoleh
nilai di atas 62 adalah 5 siswa atau 19 % dengan rata-rata 56,81 Tetapi pada
siklus I siswa yang mendapat nilai di atas 62 adalah 8 siswa atau 69 % dengan
rata-rata 65,21. Sedangkan pada siklus II siswa yang mendapat nilai di atas 62
/tuntas sudah mencapai 22 siswa atau 85% dengan ratarata 70,21. Dengan demikian
dapat diajukan suatu rekomendasi bahwa pembelajaran IPA melalui model
pembelajaran kontekstual dapat meningkatkan prestasi belajar pada siswa kelas 5
SD Negeri 01 Widodaren Unit Pengelola Pendidikan Kecamatan Petarukan Kabupaten
Pemalang tahun 2009/2010.
Untuk mendapatkan file skripsi /
Thesis / PTK / PTS lengkap (Ms.Word),
hubungi : 081 567 745 700
0 komentar:
Posting Komentar