UPAYA MENINGKATKAN KETERAMPILAN DISKUSI
DENGAN PENDEKATAN
PEMBELAJARAN DISCOVERY LEARNING
SISWA
KELAS X-5 SMA NEGERI 1
KOTAGAJAH KABUPATEN LAMPUNG TENGAH BIDANG STUDI EKONOMI
PADA KONSEP PERMINTAAN,
PENAWARAN DAN HARGA KESEIMBANGAN SEMESTER I
TAHUN PELAJARAN 2004/2005
(Penelitian Tindakan Kelas di SMA Negeri 1 Kotagajah)
ABSTRAK
UPAYA MENINGKATKAN KETERAMPILAN DISKUSI DENGAN PENDEKATAN PEMBELAJARAN DISCOVERY LEARNING SISWA KELAS X-5 SMANEGERI 1KOTAGAJAH KABUPATEN LAMPUNG TENGAH BIDANG STUDI EKONOMI PADA KONSEP PERMINTAAN, PENAWARAN DAN HARGA KESEIMBANGAN SEMESTER I TAHUN PELAJARAN 2004/2005
(Penelitian Tindakan Kelas di SMA Negeri 1 Kotagajah)
Suatu kenyataan dalam penelitian
di Sekolah Menengah Atas (SMA)
Negeri 1 Kotagajah, pemberian
metode diskusi mata pelajaran Ekonomi dalam konsep permintaan, penawaran dan
harga keseimbangan ternyata disukai siswa.
Metode
diskusi merupakan salah satu pilihan pendekatan pembelajaran pada kurikulum
2004. Metode diskusi ini sangat penting diberikan kepada siswa, karena dalam
proses belajar mengajar hendaknya menekankan pada keterampilan memperoleh
pengetahuan dan mengkomunikasikan perolehannya. Maka dalam pelaksanaan kegiatan
belajar mengajar harus melibatkan siswa baik secara fisik maupun mental (pikiran
dan perasaan). Salah satu pendekatan pembelajaran siswa aktif yaitu Discovery
Learning. Dalam pendekatan Discovery Learning perlu adanya suatu
bentuk pembelajaran penemuan terbimbing, yang mana peran guru adalah sebagai
fasilitator dan pemimpin.
Dari data analisa penelitian ini
membuktikan bahwa pembelajaran penemuan dapat meningkatkan keterampilan diskusi
siswa dan meningkatkan prestasi belajar siswa serta mampu meningkatkan
ketuntasan belajar siswa, yaitu dari 85 % menjadi 100%.
Untuk mendapatkan file skripsi /
Thesis / PTK / PTS lengkap (Ms.Word),
hubungi : 081 567 745 700
0 komentar:
Posting Komentar