PEMBELAJARAN KIMIA BERPENDEKATAN
SETS UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS DAN KREATIF
SISWA KELAS X SMA MUHAMMADIYAH I
SEMARANG
TAHUN PELAJARAN 2004/2005
SARI
Purwaningsih, Asih. 2005. Pembelajaran
Kimia Berpendekatan SETS untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis dan
Kreatif Siswa Kelas X SMA Muhammadiyah 1 Semarang Tahun Pelajaran 2004 /2005.
Skripsi, Jurusan Kimia, Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam,
Universitas Negeri Semarang.
Kata Kunci: Pembelajaran Kimia
Berpendekatan SETS, Kemampuan Berpikir Kritis, Kemampuan Berpikir Kreatif.
Dalam rangka memenuhi tujuan
manusia Indonesia yang kritis dan kreatif, terutama bagi siswa kelas X SMA
Muhammadiyah Semarang, perlu di usahakan pembelajaran kimia yang tidak hanya
menekankan aspek pengetahuan dan pemahaman saja. Akan tetapi diperlukan
pembelajaran yang diusahakan dapat melatih siswa untuk mengembangkan daya
nalarnya dalam memecahkan permasalahan dan memahami pengaplikasian
konsep-konsep yang dipelajari dan dijumpai dalam kehidupan sehari-hari. Hal itu
dapat dilakukan dengan menganalisis, mensintesis, mengevaluasi suatu informasi,
data, argumen, atau kejadian-kejadian yang terjadi di lingkungannya, sehingga
kemampuan kritis-kreatifnya bisa berkembang. Untuk meningkatkan kemampuan
kritis dan kreatif, guru bisa merancang pembelajaran dengan pendekatan yang
tepat. Dalam pembelajaran berpendekatan SETS (Sains, Environment, Technology
and Society) siswa diminta menghubungkaitkan antara konsep sains yang dipelajari
dengan benda-benda yang berkenaan dengan konsep tersebut pada unsur lain dalam
SETS, sehingga memungkinkan siswa memperoleh gambaran lebih jelas tentang
keterkaitan konsep tersebut dengan unsur lain dalam SETS baik dalam bentuk
kelebihan maupun kekurangannnya. Dengan demikian diharapkan siswa mampu
berpikir kritis-kreatif dalam mencermati keterhubungkaitan tersebut, karena
dalam prosesnya diperlukan kemampuan untuk mengamati, menganalisis ,
mensintesis dan memecahkan masalah yang merupakan unsur dasar/karakter dalam
kemampuan berpikir kritis-kreatif. Oleh karena itu penulis tertarik untuk
mencoba menerapkan pendekatan SETS dalam pembelajaran kimia di kelas X SMA
Muhammadiyah 1 Semarang.
Tujuan Penelitian ini adalah
untuk menciptakan kondisi optimum pembelajaran SETS di mana proses pembelajaran
memenuhi karakter pendekatan SETS, kemampuan berpikir kritis dan kreatif siswa
meningkat. Di lain pihak, ketuntasan belajar klasikal tercapai dan tugas siswa
terpenuhi. Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas yang menggunakan
data pengamatan langsung terhadap jalannya proses pembelajaran di kelas, yang
dilakukan melalui 3 siklus.
Hasil penelitian menunjukkan
bahwa kondisi optimum tercapai pada siklus ke-3 dimana proses pembelajaran
memenuhi karakter pendekatan SETS, kemampuan berpikir kritis dan kreatif siswa
meningkat secara signifikan, ketuntasan belajar klasikal tercapai dan
tugas-tugas siswa bernuansa SETS terpenuhi.
Dari
hasil penelitian tersebut disarankan agar guru berani mencoba untuk menggunakan
pendekatan SETS dan membiasakannya pada proses pembelajaran
Untuk mendapatkan file skripsi /
Thesis / PTK / PTS lengkap (Ms.Word),
hubungi : 081 567 745 700
0 komentar:
Posting Komentar