PENINGKATAN KEMAMPUAN SISWA DALAM
MENYELESAIKAN SOAL CERITA MATEMATIKA MELALUI PEMBERDAYAAN
ALAT PERAGA PADA SISWA KELAS II SD I
KUWUKAN
DAWE KUDUS 2004/2005
ABSTRAK
Astuti, PENINGKATAN KEMAMPUAN SISWA DALAM MENYELESAIKAN SOAL CERITA
MATEMATIKA MELALUI PEMBERDAYAAN ALAT PERAGA PADA SISWA KELAS II SD I KUWUKAN
DAWE KUDUS 2004/2005. Skripsi.
Surakarta : Fakultas Keguruan dan ILmu Pendidikan Universitas Sebelas Maret
Surakarta, 2005.
Penelitian in I bertujuan untuk mengetahui peningkatan kemampuan belajar
sisiwa dalam mneyelsaikan soal cerita Matematika mellaui alat peraga Siswa
kelas II SD Negeri I Kuwukan Kecamatan Dawe Kabupaten Kudus Tahun Pelajaran
2004/2005.
Metode yang digunakan dalam penelitian ini metode tindakan kelas,
sedangkan strategi yang digunakan adalah studi kasus dengan langkah – langkah
menyusun rencana, mengadakan tindakan, pengamatan dan mengadakan refleksi.
Teknik sampling dalam penelitian ini tanpa dilakukan seleksi atau peneliti
tidak membatasi jumlah informan atau siswa yang diteliti sejumlah 22 siswa.
Teknik pengumpulan data dengan wawancara, observasi langsung dan tes. Analisis
data adalah analisis kasus.
Dari keseluruhan putaran atau siklus yang telah dilakukan, dapat
disimpulkan bahwa guru telah mampu meningkatkan kemampuan belajar Matematikan
siswa kelas II SD Negeri I Kuwukan Kecamatan Dawe Kabupaten Kudus Tahun
Pelajaran 2004/2005 dan mata pelajaran Matematika dengan menunjukkan gambar dan
mengefektifkan penggunaan alat peraga dalam pembelajaran. Hal ini buktikan dari
perolehan rata – rata hasil nilai ulangan siswa sebelum diadakan tindakan
adalah 5,6 dan setelah dilakukan tindakan pada siklus II dan 7,0 pada siklus
II. Setiap putaran/siklus selalu membawa dampak yang positif ke a rah
peningkatan perkembangan kemampuan dan prestasi belajar Matematikan siswa kelas
II SD Negeri I Kuwukan Kecamatan Dawe Kabupaten Kudus Tahun Pelajaran
2004/2005.
'Untuk mendapatkan file skripsi /
Thesis / PTK / PTS lengkap (Ms.Word),
hubungi : 081 567 745 700
0 komentar:
Posting Komentar