PENERAPAN METODE PEMBELAJARAN KOOPERATIF
JIGSAW PADA MATA PELAJARAN KIMIA UNTUK MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR
SISWA DI KELAS X TI C SMK NEGERI 1
MANGGAR TAHUN PELAJARAN 2009/2010
ABSTRAK
Syahrial, 2010. Penerapan metode
pembelajaran kooperatif jigsaw pada mata pelajaran kimia untuk meningkatkan
aktivitas dan hasil belajar siswa di kelas X TI C SMK Negeri 1 Manggar tahun
pelajaran 2009/2010.
Kata Kunci : jigsaw, aktifitas,
hasil belajar
Tujuan
penelitian tindakan kelas ini adalah untuk meningkatkan aktivitas dan hasil
belajar siswa pada mata pelajaran kimia di kelas X TI C SMK Negeri 1 Manggar
tahun pelajaran 2009/2010. Penelitian ini menggunakan metode pembelajaran
kooperatif jigsaw dengan dua siklus. Pada sesi I siswa diberi waktu 50% di
kelompok tim ahli dan 50% di kelompok asal, sedangkan di sesi II siswa
diberiwaktu 25% di kelompok tim ahli dan 75% di kelompok asal. Di kelompok tim
ahli siswa diberi kebebasan untuk mencari bahan ajar yang relevan dengan sub pokok
bahasan yang telah ditentukan untuk kelompok masing-masing. Diskusi dalam
kelompok tim ahli diarahkan agar seluruh anggota tim ahli benar-benar menguasai
bahan ajar dari berbagai macam sumber tersebut. Sedangkan di kelompok asal,
siswa yang berasal dari beberapa kelompok tim ahli akan saling tukar informasi
sampai keseluruhan materi tuntas dibahas di dalam kelompok asal tersebut. Hasil
dari penelitian ini pada siklus I menunjukkan sedikit peningkatan, dari sebelum
penelitian prosentase siswa yang tuntas 38% naik menjadi 52%. Hasil yang belum
begitu memuaskan ini disebabkan oleh belum terbiasanya siswa dengan metode
pembelajaran kooperatif jigsaw yang menuntut siswa aktif dan kreatif mulai dari
mencari bahan ajar sampai menguasai bahan ajar tersebut, biasanya mereka
terbiasa dengan menunggu pemberian materi dari guru termasuk penjelasan dari
materi tersebut semuanya tergantung pada guru. Dengan motivasi dari guru, pada
siklus II didapat hasil yang lebih baik, 90% siswa tuntas belajar dari 29 orang
siswa yang ada di dalam kelas. Dapat disimpulkan bahwa dengan metode pembelajaran kooperatif
jigsaw siswa akan lebih aktif dan adanya
peningkatan hasil belajar siswa jika dibandingkan dengan tanpa menggunakan
metode jigsaw dalam pembelajaran kimia.
DAFTAR RUJUKAN
1.
Zainal aqib,Sujak, M. Maftuh, Kawentar.
2009. Penelitian Tindakan Kelas untuk
Guru SMP, SMA, SMK.Yrama Widya.
2.
Pauline Panen.2000.Belajar dan
Pembelajaran. Depdiknas
3.
Supardi. 2006. Penelitian Tindakan Kelas
Beserta Sistematika Proposal dan Laporannya. Bumi Aksara.
4.
Yuliani Nuruni. 2003.Strategi
Pembelajaran. Depdiknas
Asnailis, Elseva
Mayetri.2009. PTK Kimia Model Jigsaw.
www.docstock.com.
Untuk mendapatkan file skripsi /
Thesis / PTK / PTS lengkap (Ms.Word),
hubungi : 081 567 745 700
0 komentar:
Posting Komentar