PTS 040; Peningkatan Kompetensi Guru Dalam Menentukan Model Pembelajaran Bermutu Dengan Penguasaan Analisis SWOT Melalui Bimbingan Kelompok di SD Negeri xxx Tahun Pelajaran 2009/2010
ABSTRAK
XXXX. Peningkatan Kompetensi Guru dalam Menentukan Model Pembelajaran Bermutu dengan Penguasaan Analisis SWOT
Melalui Bimbingan Kelompok di SD Negeri xxx Tahun Pelajaran 2009/2010
Tujuan dari
dilaksanakannya penelitian ini adalah untuk mengetahui hal-hal sebagai berikut:
(1) Deskripsi peningkatan kompetensi guru dalam menentukan model pembelajaran
bermutu dengan penguasaan analisis SWOT melalui bimbingan kelompok di SD Negeri
xxx tahun pelajaran 2009/2010; (2) Deskripsi bentuk-bentuk kendala yang
muncul dalam dalam bimbingan kelompok dalam upaya peningkatan penguasaan
analisis SWOT oleh guru SD Negeri III Tremes.
Penelitian ini merupakan
penelitian tindakan sekolah yang dilaksanakan di SD Negeri xxx tahun
pelajaran 2009/2010. Analisis data dilakukan dengan metode kualitatif.
Berdasarkan atas
hasil penelitian, dibuat simpulan sebagai berikut: (1) Kompetensi guru dalam
menentukan model pembelajaran bermutu dapat ditingkatkan dengan penguasaan
analisis SWOT melalui bimbingan kelompok di SD Negeri xxx tahun
pelajaran 2009/2010. Hal ini dibuktikan dengan peningkatan skor kompetensi dari
1,6 pada pra PTS menjadi 2,5 pada siklus I dan menjadi 2,8 pada siklus II; (2) Kendala
yang muncul dalam bimbingan kelompok dalam upaya peningkatan penguasaan
analisis SWOT oleh guru SD Negeri xxx adalah kurangnya waktu
implementasi model pembelajaran yang ditetapkan guru sehingga pengukuran
mutunya menjadi kurang optimal dan terdapatnya guru yang memiliki motivasi
rendah sehingga menghambat jalannya proses supervisi.
Untuk mendapatkan file lengkap hubungi/ sms ke HP. 089 679 540 116
0 komentar:
Posting Komentar