Minggu, 22 November 2015

PTK SD 091 = Pd 567 : Peningkatan Kemampuan Menulis Puisi Melului Teknik Pengamatan Objek Langsung Siswa Kelas IV SDN Mojorayung 03 Kecamatan Wungu Kabupaten Madiun Tahun Pelajaran 2008/2009

 PTK SD 091 = Pd 567 : Peningkatan Kemampuan Menulis Puisi Melului Teknik Pengamatan Objek Langsung Siswa Kelas IV SDN Mojorayung 03 Kecamatan Wungu Kabupaten Madiun Tahun Pelajaran 2008/2009


ABSTRAK
xxxxxxxxxxxxx 2009. Peningkatan Kemampuan Menulis Puisi Melului Teknik Pengamatan Objek Langsung Siswa Kelas IV SDN Mojorayung 03 Kecamatan Wungu Kabupaten Madiun Tahun Pelajaran 2008/2009. Skripsi Program Studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, FPBS IKIP PGRI Madiun. Pembimbing (1) Drs. Agus Budi Santoso., M.Pd, (2) Elen lnderasari., S.Pd.,M.Pd.
Kata Kunci :   Peningkatan Kemampuan Menulis Puisi: Teknik Pengamatan Objek Langsung.
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui kemampuan menulis puisi melalui teknik pengamatan objek langsung siswa kelas IV SDN Mojorayung 03, Kecamatan Wungu, Kabupaten Madiun Tahun Pelajaran 2008/2009. Penelitian ini menggunakan metode penelitian tindakan kelas, yaitu suatu penelitian dengan pembelajaran reflektif yang dilaksanakan melalui siklus oleh guru di dalam kelas dalam rangka memecahkan masalah sampai masalah itu dipecahkan. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas IV SD Negeri Mojorayung 03 sejumlah 25 siswa yang terdiri atas laki-laki 9 dan perempuan 16. Sumber data dalam penelitian ini, adalah (1) guru dan siswa kelas IV SDN Mojorayung 03, (2) dokumentasi, (3) peristiwa selama KBM berlangsung. Pengumpulan data menggunakan tes, observasi, analisis data menggunakan teknik analisis deskriptif kualitatit:
Berdasarkan hasil penelitian diperoleh hasil sebagai berikut, (1) hasil belajar dari siklus I siswa yang tuntas belajar sebanyak 7 siswa menjadi 21 siswa atau dari 28% menjadi 84% mengalami kenaikan 56%, Ini berarti peningkatan hasil tersebut berkaitan dengan proses pembelajaran dengan menggunakan diskusi kelompok dan didukung oleh pemahaman dalam mengekspresikan sesuai dengan objek langsung, (2) Keaktifan minat belajar siswa mengalami peningkatan pada siklus 1 yang sangat berminat 2 siswa 8% untuk siklus 2 ada peningkatan yang sangat berminat 15 siswa 60%. Pada siklus I yang berminat 6 siswa 24%, untuk siklus 2 ada penurunan yang berminat 7 siswa 28%. Pada siklus I yang kurang berminat 17 siswa 68%, untuk siklus 2 ada penurunan yang kurang berminat 3 siswa 12%, (3) Nilai rata-rata kelas pada siklus I 58 pada siklus II meningkat menjadi 74,2, ada peningkatan 16,25. Dari hasil siklus II tersebut dapat disimpulkan bahwa penelitian tindakan kelas ini dapat meningkatkan kemampuan menulis puisi dengan teknik pengamatan objek langsung melalui strategi belajar kelompok siswa kelas IV SD Negeri Mojorayung 03, Kecamatan Wungu, Kabupaten Madiun tahun pelajaran 2008/ 2009.
DAFTAR PUSTAKA
 Agus Budi Santoso, 2008. Teori Sastra. Madiun : IKIP PGRI Madiun
Aminuddin. 1995. Apresiasi Karya Sastra. Malang : Sinar Baru
Basuki Wibawa. 2004. Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta. Depdiknas, Direktorat Jendral Pendidikan Dasar dan Menengah.
Hasani dalam Makalah dan Skripsi http://www.blogspot.co/2008.08.
Henry Guntur Taringan. 1992. Menulis Sebagai Suatu Keterampilan Berbahasa. Bandung : Angkasa
Herman J. Waluyo. http://11izo/R181.Multiply.com/journal/item/13/, diakses tanggal 13 April 2009
Hudson dalam Komaidi http://11izo/R181.Multiply.com/journal/item/13/, diakses tanggal 13 April 2009
I.G.A.K. Wardani. 2002. Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta. Pusat Penerbitan Universitas Terbuka.
__________, 2001. Kamus Besar Bahasa Indonesia. Jakarta : Tim Prima Pena Gita Media Press.
Mukhsin Ahmadi. 1990. Strategi Belajar Mengajar Keterampilan Berbahasa dan Apresiasi Sastra. Malang : YA3
Ngalim Purwanto dan Jeniah Alim. 1997. Metodologi Pengajaran Bahasa Indonesia di Sekolah Dasar. Jakarta : Rosda Jayaputra.
Orasi Ilmiah dalam kirab wisudawan dan Penyerahan Ijazah UPBJJ.UT. Surabaya. 2003
Sabarti Akhadiah, Maidar G. Arsjad, dan Saura H. Ridwan. 1990. Pembinaan Kemampuan Menulis Bahasa Indonesia. Jakarta : Eralangga.
Suharsimi Arikunto. 1992. 2006. Penelitian Tindakan Kelas. Yogyakarta : Bumi Aksara.
Setejo da Kasnadi. 2008. Menulis Kreatif. Bandung : Remaja Rosdakarya.
William Meller dikutip Jakob Sumarjo (dalam Komaidi:7). http://11izo/R181.Multiply.com/journal/item/13/, diakses tanggal 13 April 2009



Untuk mendapatkan file lengkap hubungi/ sms ke HP. 089 679 540 116

0 komentar:

Posting Komentar