PTK SMA 052 = Pd 641 : Pemanfaatan Media Judul judul Berita Surat Kabar untuk Meningkatkan Keterampilan Menulis Wacana iImiah Siswa pada Kelas XI-L4.5 SMA Negeri 1 Sragen (Penelitian Tindakan Kelas).
ABSTRAK
xxxxxxxxxxx Pemanfaatan
Media Judul judul Berita Surat Kabar untuk Meningkatkan Keterampilan
Menulis Wacana iImiah Siswa pada Kelas XI-L4.5 SMA Negeri 1 Sragen
(Penelitian Tindakan Kelas). Skripsi. Surakarta: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Sebelas Maret Surakarta, April 2008.
Penelitian
ini bertujuan untuk meningkatkan keterampilan menulis wacana ilmiah
siswa dengan memanfaatkan media judul-judul dari surat kabar. Penelitian
ini menggunakan metode Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Analisis yang
digunakan dalam penelitian ini adalah analisis deskriptif komparatif dan
analisis kritis. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas XI-IA.S
SMA Negeri 1 Sragen. Sumber data yang digunakan adalah informan dan
dokumen. Teknik pengumpulan data yang dipakai meliputi: (1) wawancara,
(2) observasi, (3) dokumen, dan (4) tes. Uji validitas data yang
digunakan adalah trianggulasi sumber. Penelitian ini dilakukan dengan
menggunakan metode Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang mempunyai bentuk
siklus. Langkah-langkah dalam siklus tersebut terdiri dari planning (perencanaan), acting (pelaksanaan), observing (pengamatan), dan reflecting (refleksi).
Penelitian
ini diawali dengan suvei awal dan wawancara untuk mengetahui kondisi
awal. Kdndisi awal yang terjadi pada siswa kelas XI-IA.S SMA Negeri I
Sragen masih tergolong rendah. Hal itu disebabkan karena kurangnya ide
kreativitas dan wawasah yang dimiliki oleh siswa yang rnerupakan titik
lemah dalam membuat wacana ilmiah terutama dalam menentukan ide atau
gagasan, terra atau topik, membuat judul, dan pemilihan kata-kata yang
akan dituangkan dalam tulisan. Minimnya waktu urrtuk penyampaian materi
kebahasaan juga menjadi salah satu penyebab lemahnya keterampilan siswa
dalam menulis ilmiah.. Setelah mengetahui kondisi awal, guru memberikan
perlakuan dalam menulis wacana ilmiah dengan memanfaatkan media judul
judul berita dari sutar kabar yaitu Kompas edisi Desember 2007 dan
Januari 2008, tentang pendidikan. Materi pelajaran yang diberikan adalah
diksi, EYD, koheren dann kohesifitas kalimat dan paragraf, kerangka
karangan, dan sistematika penulisan wacana ilmiah. Pemberian materi
diberikan secara bertahap dalarn dua siklus yang dilakukan dalam tiga
pertemuan.
Penelitian ini berkesimpulan; Pertama, penelitian
ini dilakukan sebanyak dua siklus yang dilaksanakan dalam tiga kali
pertemuan. Peningkatan proses ya g terjadi ditrmjukkan dengan keaktifan
siswa dalam pembelajaran dan keseriusan atau semangat siswa dalam
mengikuti pelajaran menulis wacana ilmiah dengan menggunakan media
kumpulan judul-judul berita dari surat kabar. Kedua, penelitian
ini dilakukan untuk meningkatakan keterampilan menulis ilmiah siswa
dengan memanfaatkan media judul judul berita dari surat kabar.
Peningkatan yang terjadi cukup memuaskan terkait dengan hasil. Hal itu
ditunjukkan dengan meningkatnya kemampuan siswa dalam menulis wacana
ilmiah yang pada observasi awal nilai menulis siswa masih banyak yang di
bawah 70 dan setelah diadakan tindakan, padaa siklus I nilai rata-rata
siswa 66,67 menjadi 80,625 pada siklus II.
DAFTAR PUSTAKA
Abdullah Ambary. 1983. Bahasa Indonesia: Tata Karangan Ilmiah untuk SMA dan SMTA. Bandung: Djantika.
Agus Suriamiharja, Akhlan Husein, dan Nunuy Nurnajah.1996. Petunjuk Praktis Menulis. Jakarta:
Departemen Pendidikan dan Kebudayaan Direktorat Jenderal Pendidikan
Dasar dan Menengah Bagian Proyek Penataran Guru SUP Setara D-III tahun
1996/1997.
Akhadiah, Sabarti, Maidar G. Arsjad, Sakura H. Ridwan. 1999. Pembinaan Kemampuan Menulis Bahasa Indonesia. Jakarta: Erlangga.
Alex Sobur. 2004. Analisis Teks Media. Bandung: Remaja Rodakarya.
Amir Fuady. 2001. Pengembangan Model Pembelajaran Menulis untuk Meningkatkan Keterampilan Memulis Siswa: Penelitian Tindakan di Sekolah Menengah Umum Negeri I Karanganyar. Tesis. Surakarta.
Antar Semi. 1990. Menulis Efektif. Padang: Angkas Raya.
Anwar Hasnun. 2004. Pedoman don Petunjuk Praktis Karya Tulis: puisi, Artikel, Makalah, Laporan, Surat Dinas. Yogyakarta: Absolut.
Andi Baso Mappatoto. 1999. Teknik Penulisan Feature (Karangan Khas). Jakarta: Gramedia Pustaka Utama.
Asep Syamsul M. Romli. 2005. Jurnalistik Praktis untuk Pemula. Bandung: Remaja Rosdakarya.
Arief S. Sadimar., R. Rahardjo, Anung Haryono, Rahardjito. 2007. Media Pendidikan: Pengertian, Pengembangan, dan Pemanfaatannya. Jakarta: Raja Grafindo Persada.
Arifin, E. Zaenal. 1998. Dasar-dasar Penulisan Karangan Ilmiah. Jakarta: Grasindo.
Azhar Arsyad. 2006. Media Pembeiajaran. Jakarta: Raja Grafindo Persada.
Azies dan Alwasilah. 1996. Pengajaran Bahasa Komunikatif. Bandung: Remaja Rosdakarya.
Burhan Nurgiantoro. 2001. Penilaian dalam Pengajaran Bahasa dan Sastra. Yogyakarta: BPFE.
Fachrudin Ambo Enre. 1988. Dasar-dasar. Keterampilan Menulis. Jakarta: Direktorat Jederal Pendidikan Tinggi Proyek Pengembangan Lembaga Pendidikan Tenaga Kependidikan.
Gorys Keraf. 2001. Komposisi. Semarang: Bina Putra.
Habu Wahidji. 1985. Kemampuan Berbahasa Indonesia (Membaca dan Menulis) Murid Kelas VI Sekolah Dasar di Daerah Gorontalo. Jakarta: Pembinaan dan Pengembangan Bahasa Departemen Pendidikan dan Kebudayaan.
Haris Sumadiria. 2005. Menulis Artikel dun Tajuk Rencana: Panduan Praktis Penulis dan Jurnalis Profesional. Bandung: Simbiosa Rekatama Media.-
Lasa Hs. 2005. Manajemen Perpustakaan. Yogyakarta: Gama Media.
Miles,M.R. dan Huberman, A.M. 1992. Analisis Data Kualitatif. Terjemahan Tjejep Rohendi. Jakarta: UI-Press.
Muhammad Suyatno. 2001. Pembelajaran Keterampilan Menulis di Sekolah Dasar: Studi Kasus pada SD Negeri Wonogiri 6. Tesis. Surakarta.
Mukayat D. Brotowidjoyo. 1988. Penulisan Karangan llmiah. Jakarta: Akademika Presindo.
Mulyana. 2005. Kajian Wacana: Teori, Metode dan Aplikasi Prinsip prinsip Analisis Wacana. Yogyakarta: Tiara Wacana.
Robertus Angkowo dan A. Kosasih. 2007. Optimalisasi Media Pembelajaran: Mempengaruhi Motivasi, Hasil Belajar dan Kepribadian. Jakarta: Grasindo.
Rochiati Wiriaatmadja. 2007. Metode Penelitian Tindakan Kelas. Bandung: Remaja Rosdakarya.
Sarwiji Suwandi. 2007. Meneretas Jalan Menuju Peningkatan Minat dan Budaya Baca Pelajar dan Masyarakat. Surakarta.
Soeparno. 1988. Media Pengajaran Bahasa. Yogyakarta. Intan Pariwara.
Suharsimi Arikunto, Suhardjono, Supardi. 2007. Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta: Bumi Aksara. „
Sumarlam.2005. Teori dan PraktikAnalisis Wacana. Surakarta: Pustaka Cakra.
Tarigan, Henry Guntur. 1993. Menulis Sebagai Suatu Keterampilan Berbahasa. Bandung: Angkasa.
The Liang Gie. 1992. Pengantar Dunia Karang-mengarang. Yoyakarta: Liberty. Umar Nur Zain. 1992. Penulisan Features. Jakarta: Pustaka Sinar Harapan.
Yunita T. Winarto, Totok Suhardiyanto, dan Ezra M. Choesin. 2004. Karya Tulis Ilmiah Sosial: Menyiapkan, Menulis, dan Mencermatinya. Jakarta: Yayasan Obor Indonesia.
Untuk mendapatkan file lengkap hubungi / sms ke HP. 089 679 540 116
0 komentar:
Posting Komentar