PTK SD 071 : Peranan Eksplorasi Pustaka Untuk Meningkatkan Ketrampilan Menulis Siswa Kelas IV SDN 01 Tawangmangu.
ABSTRAKSI
Judul karya ilmiah: Peranan Eksplorasi Pustaka Untuk Meningkatkan Ketrampilan Menulis Siswa Kelas IV SDN 01 Tawangmangu.
Karya
Ilmiah ini merupakan hasil penelitian tindakan kelas (PTK) di SDN 01
Tawangmangu, pada kelas IV (Semester 2) tahun ajaran 2007-2008.
Kesulitan pembelajaran berawal dari permasalahan ”Bagaimana
meningkatkan ketrampilan menulis pada siswa kelas IV di SDN 01
Tawangmangu, Kecamatan Tawangmangu, Kabupaten Karanganyar?”.
Dalam Kerangka Berpikir memuat latar belakang dan rumusan masalah, kemudian menetapkan Hipotesis. Hipotesis yang pertama
adalah dengan hanya menggunakan strategi pembelajaran pada umumnya
(konvensional) misalnya pemberian tugas, siswa kurang dapat termotivasi
untuk meningkatkan ketrampilan menulis. Dan hipotesis yang kedua
adalah dengan adanya penerapan eksplorasi pustaka sebagai metode
pembelajaran membaca dan menulis mempunyai pengaruh positif dan
signifikan terhadap peningkatan ketrampilan menulis siswa.
Disini
Penelitian melalui 2 siklus, dengan tujuan ada perubahan peningkatan
terjadi pada tiap siklusnya. Pada siklus I (masih bersifat konvensional)
ada sedikit peningkatan, namun belum menunjukkan hasil yang maksimal
karena masih ada siswa yang belum mencapai batas ketuntasan minimal.
Kemudian dilanjutkan pada siklus II (dengan menggunakan peranan
eksplorasi pustaka) dan hasilnya menunjukkan peningkatan dalam jumlah
nilai pada kategori A, B dam C. Sedangkan pada kategori D dan C
menunjukkan penurunan jumlah siswa. Untuk itu PTK (Penelitian Tindakan
Kelas) dihentikan pada siklus ke II.
Profesionalitas
guru untuk melakukan pembelajaran secara aktif, kreatif, efektif,
inovatif dan menyenangkan sangat dibutuhkan dalam pelaksanaan KBM
(Kegiatan Belajar Mengajar). Sehingga kendala-kendala dapat teratasi
dengan baik, dan prestasi belajar siswa dapat meningkat.
DAFTAR PUSTAKA
Suparno. 2003. Ketrampilan Dasar Menulis. Jakarta : Universitas Terbuka
Wardani I.G.A.K. 2003. Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta : Universitas Terbuka
Andayani Dkk. 2007. Pemantapan Kemampuan Profesional (Panduan). Jakarta : Universitas Terbuka
Suprayekti Dkk. 2005. Pembaharuan Pembelajaran di SD. Jakarta : Universtas Terbuka
Joan Beck. 2003. Meningkatkan Kecerdasan Anak, hal 154-155. Jakarta : Delapratasa
Untuk mendapatkan file lengkap hubungi HP. 089 679 540 116
0 komentar:
Posting Komentar