PTK SD 024 : UPAYA MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERCERITA DALAM BAHASA JAWA MELALUI APRESIASI CERITA WAYANG PADA SISWA KELAS V SD NEGERI 02 PLUMBON KECAMATAN TAWANGMANGU TAHUN PELAJARAN 2009/2010
ABSTRAKSI
Drs. Tri Gesang Sudarsono, Upaya
Meningkatkan Kemampuan Bercerita Dalam Bahasa Jawa Melalui Apresiasi
Cerita Wayang Pada Siswa Kelas V SD Negeri 02 Plumbon Kecamatan
Tawangmangu Tahun Pelajaran 2009/2010.
Penelitian ini bertujuan untuk mencari suatu strategi
pembelajaran yang efektif dan Efisien dalam mengajarkan materi
apresiasi cerita wayang bagi siswa di SD Negeri 02 Plumbon dengan cara mengaktifkan siswa pada pembelajarann. Strategi
dalam penelitian tindakan kelas ini dilakukan melalui 2 siklus dan
pada setiap siklus meliputi kegiatan perencanaan, pelaksanaan,
observasi dan refleksi. Sedang untuk mengaktifkan siswa dalam
penelitian ini , peneliti menggunakan lembar kerja yang diberikan
kepada siswa dalam kelompok besar dan kelompok kecil.
Subjek pada penelitian tindakan kelas ini adalah
siswa kelas V SD Negeri 02 Plumbon sedang objeknya adalah pembelajaran
materi Apresiasi Cerita Wayang pada mata pelajaran bahasa jawa yang
diajarkan dengan cara mengaktifkan siswa dalam kelompok maupun
individu.
Dari penelitian yang diadakan dengan meneliti
kondisi awal siswa yang diukur dengan alat tes tertulis dan hasil
penelitian tindakan kelas dengan 2 siklus terlihat adanya peningkatan
hasil yang dicapai siswa dalam menguasai materi yang diberikan.
Peningkatan penguasaan materi ini mulai dari siklus I siswa dapat
meningkat sebesar 13,33 % dari kondisi awal sedang dari kondisi di
siklus I meningkat menjadi 50% setelah dilakukan tindakan pada siklus
II meningkat menjadi 93,33 %.
Dari Hasil penelitian tindakan kelas ini maka
peneliti merekomendasikan pelaksana pembelajaran bahwa perlu adanya
perbaikan metode memberikan pelajaran di dalam kelas sehingga terjadi
peningkatan pembelajaran bahasa jawa sehingga pada akhir pembelajaran
siswa menjadi fasih bercerita dan mengenal tokoh-tokoh dalam wayang
pandhawa.
Keyword :
1. Kemampuan Bercerita
2. Pembelajaran Efektif.
3. fasih dan mengenal tokoh wayang
DAFTAR PUSTAKA
Abdul Majid, 2005, Perencanaan Pembelajaran.mengembangkan standar kompetensi guru, Bandung, PT Remaja Rosdakarya, Bandung.Anita Lie, 2003, Cooperative Learning, Jakarta, PT Gramedia Widiasarana Indonesia.
B. Asri Budiningsih,DR, 2005, Belajar dan Pembelajaran, Jakarta, Rineka Cipta.
Daniel Muijs dan David Reynolds 2005. EffectiveTteaching Teori dan Aplikasi ( edisi ke -2 ) Yogyakarta : Pustaka Pelajar.
Hisyam Zaini, Bermawy Munthe & Sekar Ayu Aryani, 2003, Strategi Pembelajaran Aktif, CTSD,IAIN Sunan Kalijaga Yogyakarta
Hamidi.Dr.M.Si, 2004, Metode Penelitian Kualitatif, Malang, Universitas Muhammadiyah.
Melvin.L. Silberman, 2006, Active Learning 101 cara belajar siswa aktif, Bandung, Penerbit Nusamedia.
M. Sobry Sutikno, 2005. Pembelajaran Efektif apa dan bagaimana mengupayakannya, Mataram, NTP Pres.
Nana Sudjana. 1995. Penilaian Hasil Proses Belajar Mengajar. Bandung : PT Remaja Rosdakarya.
Nasution.Prof. Dr.M.A, 2003, Berbagai Pendekatan dalam Proses Belajar dan Mengajar, Jakarta, Bumi Aksara.
Sardiman. A.M, 2004, Interaksi dan Motivasi Belajar Mengajar, Jakarta, PT Raja Grafindo Persada.Suharsini Arikunto.Prof, SuharDjono. Prof, Supardi.Prof, 2006, Penelitian Tindakan Kelas, Jakarta, Bumi Aksara.
Sukidin, Basrowi, Suranto, 2002, Manajemen Penelitian Tindakan Kelas, Bandung. PT Insan Cendekia
Syaiful Bahri Djamarah. Drs, 2002, Guru dan Anak Didik dalam Interaksi Edukatif, Jakarta, Rineka Cipta.
Syaiful Sagala,H. DR. M.Pd, 2003, Konsep dan Makna Pembelajaran, Bandung. Penerbit ALFABETA.
0 komentar:
Posting Komentar