PTK SD 079 = Pd 519 : Peningkatan Keterampilan Menulis Karangan Narasi Melalui Teknik Meneruskan Cerita Siswa Kelas V SDN Kerang 02 Kecamatan Takeran Kabupaten Magetan Tahun Pelajaran 2008/2009
ABSTRAK
xxxxxxxxxxxx 2009. Peningkatan
Keterampilan Menulis Karangan Narasi Melalui Teknik Meneruskan Cerita
Siswa Kelas V SDN Kerang 02 Kecamatan Takeran Kabupaten Magetan Tahun
Pelajaran 2008/2009. Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia FPBS
IKIP PGRI Madiun Pembimbing ( I ) Drs. Bambang Eko Hari Cahyono, M.Pd.
(II) Elen Inderasari, S.Pd., M.Pd.
Kata Kunci: Karangan Narasi, Teknik Meneruskan Cerita
Mengigat
begitu pentingnya peranan menulis di alam kehidupan modern, maka
menurut pengamatan peneliti sebagai guru sekolah dasar, pengajaran
menulis khususnya menulis karangan narasi di sekolah dasar perlu
mendapatkan perhatian dan penanganan yang optimal, dengan memberikan
kesempatan yang cukup untuk berlatih. Teknik pembelajaran yang penulis
gunakan untuk membantu siswa agar dapat menggali gagasan yang siswa
miliki adalah dengan teknik meneruskan cerita. Dengan teknik ini dapat
membantu siswa untuk memunculkan ide-ide yang dimiliki siswa.
Tujuan
penelitian ini adalah untuk mengetahui peningkatan keterampilan
menulis karangan narasi melalui teknik meneruskan cerita siswa kelas V
SDN Kerang 02, Kecamatan Takeran, Kabupaten Magetan tahun pelajaran
2008/2009. Penulis mengambil tempat penelitian di SDN Kerang 02,
Kecamatan Takeran, Kabupaten Magetan. Penulis mengadakan penelitian ini,
yaitu pada lulan April sampai Juli 2009: Subjek dalam penelitian ini
adalah seluruh siswa kelas V
SDN Kerang 02, Kecamatan Takeran, Kabupaten Magetan yang berjumlah 10
siswa. Teknik pengambilan data dengan cara observasi, wawancara, dan tes. Selanjutnya data dianalisis dengan menggunakan rumus M =.
Penelitian
ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang menggunakan tiga
siklus, dalarn setiap siklus terdiri dari : perencana tindakan (winning), pelaksanaan tindakan (acting), pengamatan (observing), analisis dan ittltkSi (reflecting).
Dari hasil analisis data, diperoleh nilai rata-rata pada siklus I adalah 64, pada siklus
II adalah 71, pada siklus ICI adalah 80. Dengan demikian dapat
simpulkan ada peningkatan keterampilan menulis karangan narasi dengan
tenik ameriukan cerita siswa kelas V SDN Kerang 02, Kecamatan Takeran,
Kabupaten Magetan tahun pelajaran 2008/2009.
DAFTAR PUSTAKA
Agus Priyanto. 2008. Teknik Menulis. http://duniaguru.com
Ari W ijayanti. 2008. Pengajaran Bahasa Indonesia yang Efektif. http://lubisgrafura.wordpress.com (Di akses 18 Januari 2008).
Arikunto, Suharsimi. 1990. Prosedur Penelitian. Yogyakarta: Bina Aksara.
___________. 1992. Management Penelitian. Jakarta : Rineka Ilmu
Basasin. 2008. Pengertian Narasi. http://basasin.blogspot.com. (di akses 27 September 2008)
Hadi, Sutrisno. 1990. Metodologi Research. Yogyakarta: Andi Offset
Ita Dian Novita. 2001. Mentradisikan Pembelajaran Menulis. http://www2.kompas.com (Diakses 24 September 2001).
Keraf, Gorys. 1990. Komposisi Sehuah Kemahiran Bahasa. Jakarta: PT Grarnedia
Kaherudin Kurniawan, 2008. Karangan + Narasi. (http://www.ialf.edu/kipbipa. diakses 5 Juli 2008)
Primadi. 2008. Menulis, http://pustaka.ut.ac.id (di akses 4 Juni 2008).
Purwanto, Ngalini. 1996. Metodologi Pengajaran Bahasa Indonesia. Jakarta: PT Rosda Jaya Putra
Romli, ASM. 2007. Faidah Menulis. http:/jurnalistikuinsgd.wordpress.com. (Di akses 25 Mei 2007)
Suyatno. 2005. Permainan Pendukung Pembelajaran Bahasa dan Sastra. Jakarta: PT Gramedia
Sapari, Achmad. 1994. Aku Pandai Mengarang. Jakarta : PT. Edumedia.
Suwarno A. 1995. Pedoman Pelaksanaan Kurikulum Pendidikan Dasar. Jakarta : Depdikbud.
Tarigan, Henry Guntur. 1990. Pengajaran Pragmatik. Bandung : Angkasa.
___________, 1991. Menulis sebagai Suatu Keterampilan Berbahasa. Bandung : Angkasa.
Untuk mendapatkan file lengkap hubungi/ sms ke HP. 089 679 540 116
0 komentar:
Posting Komentar