PTK SD 094 = Pd 570 : Peningkatan Kemampuan Menulis Laporan Siswa Kelas VI SDN Sawojajar 2, Kecamatan Takeran, Kabupaten Magetan Tahun Pelajaran 2008/2009 Melalui Pengamatan Media Televisi.
ABSTRAK
xxxxxxxxxxxxxx. 2009. Peningkatan
Kemampuan Menulis Laporan Siswa Kelas VI SDN Sawojajar 2, Kecamatan
Takeran, Kabupaten Magetan Tahun Pelajaran 2008/2009 Melalui Pengamatan
Media Televisi. Skripsi. Program Studi Pendidikan Bahasa dan Sastra
Indonesia, FPBS IKIP PGRI Madiun. Pembimbing (I) Drs. Agus Budi
Santoso, M.Pd., (II) Elen Inderasari, S.Pd., M.Pd.
Kata Kunci : menulis, laporan pengamatan, media televisi, pembelajaran bahasa Indonesia
Tujuan
penelitian ini adalah untuk (1) mendeskripsikan kemampuan siswa kelas
VI SDN Sawojajar 2, Kecamatan Takeran, Kabupaten Magetan tahun
pelajaran 2008/2009 dalam mengorganisasikan, mengembangkan isi, dan
menggunakan bahasa laporan pengamatan, (2) mengetahui bentuk-bentuk
kesalahan dan faktor-faktor penyebab kesalahan siswa kelas VI SDN
Sawojajar 2, Kecamatan Takeran, Kabupaten Magetan tahun pelajaran
2008/2009 dalam mengorganisasikan, mengembangkan isi, dan menggunakan
bahasa laporan pengamatan.
Metode
yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode penelitian tindakan
kelas (PTK) yang dilakukan untuk mengetahui peningkatan kemampuan
menulis laporan pada siswa kelas VI melalui penggunaan metode pengamatan
pada media televisi. Sampel dalam penelitian ini adalah seluruh siswa
kelas VI SDN Sawojajar 2, Kecamatan Takeran, Kabupaten Magetan tahun
pelajaran 2008/2009 dengan jumlah 13 siswa. Data yang digunakan dalam
penelitian ini dikumpulkan dengan menggunakan metode teknik tes, yang
berupa tes kemampuan menulis laporan.
Penelitian
ini menggunakan 3 siklus, tiap siklus terdiri dari 4 tahapan, yaitu
perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Berdasarkan analisis
data dan refleksi setiap siklus, dapat disimpulkan bahwa pada siklus I,
nilai rata-rata kemampuan menulis laporan siswa sebesar 65,77, siklus
II sebesar 72,31, dan siklus III menjadi 77,31. Ketuntasan kelas pada
siklus I sebesar 69,23%, siklus II sebesar 84,62%, dan siklus III semua
siswa telah mencapai nilai ketuntasan kelas (100%). Pengelolaan
pembelajaran menulis laporan melalui penggunaan televisi sebagai media
pengamatan pada siklus hanya mencapai 53,85%, siklus II sebesar 84,62%,
sedangkan siklus III naik hingga mencapai 100%. Dengan demikian,
pengelolaan pembelajaran mengalami peningkatan sebesar 46,15%. Respon
siswa terhadap pembelajaran bahasa Indonesia menulis laporan melalui
pengamatan pada media televisi pada siklus I sebesar 45%, siklus II =
77,50%, dan siklus III = 97,5%. Dengan demikian, respon siswa terhadap
pembelajaran mengalami peningkatan sebesar 52,5%. Adanya peningkatan
kemampuan menulis laporan oleh siswa dari siklus ke siklus berikutnya
membuktikan bahwa penggunaan televisi sebagai media pengamatan dalam
penelitian ini berhasil meningkatkan kemampuan menulis laporan siswa
kelas VI SDN Sawojajar 2, Kecamatan Takeran, Kabupaten Magetan tahun
pelajaran 2008/2009.
DAFTAR PUSTAKA
Adjat Sakri. 1992. Kalimat Efektif. Bandung: Penerbit Ganesha.
Anonim, Hakikat Media dalam Pembelajaran. www.kurtek.upi.edu. diakses pada 04 Juni 2009.
Azhar Arsyad. 2002. Media Pembelajaran. Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada.
Conny Semiawan. 1997. Memupuk Bakat dan Kreativitas Siswa Sekolah Menengah. Jakarta: PT Gramedia.
Depdikbud, 2002. Kurikulum Pendidikan Dasar: Kurikulum KTSP SD/MI Mata Pelajaran Bahasa Indonesia. Jakarta: Puskur Depdiknas.
Depdiknas.
2003. Kurikulum 2004 Standar Kompetensi Mata Pelajaran Bahasa
Indonesia Sekolah Dasar dan Madrasah Ibtidaiyah. Jakarta: Pusat
Kurikulum-Balitbang Depdiknas.
Ena, Ouda T. 2007. Membuat Media Pembelajaran Interaktif dengan Piranti Lunak Presentasi (online) (http://www.ialf.edu/kipbipa/papers/OudaTeda Ena.doc, diakses tangga120 Februari 2009).
Gorys Keraf. 1995. Komposisi: Sebuah Pengantar Kepada Kemahiran Bahasa. Ende, Flores: Nusa Indah.
_______ ______ . 1980. Eksposisi dan Deskripsi. Ende, Flores: Penerbit Nusa Indah.
Harsiati. 1992. Pelatihan Menulis Dasar. Bandung: Angkasa.
Henry Guntur Tarigan. 1993. Menulis Sebagai Suatu Keterampilan Berbahasa. Bandung: Angkasa.
Imam Syafe'i. 1996. Bahasa Indonesia Profesi. Malang: FPS IKIP Malang.
Joko Warseno. 2006. Seminar Sehari Manajemen Pengembangan dan Pemanfaatan Radio dan TV dalam Proses Pembelajaran. www.ugnews.gunadarma.ac.id. diakses pada 04 Juni 2009.
Kaswan Darmadi. 1996. Meningkatkan Kemampuan Menulis Panduan untuk
Mahasiswa dan Calon Mahasiswa. Yogyakarta: ANDI Yogyakarta.
Mahasiswa dan Calon Mahasiswa. Yogyakarta: ANDI Yogyakarta.
Khaerudin
Kurniawan. 2006. Model Pengajaran Menulis Bahasa Indonesia bagi
Penutur Asing Tingkat Lanjut. Artikel. Yogyakarta: FBS Universitas
Negeri Yogyakarta.
Mujianto.
2008. Peningkatan Kemampuan Menulis Laporan Melalui Pembelajaran
Berbasis Portofolio Mahasiswa Jurusan Teknik Kimia Politeknik Negeri
Malang. Makalah Pada Presentasi Simposium 2008. Malang: Politeknik Negeri Malang.
Nana Sudjana dan Acmad Rivai. 2001. Media Pengajaran. Jakarta: Sinar Baru Algensindo.
Nurchasanah. 1992. Keterampilan Menulis Tingkat Dasar. Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada.
Nurul
Melti Indah Septiani. 2007. Peningkatan Kemampuan Menulis Cerpen
Melalui Teknik Pengandaian Did Sebagai Tokoh Dalam Cerita Dengan Media
Audio Visual Pada Siswa Kelas X4 SMAN 2 Tegal. Skripsi. Semarang: Universitas Negeri Semarang.
Oemar Hamalik. 1994. Media Pendidikan. Bandung: Citra Aditya Bhakti.
Purbo Hadiwidjoyo. 1993. Menyusun Laporan Teknik. Bandung: Institut Teknologi Bandung.
Sabarti Akhadiah. 1998. Evaluasi dalam Pengajaran Bahasa. Jakarta: Depdikbud.
Sabarti Akhadiah, Arsjad, M.G., dan Riwan. 2001. Pembinaan Keinampuan Menulis Bahasa Indonesia. Jakarta: Erlangga.
Sudaryanto. 1993. Metode dan Aneka Teknik Analisis Bahasa. Yogyakarta: Duta Wacana University Press.
Suhardjono. 2006. Penelitian Tindakan Kelas: Pengantar dan Teori. Bandung Ghalia Indonesia.
Suharsimi Arikunto. 2006. Penelitian Tindakan Kelas. Edisi Revisi. Jakarta: Bumi Aksara.
_________.2002. Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta: Bumi Aksara.
Sujanto. 1998. Pembelajaran Menulis. Jakarta: Gramedia Pustaka Utama.
Supardi. 2006. Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta: Bumi Aksara.
Suparno dan M. Yunus. 2002. Keterampilan Dasar Menulis. Jakarta: Depdiknas, UI.
Supriadi. 1997. Isu dan Agenda Pendidikan Tinggi di Indonesia. Jakarta: PT Rosda Jayaputra.
Suratno.
2006. Peningkatan Keterampilan Menyimak Berita melalui Media Audio
Visual dengan Pendekatan Kontekstual Komponen Inquiry pada Siswa Kelas
VII SMP N Tarub Kabupaten Tegal Tahun Pelajaran 2005/2006. Skripsi. Semarang: Universitas Negeri Semarang.
The Liang Gie. 2002. Pengantar Dunia Karang Mengarang. Edisi Pertama. Yogyakarta: Liberty Bekerjasama dengan Balai Bimbingan Mengarang.
Waldopo. 2000. Artikel: Potensi Televisi sebagai Media Pendidikan dan Pembelajaran, www.jurnalnet.com. diakses pada 04 Juni 2009.
W.J.S. Poerwodarminto. 1995. Kamus Besar Bahasa Indonesia. Edisi Ketiga. Jakarta: Balai Pustaka.
Untuk mendapatkan file lengkap hubungi HP. 089 679 540 116
0 komentar:
Posting Komentar