PTK SD 059 : Meningkatkan Prestasi Belajar Pendidikan Agama Islam Dengan Menerapkan Model Pengajaran Tuntas Pada Siswa Kelas IV SDN ABC Kec. Kota Jakarta Tahun Pelajaran 2009/2010
ABSTRAK
Nama Guru, 2008. Meningkatkan
Prestasi Belajar Pendidikan Agama Islam Dengan Menerapkan Model
Pengajaran Tuntas Pada Siswa Kelas IV SDN ABC Kec. Kota Jakarta Tahun
Pelajaran 2009/2010
Kata Kunci: Pendidikan Agama Islam, model pembelajaran tuntas
Metode mengajar yang guru gunakan dalam setiap kali
pertemuan kelas bukanlah asal pakai, tetapi setelah melalui seleksi yang
berkesesuaian dengan perumusan tujuan intruksional khusus. Sebab dalam
kegiaatan belajar mengajar, mengajar bukan semata persoalan
menceritakan. Belajar bukanlah konsekuensi otomatis dari perenungan
informasi ke dalam benak siswa. Belajar memerlukan keterlibatan mental
dan kerja siswa sendiri. Penjelasan dan pemeragaan semata tidak akan
membuahkan hasil belajar yang langgeng. Yang bisa membuahkan hasil
belajar yang langgeng hanyalah kegiatan belajar aktif.
Permasalahan yang ingin dikaji dalam penelitian ini adalah: (a) Apakah
penerapan model pembelajaran tuntas dapat meningkatkan prestasi siswa
terhadap materi pelajaran Pendidikan Agama Islam (b) Bagaimanakah
pengaruh model pembelajaran tuntas dalam meningkatkan motivasi belajar
Pendidikan Agama Islam?
Untuk meningkatkan prestasi dan motivasi siswa dalam
belajar Pendidikan Agama Islam, khususnya di SDN ABC Kec. Kota Jakarta,
salah satunya yaitu dengan menerapkan model pembelajaran tuntas. Dengan
menerapkan metode pembelajaran ini diharapkan prestasi serta motivasi
belajar Pendidikan Agama Islam dapat meningkat.
Tujuan penelitian tindakan ini adalah: (a) Ingin
mengetahui bagaimanakah peningkatan prestasi belajar Pendidikan Agama
Islam setelah diterapkannya model pembelajaran tuntas. (b) Ingin
mengetahui pengaruh model pembelajaran tuntas dalam meningkatkan
prestasi dan motivasi belajar terhadap materi pelajaran Pendidikan Agama
Islam.
Penelitian ini menggunakan penelitian tindakan (action research)
sebanyak tiga putaran. Setiap putaran terdiri dari empat tahap yaitu:
rancangan, kegiatan dan pengamatan, refleksi, dan refisi. Sasaran
penelitian ini adalah siswa Kelas IV SDN ABC Kec. Kota Jakarta tahun
pelajaran 2009/2010. Data yang diperoleh berupa hasil tes formatif,
lembar observasi kegiatan belajar mengajar.
Dari hasil analis didapatkan bahwa prestasi belajar
siswa mengalami peningkatan dari siklus I sampai siklus III yaitu,
siklus I (66,67%), siklus II (75,56%), siklus III (86,67%).
Kesimpulan dari penelitian ini adalah model
pembelajaran tuntas dapat berpengaruh positif terhadap motivasi belajar
Siswa SDN ABC Kec. Kota Jakarta tahun pelajaran 2009/2010, serta model
pembelajaran ini dapat digunakan sebagai salah satu alternatif
pembelajaran Pendidikan Agama Islam.
DAFTAR PUSTAKA
Arikunto, Suharsimi. 2002. Dasar-Dasar Evaluasi Pendidikan. Jakarta: Bumi Aksara.
Arikunto, Suharsimi. 2002. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktek. Jakarta:Rineksa Cipta.
Combs. Arthur. W. 1984. The Profesional Education of Teachers. Allin and Bacon, Inc. Boston.
Dahar, R.W. 1989. Teori-teori Belajar. Jakarta: Erlangga.
Departemen Pendidikan dan Kebudayaan, 1994. Petunjuk Pelaksanaan Proses Belajar Mengajar, Jakarta. Balai Pustaka.
Djamarah, Syaiful Bahri. 2002. Strategi Belajar Mengajar. Jakarta: Rineksa Cipta.
Djamarah. Syaiful Bahri. 2000. Psikologi Belajar. Jakarta: Rineksa Cipta.
Hamalik, Oemar. 1994. Metode Pendidikan. Bandung: Citra Aditya Bakti.
Hamalik,Oemar. 2000. Psikologi Belajar dan Mengajar. Bandung: Sinar Baru Algesindo.
Kemmis, S. dan Mc. Taggart, R. 1988. The Action Research Planner. Victoria Dearcin University Press.
Margono. 1997. Metodologi Penelitian Pendidikan. Jakarta: Rineksa Cipta.
Ngalim, Purwanto M. 1990. Psikologi Pendidikan. Bandung: Remaja Rosdakarya.
Nur, Moh. 2001. Pemotivasian Siswa untuk Belajar. Surabaya. University Press. Universitas Negeri Surabaya.
Poerwodarminto. 1991. Kamus Umum Bahasa Indonesia. Jakarta: Bina Ilmu.
Purwanto, N. 1988. Prinsip-prinsip dan Teknis Evaluasi Pengajaran. Bandung: Remaja Rosda Karya.
Rustiyah, N.K. 1991. Strategi Belajar Mengajar. Jakarta: Bina Aksara.
Sardiman, A.M. 1996. Interaksi dan Motivasi Belajar Mengajar. Jakarta: Bina Aksara.
Sukidin, dkk. 2002. Manajemen Penelitian Tindakan Kelas. Surabaya: Insan Cendekia.
Suryosubroto, B. 1997. Proses Belajar Mengajar di Sekolah. Jakarta: Rineksa Cipta.
Syah, Muhibbin. 1995. Psikologi Pendidikan, Suatu Pendekatan Baru. Bandung: Remaja Rosdakarya.
Untuk mendapatkan file lengkap hubungi/ sms ke HP. 089 679 540 116
0 komentar:
Posting Komentar