PTK SD 105 : Peningkatan Kemampuan Operasi Hitung Bilangan Cacah dengan Modeln Permainan Lacak Kartu Bilangan Siswa Kelas III SDN Bayem IV Kecamatan Kasembon Malang Tahun Pelajaran 2003/2004.
ABSTRAKSI
xxxxxxxxxxxx
2003 : Peningkatan Kemampuan Operasi Hitung Bilangan Cacah dengan
Modeln Permainan Lacak Kartu Bilangan Siswa Kelas III SDN Bayem IV
Kecamatan Kasembon Malang Tahun Pelajaran 2003/2004.
Kata kunci : Operasi hitung bilangan, Permainan lacak kartu bilangan.
Latar belakang penelitian ini adalah mutu pendidikan yang dilihat dari
berbagai segi, salah satunya adalah dengan melihat prestasi belajar
siswa. Prestasi belajar dipengaruhi oleh beberapa factor diantaranya
bahan pelajaran, bakat dan minat, kecerdasan serta factor guru dan
instrument lingkungan.
Masalah penelitian ini dirumuskan sebagai berikut : apakah model
permainan lacak kartu bilangan dapat meningkatkan prestasi belajar
siswa kelas III Sekolah Dasar tentang konsep operasi hitung bilangan
cacah.
Tujuan penelitian ini adalah : meningkatkan prestasi belajar siswa
kelan III Sekolah Dasar tentang operasi hitung bilangan cacah.
Metode penelitian : kegiatan penelitian ini menggunakan rancangan
Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Subyek penelitian adalah siswa kelas
III SD Negeri Bayem IV yang berjumlah 20 orang.
Hasil penelitian : dari data yang diperoleh dianalisa berdasarkan
ketuntasan belajar siswa, yakni 80 % dari jumlah siswa sudah mencapai
75 % taraf penguasaan konsep yang diberikan.
DAFTAR PUSTAKA
Departemen Pendidikan Nasional.2003.Model Pembelajaran Matematika Sekolah Dasar.Jakarta:Depdiknas
GBPP Kelas III SD.1993.Jakarta:Departemen Pendidikan dan Kebudayaan
Mulyana. A2.2001.Rahasia Matematika.Surabaya.Edutama Mulia
Wardani, I.G.A.K, Wahirdit Kuswaya, Nasoetion Noehi.2003.Penelitian Tindakan Kelas.Jakarta:Pusat Penerbit UT
Wibawa, Basukio.2004.Penelitian Tindakan Kelas.Jakarta:Departemen Pendidikan Nasional
Untuk mendapatkan file lengkap hubungi/ sms ke HP. 089 679 540 116
0 komentar:
Posting Komentar