Rabu, 25 November 2015

PTK SD 103 : Peningkatkan Prestasi Belajar Matematika Menentukan Perkalian Melalui Strategi Pembelajaran Penemuan Terbimbing pada Siswa Kelas IV di SDN Pandanrejo 01 Kecamatan Pagak Kabupaten Malang Tahun Pelajaran 2007/2008

 PTK SD 103 : Peningkatkan Prestasi Belajar Matematika Menentukan Perkalian Melalui Strategi Pembelajaran Penemuan Terbimbing pada Siswa Kelas IV di SDN Pandanrejo 01 Kecamatan Pagak Kabupaten Malang Tahun Pelajaran 2007/2008



 ABSTRAK

xxxxxxxxxxxxxxx, 2007. Meningkatkan Prestasi Belajar Matematika Menentukan Perkalian Melalui Strategi Pembelajaran Penemuan Terbimbing pada Siswa   Kelas IV di SDN Pandanrejo 01 Kecamatan Pagak Kabupaten Malang Tahun Pelajaran 2007/2008.
.
 Kata kunci : minat belajar, media pembelajaran OHP
             Guru sebagai pelaksana terdepan harus dapat mengantisipasi perkembangan, dengan memberikan materi pembelajaran dengan strategi pembelajaran yang diinginkan. Hal ini apabila tidak dibarengi pengetahuan guru yang baik, maka tidak menutup kemungkinan pengetahuan akan tertinggal dengan pengetahuan siswa. Bahwa dengan strategi pembelajaran yang benar akan meningkatkan prestasi belajar siswa.
            Penelitian ini berdasarkan permasalahan: (1) Apakah pengunaan strategi pembelajaran Penemuan Terbimbing dapat meningkatkan prestasi belajar Mata Pelajaran Matematika pada siswa kelas IV?
            Sedangkan tujuan dari penelitian ini adalah (1) ingin mengetahui pengunaan strategi pembelajaran Penemuan Terbimbing dapat meningkatkan prestasi belajar Mata Pelajaran Matematika pada siswa kelas IV.
            Penelitian ini menggunakan penelitian tindakan kelas (classroom action research). Instrumen penelitian ini yaitu pedoman, pengamatan, catatan lapangan, angket, tes, dan dokumentasi. Subyek siswa kelas IV di SDN Pandanrejo 01 Kecamatan Pagak Kabupaten Malang tahun pelajaran 2007/2008.
            Berdasarkan hasil temuan bahwa motivasi siswa dalam pembelajaran dengan menggunakan strategi pembelajaran penemuan terbimbing mulai dari siklus 1 sebesar 76,19%; siklus 2 sebesar 79,76%, siklus 3 mencapai 80,10% yang berarti terjadi peningkatan.
Kesimpulan dari penelitian ini adalah bahwa dengan pengunaan strategi pembelajaran penemuan terbimbing dapat meningkatkan prestasi belajar Matematika pada siswa Kelas IV SDN Pandanrejo 01 Kecamatan Pagak Kabupaten Malang tahun pelajaran 2007/2008.
DAFTAR PUSTAKA
Afifudin, S., Psikologi Pendidikan Usia Sekolah Dasar. Solo: Harapan Massa.
Depdikbud. 1996. Petunjuk Pengajaran Berhitung. Jakarta: Ben Makara Wisesa.
Depdikbud. 1990. Kamus Besar Bahasa Indonesia. Jakarta Balai Pustaka.
Kasri, Khafid, dkk. 2006. Super Matematika Kelas IV. Jakarta: Erlangga.
Moleong. 1995. Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung: Remaja Rosdakarya.
Muhsetyo, Gatot, dkk. 2007. Pembelajaran Matematika SD. Jakarta: Universitas Winston.
Spradley, J., P. 1980. Participant Observation. New York: Holt, Rinehart and Winston.
Tim Penatar Keliling P3D. 1989. Ilmu Mendidik. Surabaya.
Wardani. 2004. Kurikulum dan Pembelajaran. Jakarta: Universitas Terbuka
Zuriah, N. 2003. Penelitian Tindakan dalam Bidang Pendidikan dan Sosial. Edisi Pertama. Malang: Bayu Media Publishing.

Untuk mendapatkan file lengkap hubungi/ sms ke HP. 089 679 540 116

0 komentar:

Posting Komentar