Minggu, 22 November 2015

PTK SD 086 = Pd 553 : Meningkatkan Kemampuan Membaca Melalui Pendekatan Kooperatif Pada Siswa Kelas IV SDN Tawangrejo, Kecamatan Takeran, Kabupaten Magetan Tahun Ajaran 2008-2009

 PTK SD 086 = Pd 553 : Meningkatkan Kemampuan Membaca Melalui Pendekatan Kooperatif Pada Siswa Kelas IV SDN Tawangrejo, Kecamatan Takeran, Kabupaten Magetan Tahun Ajaran 2008-2009



 ABSTRAK

xxxxxxxxxxxx, 2009, Meningkatkan Kemampuan Membaca Melalui Pendekatan Kooperatif Pada Siswa Kelas IV SDN Tawangrejo, Kecamatan Takeran, Kabupaten Magetan Tahun Ajaran 2008-2009. Skripsi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, FPBS, IKIP PGRI Madiun. Pembimbing (I) Drs Bambang Eko Hari Cahyono, M.Pd, (II) Dra. Elen Inderasari, S.Pd, M.Pd
Kata Kunci : Kemampuan Membaca, Pendekatan Kooperatif
Penelitian Tindakan Kelas ini dilaksanakan di SDN Tawangrejo, Kecamatan Takeran, Kabupaten Magetan Tahun Ajaran 2008-2009 pada kelas IV. Subjek penelitian sebanyak berjumlah 13 siswa, yang terdiri dari 5 siswa laki-laki dan 8 siswa perempuan.
Prosedur penelitian dalam penelitian tindakan kelas (Action Research) ini mengacu pada rancangan Stephen Kemmis dan Robin Mc Taggart yang terdiri dari dua siklus, dan masing-masing siklus terdiri dari 4 tahap kegiatan yaitu (1) tahap penyusunan rencana tindakan; (2) tahap pelaksanaan tindakan; (3) tahap pengamatan atau observasi; dan (4) tahap perefleksian.
Hasil yang dicapai dalam penelitian ini adalah Pendekatan kooperatif dapat meningkatkan kemampuan membaca siswa kelas IV SDN Tawangrejo, Kecamatan Takeran, Kabupaten Magetan tahun pelajaran 2008/2009. Hal ini karena pembelajaran kooperatif mendorong siswa untuk (a) menumbuhkan motivasi belajar karena dengan pendekatan kooperatif anak didik mengetahui terhadap berbagai kekurangan yang ada pada dirinya; (b) anak dituntut dapat bekerja sama; (c) anak dapat belajar dari teman-teman atas dasar pengalaman bersama; (d) dapat meningkatkan prestasi belajarnya, sehingga standar ketuntasan belajar Batas minimumnya semakin meningkat.
Dengan pendekatan kooperatif aktivitas siswa dalam pembelajaran kemampuan membaca dapat dikatakan mengalami peningkatan, hal ini dapat dilihat dari tingkat ketuntasan belajar siswa adalah sebagai berikut:
Sebelum dilaksanakan pembelajaran dengan pendekatan koperatif terhadap kemampuan membaca dari 11 siswa yang tuntas belajar mencapai 57%, sedangkan pada siklus I setelah dilakukan pembelajaran koperatif jumlah siswa yang belum tuntas belajar apabila kreteria ketuntasan belajar ditetapkan sebanyak 70 adalah 17 siswa atau 43,66 %, sedangkan siswa yang tuntas sebanyak 22 siswa atau 56,33%.
Di lain pihak pada siklus II siswa yang belum tuntas belajar sebanyak 5 siswa atau 12,8%, sedangkan siswa yang sudah tuntas belajax sebanyak 34 siswa atau 87,20%.
DAFTAR PUSTAKA
Anita Lie.2004. Cooperative Learning Mempraktikkan Coopertif learning di ruang­-ruang kelas. Jakarta: Grasindo.
Dimyati dan Mudjiono.2006.Belajar dan Pembelajaran. Jakarta: Rineka Cipta.
Endang. Ekowati. 2005. Pendekatan Pembelajaran Kontektual. Depertemen Pendidikan Nasional Direktorat Jendaral Pendidikan Dasar dan Menegah. Pusat Pengembangan Penataran Guru IPS dan PMP Malang.
Harjanto. 2003. Perencanaan Pengajaran. Jakarta, Rineka Cipta.
Henry Guntur Tarigan. 1996. Membaca Sebagai Suatu' Ketrampilan Berbahasa. Bandung: Angkasa.
Ibrahim Muslim. Dkk. 2000. Pembelajaran Kooperatif. Surabaya: Universitas Negeri Surabaya.
M Subana dan Sunarti.2006. Strategi Belajar Mengajar Bahasa Indonesia Sebagai Pendekatan Metode Teknik dan Media Pengajaran. Bandung:Pustaka Setia.
Mohammad Nur 2001. Pembelajaran Kooperatif dalam Kelas IPA. Surabaya: UNESA.
Nana.Sudjana. 2005.Tuntunan Penyusunan Karya Ilmiah Makalah-Skripsi-Thesis­ Desertasi. Bandung. Sinar Baru Algensindo Ofset. ,
Nurhadi. 2005. Kurikulum 2004 Pertanyaan dan Jawaban. Jakarta: Gramedia Widiasarana. Indonesia.
Ratna Wulan, http: //www. ugm. ac. id.
S. Margono.2003.Metodologi Penelitian Pendidikan. Jakarta: Rineka Cipta. Sigit
Saptono. 2003. Strategi Belajar Mengajar Biologi. Semarang: UNNES. sinunQ, http: //www. depsos.go. id.
Soejanto Sandjaja, http://www. geocities.com
Sugiyono.2006. Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif.Kualitatif dan R&D. Jakarta: Alfabeta.
Suharjono.2006. Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta: Bumi Aksara.
Suharsimi Arikunto. 2002. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan. Dosen FIP IKIP Yogyakarta: Rineka Cipta.
Sukarmin. 2002. Pembelajaran Kooperatif. UNESA: Surabaya.
Suwarsih Madya.2006. Teori dan Praktik Penelitian Tindakan Kelas (Action Research) Bandung: Afabeta.
Syaiful Bahri Djamarah dan Aswan Zain. 2002. Strategi Belajar Mengajar. Jakarta: Rineka Cipta.
W. Gulo 2005.Metodologi Penelitian. Jakarta: Grasendo.
Wina Sanjaya. 2006. Pembelajaran dalam Implementasi Kurikulum Berbasis Kompetensi. Jakarta: Kencana Prenada Media Group.


Untuk mendapatkan file lengkap hubungi/ sms ke HP. 089 679 540 116

1 komentar: