Minggu, 22 November 2015

PTK SD 78 = Pd 518 : Peningkatan Kemampuan Menulis Paragraf Narasi dengan Menggunakan Metode Meringkas Bacaan Siswa Kelas VI SDN 2 Kedungbanteng Kecamatan Sukorejo Kabupaten Ponorogo Tahun Pelajaran 2008/2009

 PTK SD 78 = Pd 518 : Peningkatan Kemampuan Menulis Paragraf Narasi dengan Menggunakan Metode Meringkas Bacaan Siswa Kelas VI SDN 2 Kedungbanteng Kecamatan Sukorejo Kabupaten Ponorogo Tahun Pelajaran 2008/2009



 ABSTRAK

 xxxxxxxxxxxxxxx 2008. Peningkatan Kemampuan Menulis Paragraf Narasi dengan Menggunakan Metode Meringkas Bacaan Siswa Kelas VI SDN 2 Kedungbanteng Kecamatan Sukorejo Kabupaten Ponorogo Tahun Pelajaran 2008/2009. Skripsi. Program Studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, FPBS, IKIP PGRI Madiun. Pembimbing (I) Drs. Agus Budi Santoso, M.Pd..(II) Elen Inderasari, S.Pd.,M.Pd.

Kata Kunc : Kemampuan Menulis Paragraf Narasi, Metode Meringkas Bacaan

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana peningkatan kemampuan menulis paragraf narasi dengan menggunakan metode meringkas bacaan dilakukan dengan penelitian tindakan kelas (PTK).
Desain penelitian menggunakan metode penelitian tindakan kelas. Metode ini adalah model penelitian tindakan kelas (PTK) model Kurt Lewin, langkah yang ditempuh siklus I, siklus II, dan siklus III, sedang tempat penelitian di SDN 2 Kedungbanteng Kecamatan Sukorejo Kabupaten Ponorogo. Penelitian ini adalah penelitian populatif yang homogen, ada anak yang pandai, sedang, dan kurang, usia cenderung sama.
Hasil analisis data siklus I cukup baik, dilanjutkan siklus II dan siklus III. Dari tiga siklus yang telah dilaksanakan dalam penelitian prestasi dan keaktifan objek penelitian sudah memuaskan dan sudah memenuhi ketuntasan belajar. Siswa yang berhasil atau tuntas mengalami peningkatan, siklus I mencapai 69%, siklus II mencapai 88%, dan siklus III mencapai 100%. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa siswa kelas VI SDN 2 Kedungbanteng Kecamatan Sukorejo Kabupaten Ponorogo Tahun Pelajaran 2008/2009 mampu meningkatkan kemampuan menulis paragraf dengan metode meringkas bacaan

DAFTAR PUSTAKA
 Atar Semi. 2007. Dasar-dasar Keterampilan Menulis. Bandung: Angkasa.
Departemen Pendidikan dan Kebudayaan. 1993. Kurikulum Pendidikan Dasar. Jakarta: Depdikbud.
 _________ . 1999. Penelitian Tindakan (Action Research). Jakarta: Direktorat Jenderal Pendidikan Dasar dan Menengah Direktorat Pendidikan Menengah Umum.
Dewi Tryanasari. 2005. Peningkatan Kemampuan Menulis Deskripsi Siswa Kelas IV SDN II Kedungbanteng Kecamatan Sukorejo Kabupaten Ponorogo Melalui Penerapan Pendekatan Kontekstual. Skripsi tidak diterbitkan. Malang: Program Sarjana Universitas Negeri Malang.
Djago Tarigan. 1987. Teknik Pengajaran Keterampilan Berbahasa. Bandung: Angkasa
Godam64. 2006. Pengertian Paragraf~Alinea dan Bagian dari Paragraf-Bahasa Indonesia(online).(http://organisasi.org/penp,ertian paragraf alinea dan ba gian dari parajzraf bahasa indonesia. Diakses 17 Oktober 2008)
Gorys Keraf. 1985. Argumentasi dan Narasi. Jakarta: Gramedia.     .
____________ 1993. Komposisi. Ende Flores: Nusa Indah.
Henry Guntur Tarigan. 1991. Menulis sebagai Suatu Keterampilan Berbahasa. Bandung: Angkasa.
Imam Maliki. 1999. Pembinaan Bahasa dan Sastra Indonesia. Surabaya: Usaha Nasional.
Imam Syafi'ie. 1996. Pembelajaran Bahasa Indonesia Berdasarkan Whole Language. Malang: PPS IKIP Malang.
Ingrita Dewi            Puspasari.      2008.                     Paragraf       (online). (http://www.unv.ac.id/akademik/sharefile/files/03012008105853 karangan paragraf bahasa indonesia.rtf. Diakses 17 Oktober 2008)
Lamuddin Finoza. 2001. Komposisi Bahasa Indonesia untuk Mahasiswa Non Jurusan Bahasa. Jakarta: Diksi Insan Mulia.
L.L. Wattimury. 2000. Pembelajaran Menulis Deskripsi dengan Pendekatan Proses bagi Siswa Kelas V Sekolah Dasar. Tesis tidak diterbitkan. Malang: Program Pasca Sarjana IKIP Malang.
Nurhadi. 2002. Pendekatan kontekstual (Contextual Teaching and Learning(CTL). Malang: Universitas Negeri Malang.
Sabarti Akhadiah dkk. 1986. Buku Materi Pokok Menulis I. Jakarta: Karunika.
______________ . 1997. Menulis I. Jakarta: Universitas Terbuka.
Soedjito dan Hasan. 1989. Pembinaan Kemampuan Menulis Bahasa Indonesia. Jakarta: Erlangga.
Sri Mariyati. 2007. Peningkatan Kemampuan Menulis Paragraf dengan Menggunakan Metode Meringkas Bacaan Siswa Was VI SDN Carangrejo Kecamatan Sampung Kabupaten Ponorogo. Skripsi tidak diterbitkan. Ponorogo: Program Sarjana STKIP Ponorogo.
Suharsimi Arikunto. 1999. Dasar-Dasar Evaluasi Pendidikan. Yogyakarta: Bina Aksara.
Suparno dan Yunus. 2002. Keterampilan Dasar Menulis. Malang: Pusat Penerbit Universitas Terbuka.
Sutedjo dan Kasnadi. 2006. Terampil Menulis. Ponorogo: STKIP PGRI Ponorogo
Tim Penyusun Kamus. 1989. Kamus Besar Bahasa Indonesia. Jakarta: Pusat Pembinaan dan Pengembangan Bahasa Indonesia.
Widjono Hs. 2007. Bahasa Indonesia Mata Kuliah Pengembangan Kepribadian di Perguruan Tinggi. Jakarta: Gramedia.
Wikipedia. 2008. Menulis (online). (http://id.wikipedia.org/wiki/Menulis. Diakses 17 Oktober 2008).


Untuk mendapatkan file lengkap hubungi HP. 089 679 540 116

0 komentar:

Posting Komentar