PTK SD 78 = Pd 518 : Peningkatan Kemampuan Menulis Paragraf Narasi dengan Menggunakan Metode Meringkas Bacaan Siswa Kelas VI SDN 2 Kedungbanteng Kecamatan Sukorejo Kabupaten Ponorogo Tahun Pelajaran 2008/2009
ABSTRAK
xxxxxxxxxxxxxxx 2008. Peningkatan
Kemampuan Menulis Paragraf Narasi dengan Menggunakan Metode Meringkas
Bacaan Siswa Kelas VI SDN 2 Kedungbanteng Kecamatan Sukorejo Kabupaten
Ponorogo Tahun Pelajaran 2008/2009. Skripsi. Program Studi
Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, FPBS, IKIP PGRI Madiun.
Pembimbing (I) Drs. Agus Budi Santoso, M.Pd..(II) Elen Inderasari,
S.Pd.,M.Pd.
Kata Kunc : Kemampuan Menulis Paragraf Narasi, Metode Meringkas Bacaan
Penelitian
ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana peningkatan kemampuan menulis
paragraf narasi dengan menggunakan metode meringkas bacaan dilakukan
dengan penelitian tindakan kelas (PTK).
Desain
penelitian menggunakan metode penelitian tindakan kelas. Metode ini
adalah model penelitian tindakan kelas (PTK) model Kurt Lewin, langkah
yang ditempuh siklus I, siklus II, dan siklus III, sedang tempat
penelitian di SDN 2 Kedungbanteng Kecamatan Sukorejo Kabupaten Ponorogo.
Penelitian ini adalah penelitian populatif yang homogen, ada anak yang
pandai, sedang, dan kurang, usia cenderung sama.
Hasil
analisis data siklus I cukup baik, dilanjutkan siklus II dan siklus
III. Dari tiga siklus yang telah dilaksanakan dalam penelitian prestasi
dan keaktifan objek penelitian sudah memuaskan dan sudah memenuhi
ketuntasan belajar. Siswa yang berhasil atau tuntas mengalami
peningkatan, siklus I mencapai 69%, siklus II mencapai 88%, dan siklus
III mencapai 100%. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa siswa kelas
VI SDN 2 Kedungbanteng Kecamatan Sukorejo Kabupaten Ponorogo Tahun
Pelajaran 2008/2009 mampu meningkatkan kemampuan menulis paragraf dengan
metode meringkas bacaan
DAFTAR PUSTAKA
Atar Semi. 2007. Dasar-dasar Keterampilan Menulis. Bandung: Angkasa.
Departemen Pendidikan dan Kebudayaan. 1993. Kurikulum Pendidikan Dasar. Jakarta: Depdikbud.
_________ . 1999. Penelitian Tindakan (Action Research). Jakarta: Direktorat Jenderal Pendidikan Dasar dan Menengah Direktorat Pendidikan Menengah Umum.
Dewi Tryanasari. 2005. Peningkatan
Kemampuan Menulis Deskripsi Siswa Kelas IV SDN II Kedungbanteng
Kecamatan Sukorejo Kabupaten Ponorogo Melalui Penerapan Pendekatan
Kontekstual. Skripsi tidak diterbitkan. Malang: Program Sarjana Universitas Negeri Malang.
Djago Tarigan. 1987. Teknik Pengajaran Keterampilan Berbahasa. Bandung: Angkasa
Godam64. 2006. Pengertian Paragraf~Alinea dan Bagian dari Paragraf-Bahasa Indonesia(online).(http://organisasi.org/penp,ertian paragraf alinea dan ba gian dari parajzraf bahasa indonesia. Diakses 17 Oktober 2008)
Gorys Keraf. 1985. Argumentasi dan Narasi. Jakarta: Gramedia. .
____________ 1993. Komposisi. Ende Flores: Nusa Indah.
Henry Guntur Tarigan. 1991. Menulis sebagai Suatu Keterampilan Berbahasa. Bandung: Angkasa.
Imam Maliki. 1999. Pembinaan Bahasa dan Sastra Indonesia. Surabaya: Usaha Nasional.
Imam Syafi'ie. 1996. Pembelajaran Bahasa Indonesia Berdasarkan Whole Language. Malang: PPS IKIP Malang.
Ingrita Dewi Puspasari. 2008. Paragraf (online). (http://www.unv.ac.id/akademik/sharefile/files/03012008105853 karangan paragraf bahasa indonesia.rtf. Diakses 17 Oktober 2008)
Lamuddin Finoza. 2001. Komposisi Bahasa Indonesia untuk Mahasiswa Non Jurusan Bahasa. Jakarta: Diksi Insan Mulia.
L.L. Wattimury. 2000. Pembelajaran Menulis Deskripsi dengan Pendekatan Proses bagi Siswa Kelas V Sekolah Dasar. Tesis tidak diterbitkan. Malang: Program Pasca Sarjana IKIP Malang.
Nurhadi. 2002. Pendekatan kontekstual (Contextual Teaching and Learning(CTL). Malang: Universitas Negeri Malang.
Sabarti Akhadiah dkk. 1986. Buku Materi Pokok Menulis I. Jakarta: Karunika.
______________ . 1997. Menulis I. Jakarta: Universitas Terbuka.
Soedjito dan Hasan. 1989. Pembinaan Kemampuan Menulis Bahasa Indonesia. Jakarta: Erlangga.
Sri Mariyati. 2007. Peningkatan
Kemampuan Menulis Paragraf dengan Menggunakan Metode Meringkas Bacaan
Siswa Was VI SDN Carangrejo Kecamatan Sampung Kabupaten Ponorogo. Skripsi tidak diterbitkan. Ponorogo: Program Sarjana STKIP Ponorogo.
Suharsimi Arikunto. 1999. Dasar-Dasar Evaluasi Pendidikan. Yogyakarta: Bina Aksara.
Suparno dan Yunus. 2002. Keterampilan Dasar Menulis. Malang: Pusat Penerbit Universitas Terbuka.
Sutedjo dan Kasnadi. 2006. Terampil Menulis. Ponorogo: STKIP PGRI Ponorogo
Tim Penyusun Kamus. 1989. Kamus Besar Bahasa Indonesia. Jakarta: Pusat Pembinaan dan Pengembangan Bahasa Indonesia.
Widjono Hs. 2007. Bahasa Indonesia Mata Kuliah Pengembangan Kepribadian di Perguruan Tinggi. Jakarta: Gramedia.
Wikipedia. 2008. Menulis (online). (http://id.wikipedia.org/wiki/Menulis. Diakses 17 Oktober 2008).
Untuk mendapatkan file lengkap hubungi HP. 089 679 540 116
0 komentar:
Posting Komentar