PTK SD 107 : Meningkatkatkan Prestasi Belajar Mata Pelajaran Pendidikan Kewarganegaraan Melalui Metode Resitasi dan Diskusi Siswa Kelas VI SDN Bayem IV Kec. Kasembon Kab. Malang Tahun 2007/2008
ABSTRAK
xxxxxx 2007, Meningkatkatkan Prestasi Belajar Mata Pelajaran Pendidikan Kewarganegaraan Melalui Metode Resitasi dan Diskusi Siswa Kelas VI SDN Bayem IV Kec. Kasembon Kab. Malang Tahun 2007/2008
Kata Kunci :
Metode mengajar adalah cara yang
dipergunakan guru dalam mengadakan hubungan dengan siswa pada saat
berlangsungnya pengajaran. Oleh karena itu peranan metode mengajar
sebagai alat untuk menciptakan proses mengajar dan belajar. Dengan
metode diskusi dan resitasi ini diharapkan tumbuh berbagai kegiatan
belajar siswa sehubungan dengan kegiatan mengajar guru. Oleh karenanya
metode mengajar yang baik adalah metode yang dapat menumbuhkan kegiatan
belajar siswa.
Dengan demikian tujuan dari
penelitian ini adalah sebagai berikut : (1) Mengetahui bagaimana
implementasi metode diskusi dan resitasi dalam meningkatkan prestasi
belajar siswa, (2) Mengetahui apakah dengan adanya implementasi metode
diskusi dan resitasi dapat meningkatkan prestasi belajar siswa.
Penelitian ini menggunakan
rancangan penelitian tindakan kelas dengan pengumpulan data menggunakan
observasi dan catatan lapangan, dan teknik analisis dengan melakukan
reduksi data, inferensi, tahap tindak lanjut dan pengambilan
kesimpulan.
Hasil penelitian menunjukkan
metode diskusi adalah salah satu metode yang dapat digunakan untuk
meningkatkan pemahaman siswa terhadap suatu mata pelajaran. Keaktifan
siswa dalam proses diskusi dapat dirangsang melalui beberapa
penghargaan seperti halnya memberikan nilai tambahan bagi siswa yang
aktif dalam proses diskusi. Hal ini terbukti dengan kalencaran dalam
belajar, menulis, menghafal, dan sebagainya. Bahkan proses kegiatan
belajar siswa dapat lebih efisien.
Sedangkan saran yang dapat
diajukan kepada guru sebaiknya metode diskusi dan resitasi secara
kontinyu tetap diaplikasikan dalam kegiatan khususnya untuk materi PKn
untuk SD, mengingat metode tersebut sangat relevan untuk menggembleng
siswa agar mampu belajar lebih rajin lagi walaupun tidak sekolah.
Sebelum menerapkan suatu metode pembelajaran baru, guru hendaknya dapat
membaca situasi dan kondisi siswa, karena suatu metode belum tentu
sesuai untuk diterapkan di lingkungan yang berbeda.
DAFTAR PUSTAKA
-----------. 1989. Strategi Belajar Mengajar. Jakarta : Bina Akksara.
Abdul Ghafur. 1980. Desain Instruksional. Solo : Tiga Serangkai.
Ardana, Wayan. 1980. Beberapa Metode Statistik untuk Keperlian Penelitian Pendidikan. Malang : Swadaya.
Arikunto, Suharsimi. 1993. Manajemen Pengajaran Secara Manusiawi. Jakarta : Rineka Cipta.
------------. 1992. Dasar-dasar Evaluasi Pendidikan. Jakarta : Bumi Aksara.
------------. 1986. Dasar-dasar Evaluasi Pendidikan. Jakarta : Bumi Aksara.
------------. 1989. Penilaian Program Pendidikan. Proyek Pengembangan LPTK Depdikbud. Ditjen Dikti.
------------. 1998. Prosedur Penelitian : Suatu Pendekatan Praktek. Jakarta : Bina Aksara.
Bahri Syaiful Djamara. 1994. Prestasi Belajar dan Kompetensi Guru. Surabaya : UN.
Combs, Arthur W.1984. The Profesional Education of Teachers. Allin and Bacon, Inc, Boston.
Darajat Zakiyah. 2000. Guru dan Anak Didik dalam Interaktif Edukatif. Jakarta : PT. Rineka Cipta.
Departemen Pendidikan dan Kebudayaan. 1993. Kurikulum SLTP 1994, Landasan Program Pengajaran Petunjuk Pelaksanaan Kurikulum. Jakarta.
Djamarah, Syaiful Bahri. 1994. Guru dan Anak Didik dalam Interaktif Edukatif. Fakultas Tarbiyah IAIN Antasari Banjarmasin.
Djamarah, Syaiful Bahri. 2002. Strategi Belajar Mengajar. Jakarta : PT Rineka Cipta.
Hadi, Sutrisno. 1981. Metodologi Research. Yayasan Penerbitan Fakultas Psikologi Universitas Gajah Mada. Yogyakarta.
Hamalik, Oemar. 1992. Psikologi Belajar dan Mengajar. Sinar Baru : Bandung.
-----------. 1999. Kurikulum dan Pembelajaran. PT. Bumi Aksara. Jakarta
Hasibuan JJ dan Moerdjiono. 1998. Proses Belajar Mengajar. Bandung : Remandja Karya.
Hasibuan JJ dan Sulthoni. 2004. Kemampuan Dasar Mengajar. Departemen Pendidikan-Universitas Negeri Malang Fakultas Ilmu Pendidikan.
Margono. 1997. Metodologi Penelitian Pendidikan. Jakarta : PT. Rineka Cipta
Mursell, James L. Successful Teaching (terjemahan). Bandung : Jemmars.
Roestiyah N.K. 1991. Strategi Belajar Mengajar. Jakarta : Bina Aksara
Sardiman, A.M. 1996. Interaksi dan Motivasi Belajar Mengajar. Jakarta : Bina Aksara.
Slameto. 1988. Evaluasi Pendidikan. Jakarta : Bina Aksara.
Soekamto, Toeti. 1997. Teori Belajar dan Model-model Pembelajaran. Jakarta : PAU-PPAI, Universitas Terbuka.
Soeratno dan Arsyat, Lincolin. 1988. Metodologi Penelitian untuk Ekonomi dan Bisnis. Yogyakarta : BPFE.
Untuk mendapatkan file lengkap hubungi/ sms ke HP. 089 679 540 116
0 komentar:
Posting Komentar