PTK SD 053 : PENGGUNAAN STRATEGI PEMBELAJARAN AKTIF UNTUK MENINGKATKAN EFEKTIFITAS PEMBELAJARAN MATERI BILANGAN BULAT BAGI SISWA KELAS V SEMSTER 1 SD N 02 PLUMBON TAHUN PELAJARAN 2008-2009
ABSTRAKSI
xxxxxxxxxxxxx “PENGGUNAAN STRATEGI
PEMBELAJARAN AKTIF UNTUK MENINGKATKAN EFEKTIFITAS PEMBELAJARAN MATERI
BILANGAN BULAT BAGI SISWA KELAS V SEMSTER 1 SD N 02 PLUMBON TAHUN
PELAJARAN 2008-2009 “
Penelitian ini bertujuan untuk mencari suatu
strategi pembelajaran yang efektif dan Efisien dalam mengajarkan materi
bilangan bulat bagi siswa program akselerasi di SD Negeri 1 Plumbon
dengan cara mengaktifkan siswa pada pembelajarann. Strategi dalam
penelitian tindakan kelas ini dilakukan melalui 2 siklus dan pada setiap
siklus meliputi kegiatan perencanaan, pelaksanaan, observasi dan
refleksi. Sedang untuk mengaktifkan siswa dalam penelitian ini,
peneliti menggunakan lembar kerja yang diberikan kepada siswa dalam
kelompok besar dan kelompok kecil.
Yang menjadi subjek pada penelitian tindakan kelas
ini adalah siswa kelas V semester 1 sedang objeknya adalah pembelajaran
materi bilangan bulat pada mata pelajaran Matematika yang diajarkan
dengan cara mengaktifkan siswa dalam kelompok kecil dan kelompok besar.
Dari penelitian yang diadakan dengan meneliti kondisi
awal siswa yang diukur dengan alat tes tertulis dan hasil penelitian
tindakan kelas dengan 2 siklus terlihat adanya peningkatan hasil yang
dicapai siswa dalam menguasai materi bilangan bulat yang diberikan.
Peningkatan penguasaan materi ini mulai dari siklus I siswa dapat
meningkat dari kondisi awal sedang dari kondisi di siklus I setelah
dilakukan tindakan pada siklus II .
Dari Hasil penelitian tindakan kelas ini maka
peneliti merekomendasikan pada pengambil jabatan ataupun pelaksana
pembelajaran dalam hal ini yaitu pengajar untuk mengajarkan materi
pembelajaran dalam kelompok kecil dan dengan tehnik mengaktifkan siswa .
Keyword : Pembelajaran Aktif, Pembelajaran Efektif, Bilangan bulat.
DAFTAR PUSTAKA
Daniel Muijs dan David Reynolds 2008. EffectiveTteaching Teori dan Aplikasi (Edisi ke -2 ) Yogyakarta : Pustaka Pelajar.
Russeffendi 1988. Pengantar kepada membantu guru mengembangkan kompetensinya dalam pengajaran matematika untuk meningkatkan CBSA. Bandung : Tarsito
Nana Sudjana. 1995. Penilaian Hasil Proses Belajar Mengajar. Bandung : PT Remaja Rosdakarya.
Andi Hakim Nasution. 1982. Landasan Matematika. Jakarta : Bharata Karya Aksara.
Gagne, Robert M and Leslie J. Briggs, 1978. Principles of Instructional Design. 2nd Ed, New York : Holt Rinehart and Winstons.
Hisyam Zaini, Bermawy Munthe & Sekar Ayu Aryani, 2007, Strategi PembelajaranAktif, CTSD,IAIN Sunan Kalijaga. Yogyakarta.
0 komentar:
Posting Komentar