Sabtu, 28 November 2015

PTK SD 109 = Pd 644 : Model Pembelajaran Tutor Sebaya Dengan Memanfaatkan LKS Dan Alat Peraga Papan Berpaku Sebagai Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Dan Aktivitas Belajar Matematika Pada Pokok Bahasan Simetri Lipat Dan Pencerminan Bagi Peserta Didik Kelas V SD Rejosari 03 Semarang

 PTK SD 109 = Pd 644 : Model Pembelajaran Tutor Sebaya Dengan Memanfaatkan LKS Dan Alat Peraga Papan Berpaku Sebagai Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Dan Aktivitas Belajar Matematika Pada Pokok Bahasan Simetri Lipat Dan Pencerminan Bagi Peserta Didik Kelas V SD Rejosari 03 Semarang



 ABSTRAK

Latar belakang penelitian ini adalah bahwa matematika merupakan ilmu pengetahuan yang digunakan dalam berbagai bidang kehidupan, yaitu sebagai salah satu ilmu yang mendukung perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi. Selain itu keadaan ekonomi orang tua siswa tergolong kurang mampu ada yang buruh, tukang becak, ibu rumah tangga, pedagang bahkan yang tidak bekerja karena PHK. Dengan keadaan seperti ini penulis ingin meneliti siswa kelas V SDN Rejosari 03 dengan menerapkan model pembelajaran Tutor sebaya dengan memanfaatkan LKS dan alat peraga papan berpaku pada pokok bahasan simetri lipat dan pencerminan aktivitas belajar dan hasil belajar dapat meningkat. Di samping rata-rata hasil belajar matematika di SDN Rejosari 03 kurang memuaskan dan lebih rendah dibanding hasil belajar mata pelajaran yang lain. Permasalahan yang muncul adalah: apakah melalui implementasi model pembelajaran Tutor Sebaya dengan memanfaatkan LKS dan Alat Peraga Papan Berpaku dapat meningkatkan hasil belajar dan aktivitas belajar peserta didik kelas V tahun ajaran 2006/2007 pada pokok bahasan Simetri Lipat dan Pencerminan di SD Rejosari 03 Semarang?
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui peningkatan hasil belajar dan aktivitas belajar peserta didik kelas V tahun ajaran 2006/2007 pada pokok bahasan Simetri Lipat dan Pencerminan melalui implementasi model pembelajaran tutor sebaya dengan memanfaatkan LKS dan alat peraga papan berpaku di SD Rejosari 03 Semarang.
Subjek penelitian yang diambil adalah siswa kelas V SDN Rejosari 03 dengan jumlah 25 anak. Penelitian ini dilakukan melalui 2 siklus. Setiap siklus terdiri dari perencanaan, pelaksanaan, observasi dan refleksi. Tindakan penelitian dalam siklus I materi yang diberikan pada pertemuan I dan II adalah sub pokok bahasan Membahas tentang melakukan lipatan untuk membentuk simetri (bangun seimbang, sama bentuk/ukuran), banyaknya simetri lipat suatu bangun datar dan membuat hasil pencerminan suatu bangun datar dengan menggunakan alat peraga papan berpaku serta siklus II juga dilakukan pertemuan I dan II dimana sub pokok bahasan yang diberikan adalah membahas tentang materi simetri lipat dan pencerminan dengan melakukan pencerminan untuk membentuk bayangan terhadap sumbu tegak dengan latihan soal yang bervariasi dengan menggunakan alat peraga papan berpaku. Hasil yang diperoleh setelah dilaksanakan penelitian tindakan kelas adalah:
1.      Hasil belajar dan aktivitas belajar siswa meningkat.
2.      Kegiatan pembelajaran lebih hidup dengan keaktifan siswa dalam belajar baik secara kelompok maupun individu.
Adapun simpulan dari penelitian ini adalah dengan implementasi model pembelajaran tutor sebaya dengan memanfaatkan LKS dan alat peraga papan berpaku hasil belajar dan aktivitas belajar peserta didik kelas V SD Negeri Rejosari 03 meningkat.
DAFTAR PUSTAKA
Suyitno, Amin. 2005. Dasar-Dasar Dan Proses Pembelajaran Matematika 1. Semarang : Jurusan Pendidikan Matematika UNNES Semarang.
Depdikbud. 1994. Kurikulum Pendidikan Dasar. Jakarta : Dirjendikdasmen.
Djati Kerami dan Cormentyna Sitanggang. 2002. Kamus Matematika. Jakarta : Balai Pustaka.
Emi Pujiastuti dan Suhito. 2002. Dasar-Dasar Proses Pembelajaran Matematika 2. Semarang : Universitas Negeri Semarang.
Isti Hidayah & Sugiharto. 2006. ”Workshop Pendidikan Matematika 2” Semarang : UNNES
Kusni. 2000. Geometri Dasar. Semarang : Universitas Negeri Semarang.
Herman Hudoyo. 1988. Mengajar Belajar Matematika. Bandung : Yrama Widya.
Nana Sujana. 2002. Dasar-Dasar Proses Belajar Mengajar. Bandung : Sinar Baru Algensindo.
Suhito. 1987. ” Strategi Belajar Mengajar”. Semarang : FMIPA IKIP
Tim Bina Karya Guru. 2003. Terampil Berhitung Matematika Untuk Sekolah Dasar Kelas 5 SD. Jakarta : Erlangga.
Tim Matematika SD. 2002. Matematika Untuk Sekolah Dasar Kelas 5 Semester Kedua. Jakarta : Yudhistira.
Tim Penyusun Kamus Pusat Pembinaan dan Pengembangan Bahasa. 1997. Kamus Besar Bahasa Indonesia. Jakarta : Balai Pustaka.
W.J.S Purwo Darminto. 1985. Kamus Umum Bahasa Indonesia. Jakarta : Balai Pustaka.

Untuk mendapatkan file lengkap hubungi/ sms ke HP. 089 679 540 116

0 komentar:

Posting Komentar