PTK SD 042 = Pd 446 : Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas VI SD Negeri Blubuk 03 dalam Menyelesaikan Soal Cerita tentang Membaca Gambar atau Denah Beskala melalui Model Pembelajaran Tutor Sebaya dalam Kelompok Kecil
ABSTRAK
xxxxxxxxxxxx,
Penelitian berjudul “Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas VI
SD Negeri Blubuk 03 Kecamatan Dukuhwaru Kabupaten Tegal dalam
Menyelesaikan Soal Cerita tentang Membaca Gambar atau Denah Berskala
melalui Model Pembelajaran Tutor Sebaya dalam Kelompok Kecil.
Pemilihan
judul ini berdasarkan atas pengalaman di lapangan bahwa prestasi
belajar Matematika siswa kelas VI SD Negeri Blubuk 03 nilai rata-ratanya
masih berkisar 5,8. Kenyataan ini menunjukkan masih rendahnya tingkat
pemahaman siswa terhadap materi pelajaran Matematika. Berdasarkan
kenyataan tersebut maka perlu adanya upaya untuk meningkatkan hasil
belajar siswa. Untuk itu upaya yang ditempuh adalah dengan diterapkannya
model pembelajaran tutor sebaya dalam kelompok kecil untuk
menyelesaikan soal cerita dalam membaca gambar atau denah berskala.
Rumusan
masalah pada penelitian ini adalah sebagai berikut. Bagaimanakah cara
meningkatkan hasil belajar siswa kelas VI SD Negeri Blubuk 03 Kecamatan
Dukuhwaru melalui model pembelajaran tutor sebaya dalam kelompok kecil
dalam menyelesaikan soal cerita tentang membaca gambar atau denah
berskala?
Tujuan
penelitian tindakan kelas ini adalah untuk mengetahui apakah model
pembelajaran tutor sebaya dalam kelompok kecil dapat meningkatkan hasil
belajar siswa, dan dapat pula meningkatkan aktivitas belajar siswa
dalam proses belajar mengajar, serta dapat memperoleh cara yang efektif
dalam menentukan hasil pengukuran dan pemanfaatan lingkungan sekolah
sebagai sarana pembelajaran pada pokok bahasan membaca gambar atau
denah berskala dalam menyelesaikan soal cerita.
Metode
penelitian tindakan kelas ini ditempuh dalam tiga siklus. Setiap
siklus terdapat empat tahap yaitu perencanaan, pelaksanaan, pengamatan
dan refleksi. Tindakan dalam setiap siklus dilakukan dengan cara guru
memberikan tugas berupa materi pelajaran untuk dipelajari secara
mandiri, diringkas dan didiskusikan dengan kelompok belajarnya dengan
dipandu tutor sebayanya. Adapun yang menjadi subjek penelitian adalah
seswa kelas VI SD Negeri Blubuk 03 Kecamatan Dukuhwaru Kabupaten Tegal
yang terdiri dari l9 siswa Tahun Pelajaran 2005/2006.
Simpulan
yang dapat diambil adalah bahwa melalui model pembelajaran tutor
sebaya dalam kelompok kecil, kemampuan siswa dalam mengemukakan
pendapat dan bekeja sama dalam setiap kelompoknya dapat ditingkatkan.
Selain itu peran tutor sebaya merupakan teman bekerja sekaligus teman
belajar sehingga dapat menambah keberanian siswa dalam bertanya, dan
mengerjakan tugas guru di depan kelas. Serta ketrampilan siswa dalam
menyelesaikan soal cerita menunjukkan kemajuan yang cukup baik.
Sehingga hasil belajar siswa mengalami peningkatan.
Berdasarkan
penelitian bahwa hasil belajar yang diperoleh siswa kelas VI SD Negeri
Blubuk 03 Kecamatan Dukuhwaru Kabupaten Tegal pada pokok bahasan
membaca gambar atau denah berskala nilai rata-ratanya meningkat menjadi
berkisar 8,11. Saran, Model Pembelajaran Tutor Sebaya dalam Kelompok
Kecil yang diterapkan guru dapat meningkatkan hasil belajar siswa, maka
pada proses pembelajaran bisa menggunakan Model Pembelajaran Tutor
Sebaya dalam Kelompok Kecil
DAFTAR PUSTAKA
Aji, Mukti, M. 1997. Matematika Sekolah Untuk Kelas VI. Jakarta: PT. IntanPariwara.
Bruner, Jerome. 2004. Materi Pelatihan Terintegrasi. Jakarta: Dirjen Depdiknas.
Depdikbud. 1994. Kurikulum Pendidikan Dasar. Garis-Garis Besar Program Pengajaran Kelas VI SD. Jakarta: Depdikbud.
Depdikbud. 1999/2000. Petunjuk Pelaksanaan Kegiatan Belajar Mengajar Kelas VI Sekolah Dasar. Jakarta: Depdikbud.
Depdikbud. 1998. Pedoman Pembinaan Profesional Guru Sekolah Dasar dan Menengah. Jakarta: Depdikbud.
Depdiknas. 2004. Matematika-Materi Pelaihan Terintegrasi. Jakarta: Dirgen Pendasmen.
Drost, J Pastor (dalam Achmad Kereng). 2003. Tenaga Kependidikan Profesional Menghadapi Tantangan. Jakarta: Suara Guru 7-9.
Kereng, Achmad. 2003. Tenaga Kependidikan Profesional Menghadapi Tantangan. Jakarta: Suara Guru 7-9.
Kereng, Achmad (dalam Djoko Waludi). 2003. Tenaga Kependidikan Profesional Menghadapi Tantangan. Jakarta: Suara Guru 7-9.
Natawijaya, Rochman. 1984. Pengajaran Remedial. Jakarta: Depdikbud.
Oemar, Hamalik. 2001. Proses Belajar Mengajar. Jakarta: PT. Bumi Aksara.
Rahayu Hadinoto, Siti (dalam Achmad Kereng). 2003. Tenaga Kependidikan Profesional Menghadapi Tantangan. Jakarta: Suara Guru 7-9
Sunarto. 1984. Perkembangan Peserta Didik. Jakarta: Depdikbud.
Suyitno, Amin. 2004. Dasar-dasar dan Proses Pembelajaran Matemaika I.Bahan Ajar Program S1 Pendidikan Matematika Konsrentrasi Pendidikan Dasar. Semarang: UNNES.
Suyitno, Amin. 2004. Petunjuk Penulisan Karya Ilmiah Remaja. Semarang.
Sulardi. 1999. Pandai Berhitung Matematika. Suplemen Garis-Garis Besar Program Pengajajaran 1999. Jakarta: PT. Erlangga.
Zaini, Hisyam (dalam Suyitno, Amin). 2002. Model Pembelajaran Tutor Sebaya dalam Kelompok Kecil. Semarang: UNNES.
Untuk mendapatkan file lengkap hubungi/ sms ke HP. 089 679 540 116
0 komentar:
Posting Komentar