Sabtu, 14 November 2015

PTK SD 042 = Pd 446 : Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas VI SD Negeri Blubuk 03 dalam Menyelesaikan Soal Cerita tentang Membaca Gambar atau Denah Beskala melalui Model Pembelajaran Tutor Sebaya dalam Kelompok Kecil

 PTK SD 042 = Pd 446 : Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas VI SD Negeri Blubuk 03 dalam Menyelesaikan Soal Cerita tentang Membaca Gambar atau Denah Beskala melalui Model Pembelajaran Tutor Sebaya dalam Kelompok Kecil



 ABSTRAK

           xxxxxxxxxxxx, Penelitian berjudul “Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas VI SD Negeri Blubuk 03 Kecamatan Dukuhwaru Kabupaten Tegal dalam Menyelesaikan Soal Cerita tentang Membaca Gambar atau Denah Berskala melalui Model Pembelajaran Tutor Sebaya dalam Kelompok Kecil.
Pemilihan judul ini berdasarkan atas pengalaman di lapangan bahwa prestasi belajar Matematika siswa kelas VI SD Negeri Blubuk 03 nilai rata-ratanya masih berkisar 5,8. Kenyataan ini menunjukkan masih rendahnya tingkat pemahaman siswa terhadap materi pelajaran Matematika. Berdasarkan kenyataan tersebut maka perlu adanya upaya untuk meningkatkan hasil belajar siswa. Untuk itu upaya yang ditempuh adalah dengan diterapkannya model pembelajaran tutor sebaya dalam kelompok kecil untuk menyelesaikan soal cerita dalam membaca gambar atau denah berskala.
Rumusan masalah pada penelitian ini adalah sebagai berikut. Bagaimanakah cara meningkatkan hasil belajar siswa kelas VI SD Negeri Blubuk 03 Kecamatan Dukuhwaru melalui model pembelajaran tutor sebaya dalam kelompok kecil dalam menyelesaikan soal cerita tentang membaca gambar atau denah berskala?
Tujuan penelitian tindakan kelas ini adalah untuk mengetahui apakah model pembelajaran tutor sebaya dalam kelompok kecil dapat meningkatkan hasil belajar siswa, dan dapat pula meningkatkan aktivitas belajar siswa dalam proses belajar mengajar, serta dapat memperoleh cara yang efektif dalam menentukan hasil pengukuran dan pemanfaatan lingkungan sekolah sebagai sarana pembelajaran pada pokok bahasan membaca gambar atau denah berskala dalam menyelesaikan soal cerita.
Metode penelitian tindakan kelas ini ditempuh dalam tiga siklus. Setiap siklus terdapat empat tahap yaitu perencanaan, pelaksanaan, pengamatan dan refleksi. Tindakan dalam setiap siklus dilakukan dengan cara guru memberikan tugas berupa materi pelajaran untuk dipelajari secara mandiri, diringkas dan didiskusikan dengan kelompok belajarnya dengan dipandu tutor sebayanya. Adapun yang menjadi subjek penelitian adalah seswa kelas VI SD Negeri Blubuk 03 Kecamatan Dukuhwaru Kabupaten Tegal yang terdiri dari l9 siswa Tahun Pelajaran 2005/2006.
Simpulan yang dapat diambil adalah bahwa melalui model pembelajaran tutor sebaya dalam kelompok kecil, kemampuan siswa dalam mengemukakan pendapat dan bekeja sama dalam setiap kelompoknya dapat ditingkatkan. Selain itu peran tutor sebaya merupakan teman bekerja sekaligus teman belajar sehingga dapat menambah keberanian siswa dalam bertanya, dan mengerjakan tugas guru di depan kelas. Serta ketrampilan siswa dalam menyelesaikan soal cerita menunjukkan kemajuan yang cukup baik. Sehingga hasil belajar siswa mengalami peningkatan.
Berdasarkan penelitian bahwa hasil belajar yang diperoleh siswa kelas VI SD Negeri Blubuk 03 Kecamatan Dukuhwaru Kabupaten Tegal pada pokok bahasan membaca gambar atau denah berskala nilai rata-ratanya meningkat menjadi berkisar 8,11. Saran, Model Pembelajaran Tutor Sebaya dalam Kelompok Kecil yang diterapkan guru dapat meningkatkan hasil belajar siswa, maka pada proses pembelajaran bisa menggunakan Model Pembelajaran Tutor Sebaya dalam Kelompok Kecil
DAFTAR PUSTAKA
Aji, Mukti, M. 1997. Matematika Sekolah Untuk Kelas VI. Jakarta: PT. IntanPariwara.
Bruner, Jerome. 2004. Materi Pelatihan Terintegrasi. Jakarta: Dirjen Depdiknas.
Depdikbud. 1994. Kurikulum Pendidikan Dasar. Garis-Garis Besar Program Pengajaran Kelas VI SD. Jakarta: Depdikbud.
Depdikbud. 1999/2000. Petunjuk Pelaksanaan Kegiatan Belajar Mengajar Kelas VI Sekolah Dasar. Jakarta: Depdikbud.
Depdikbud. 1998. Pedoman Pembinaan Profesional Guru Sekolah Dasar dan Menengah. Jakarta: Depdikbud.
Depdiknas. 2004. Matematika-Materi Pelaihan Terintegrasi. Jakarta: Dirgen Pendasmen.
Drost, J Pastor (dalam Achmad Kereng). 2003. Tenaga Kependidikan Profesional Menghadapi Tantangan. Jakarta: Suara Guru 7-9.
Kereng, Achmad. 2003. Tenaga Kependidikan Profesional Menghadapi Tantangan. Jakarta: Suara Guru 7-9.
Kereng, Achmad (dalam Djoko Waludi). 2003. Tenaga Kependidikan Profesional Menghadapi Tantangan. Jakarta: Suara Guru 7-9.
Natawijaya, Rochman. 1984. Pengajaran Remedial. Jakarta: Depdikbud.
Oemar, Hamalik. 2001. Proses Belajar Mengajar. Jakarta: PT. Bumi Aksara.
Rahayu Hadinoto, Siti (dalam Achmad Kereng). 2003. Tenaga Kependidikan Profesional Menghadapi Tantangan. Jakarta: Suara Guru 7-9
Sunarto. 1984. Perkembangan Peserta Didik. Jakarta: Depdikbud.
Suyitno, Amin. 2004. Dasar-dasar dan Proses Pembelajaran Matemaika I.Bahan Ajar Program S1 Pendidikan Matematika Konsrentrasi Pendidikan Dasar. Semarang: UNNES.
Suyitno, Amin. 2004. Petunjuk Penulisan Karya Ilmiah Remaja. Semarang.
Sulardi. 1999. Pandai Berhitung Matematika. Suplemen Garis-Garis Besar Program Pengajajaran 1999. Jakarta: PT. Erlangga.
Zaini, Hisyam (dalam Suyitno, Amin). 2002. Model Pembelajaran Tutor Sebaya dalam Kelompok Kecil. Semarang: UNNES.


 
Untuk mendapatkan file lengkap hubungi/ sms ke HP. 089 679 540 116

0 komentar:

Posting Komentar