PTK SD 043 = Pd 447 : Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas VI SD Negeri Rajegwesi 02 Kecamatan Pagerbarang Kabupaten Tegal dalam Menentukan Volum Bangun Ruang Melalui Penggunaan Alat Peraga Kubus Satuan.
ABSTRAK
xxxxxxx,
FMIPA, Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas VI SD Negeri
Rajegwesi 02 Kecamatan Pagerbarang Kabupaten Tegal dalam Menentukan
Volum Bangun Ruang Melalui Penggunaan Alat Peraga Kubus Satuan.
Berdasarkan
hasil belajar siswa dua tahun yang lalu yaitu tahun pelajaran 2003/2004
dan tahun 2004/2005 di SD Negeri Rajegwesi 02 pada pokok bahasan
menentukan volum bangun ruang rata-rata hasil belajar siswa masih rendah
yaitu baru mencapai 5,6 dan 5,9. Hal itu merupakan masalah bagi guru
untuk meningkatkan hasil belajar pada pokok bahasan tersebut. Upaya yang
dilakukan melalui penggunaan alat peraga kubus satuan diharapkan mampu
meningkatkan hasil belajar pokok bahasan menentukan volum bangun ruang.
Rumusan masalah yang diajukan dalam skripsi ini berbunyi “Apakah
penggunaan alat peraga kubus satuan dapat meningkatkan hasil belajar
siswa kelas VI SD Negeri Rajegwesi 02 Kecamatan Pagerbarang Kabupaten
Tegal dalam menentukan volum bangun ruang (balok dan kubus)? Tujuan
penelitian ini adalah untuk meningkatkan hasil belajar siswa kelas VI SD
Negeri Rajegwesi 02 Kecamatan Pagerbarang Kabupaten Tegal dalam
menentukan volum bangun ruang (balok dan kubus) melalui penggunaan alat
peraga kubus satuan. Manfaat penelitian ini bagi siswa adalah
meningkatnya hasil belajar pokok bahasan menentukan volum bangun ruang,
bagi guru meningkatnya kualitas pembelajaran dan bagi sekolah dapat
memberikan kontribusi yang positif bagi upaya peningkatan hasil belajar
siswa.
Penelitian
ini dengan penelitian tindakan kelas (PTK), dilaksanakan selama tiga
siklus, metode pengumpulan data penelitian ini menggunakan pengamatan
dan tes. Subyek penelitian adalah siswa kelas VI, indikator keberhasilan
penelitian ini adalah jika rata-rata kelas telah meperoleh nilai
minimal
Dari
hasil penelitian diperoleh bahwa hasil belajar siswa pada pokok bahasan
menentukan volum bangun ruang ( balok dan kubus) mencapai rata-rata 6,4
pada siklus I, 6,8 pada siklus II dan 8,5 pada siklus III. Berdasarkan
hasil tersebut, disimpukan bahwa penggunaan alat peraga kubus satuan
dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada pokok bahasan tersebut. Dari
hasil pengamatan juga dapat dilihat adanya peningkatan aktivitas dalam
pembelajaran. Saran, yang dapat disampaikan kepada guru kelas VI agar
menggunakan alat peraga kubus satuan dalam mengajarkan materi menentukan
volum bangun ruang, dan siswa kelas VI diharapkan berlatih dengan
menggunakan alat peraga kubus satuan untuk mengerjakan soal-soal latihan
menentukan volum bangun ruang sehingga memudahkan dalam menyelesaikan
soal tersebut.
DAFTAR PUSTAKA
Abdurahman, Mulyono, Kesulitan Belajar Matematika, Jakarta: Gramedia
Depdikbud, 1994, GBPP Matematika SD, Jakarta: Depdikbud
Depdikbud, 1994 Kurikulum : Garis-Garis Besar Pengajaran Matematika, Jakarta : Penerbit Depdikbud.
Erman Amti. 1992. Diagnistik Kesulitan Belajar Anak. Jakarta: Gramedia.
Hollands Roy. 1991. Kamus Matematika. Erlangga. Jakarta
Kasijan, 1984. Dasar-dasar Proses Pembelajaran.Yogyakarta: Pustaka Pelajar
Lisnawati Simanjutak, 1999. Metode Mengajar Matematika I. Jakarta: Rineka Cipta
Poerwadarminta, 1988. Kamus Umum Bahasa Indonesia, Jakarta: Balai Pustaka.
Rustiyah NK. 1995. Masalah-Masalah Keguruan. Jakarta: Bumi Aksara
Sardiman, 1998. Motivasi dan Interaksi Belajar. Jakarta: rajawali Pres
Suyitno Amin,dkk.2001. Matematika Sekolah 1. FMIPA UNNES. Semarang
Tim MKPBM,2001. Struktur Pengajaran Matematika, Semarang.
Tim MKDK IKIP Semarang. 1996. Belajar dan Pembelajaran. Semarang: ILIP Pres.
UPI. 2001. Common Text Book Strategi Pembelajaran Matematika Kontemporer, Bandung: Jurusan MIPA UPI
Winarno Surahmad, 1981. Metodologi Pengajaran. Jakarta: Rineka Cipta.
Winkel. 1998. Psikologi Pengajaran. Jakarta: Gramedia
Widodo Supriyono, 1991. Psikologi Belajar. Jakarta: Rineka Cipta
Untuk mendapatkan file lengkap hubungi/ sms ke HP. 089 679 540 116
0 komentar:
Posting Komentar