PTS 039. Meningkatkan Kemampuan Guru Mengembangkan Pendekatan Pembelajaran Melalui Supervisi Akademik di SD Negeri xxx Tahun Pelajaran 2010/2011
ABSTRAK
Meningkatkan
Kemampuan Guru Mengembangkan Pendekatan pembelajaran Melalui Supervisi Akademik di Sekolah Dasar
Negeri xxx Tahun Pelajaran 2010/2011
Tujuan dari
dilaksanakannya penelitian ini adalah untuk mengetahui hal-hal sebagai berikut: (1) Peningkatan aktivitas supervise akademik
di SD Negeri xxx tahun pelajaran 2010/2011; (2) Peningkatan kemampuan
guru dalam mengembangkan pendekatan pembelajaran yang berpusat pada siswa di SD
Negeri xxx tahun pelajaran 2010/2011.
Lokasi penelitian adalah SD Negeri xxx. Penenilitian ini merupakan
penelitian tindakan sekolah, yaitu penelitian yang dilakukan untuk menemukan proses
tpenyelenggaraan pendidikan yang paling seuai dengan kondisi sekolah.
Penelitian dilakukan dengan dua siklus, yaitu siklus I dan II. Analisis data
dilakukan dengan metode kualitatif. Subyek penelitian adalah guru dan kepala
sekolah.
Berdasarkan atas hasil penbelitian tindakan sekolah yang dilakukan,
dapat dibuat kesimpulan sebagai berikut: (1) Pelaksanaan supervisi akademik
yang berfokus pada masalah peningkatan keamampuan guru dalam mengembangkan
pendekatan pembelajaran, khususnya pendekatan pembelajaran yang berpusat pada
siswa, mengalami peningkatan; (2) Terjadi peningkatan kemampuan guru dalam
mengembangkan pendekatan pembelajaran, khususnya pada pendekatan yang berpusat
pada siswa.
Untuk mendapatkan file lengkap silahkan hubungi/ sms ke HP. 089 679 540 116
0 komentar:
Posting Komentar