PTK TK 008 : Peningkatan Kemampuan Membaca Permulaan Siswa TK dalam Pembelajaran Kemampuan Berbahasa melalui Penerapan Media Gambar (Penelitian Tindakan Kelas di TK. Negeri Pembina Kecamatan Sedati Kabupaten Sidoarjo)
ABSTRAK
xxxxxxxxxxxxx,
Peningkatan Kemampuan Membaca Permulaan Siswa TK dalam Pembelajaran
Kemampuan Berbahasa melalui Penerapan Media Gambar (Penelitian Tindakan
Kelas di TK. Negeri Pembina Kecamatan Sedati Kabupaten Sidoarjo)
Kata Kunci : Pembelajaran Kemampuan Berbahasa, Media Gambar.
Pembelajaran
kemampuan berbahasa di TK semestinya ditekankan pada suasana
pembelajaran yang lebih memungkinkan siswa terlibat secara aktif dan
menyenangkan, sementara itu yang terjadi di TK tidak jarang aktivitas
pembelajaran masih mengadopsi pola-pola lama pembelajaran di
sekolah-sekolah dasar. Siswa cenderung pasif. Untuk itu perlu adanya
perubahan ke arah pembelajaran yang memberikan kesempatan atau peluang
kepada siswa untuk lebih aktif, berminat dan menyenangkan. Cara tersebut
di tempuh dengan menerapkan pembelajaran dengan menggunakan media
gambar.
Penelitian
ini bertujuan menggambarkan pembelajaran membaca permulaan dengan media
gambar secara klasikal maupun secara kelompok dan dalam proses terjadi
peningkatan kemampuan membaca siswa. Untuk mencapai tujuan itu dilakukan
penelitian tindakan kelas, peneliti dibantu guru kelompok B dan 23
siswa TK Negeri Pembina Kecamatan Sedati. Data dalam penelitian ini
diperoleh dengan metode kualitatif, pengamatan / observasi dan dibantu
alat perekam berupa kamera dan handycam. Penelitian ini dilakukan dengan
dua siklus tindakan. Siklus pertama di titik beratkan pada peningkatan
partisipasi dan kemampuan membaca dalam permainan mencocokkan kartu kata
dengan gambar dan siklus kedua pada peningkatan membaca. Setiap siklus
terdiri atas tahapan : persiapan, tindakan, pelaksanaan tindakan,
observasi, analisis dan refleksi.
Hasil
penelitian ini menunjukkan bahwa pembelajaran membaca permulaan dengan
media gambar secara klasikal siswa yang pemalu cenderung pasif sehingga
ketika guru memberi tugas siswa untuk mencocok kartu kata dengan gambar
siswa tidak mau dan perhatian sebagian siswa kurang terfokus dalam
pembelajaran ini dan kemampuan membacanya masih didominasi oleh
siswa-siswa yang aktif. Dengan pembelajaran kemampuan membaca dengan
media gambar secara kelompok siswa diajak untuk melakuakn permainan
mencocokkan kartu kata dengan gambar dengan teman sendiri dan guru
bertindak sebagai fasilitator dan motivator. Kreativitas siswa, rasa
malu siswa dapat diatasi dan kemampuan membaca siswa meningkat serta
suasana pembelajaran lebih menarik dan menyenangkan.
DAFTAR RUJUKAN
Dekdikbud, 1997. Media Dalam Proses Pembelajaran I. Pusat Pengembangan Penataran Guru IPS dan PMP Malang
Depdiknas 2000. Permainan Membaca dan Menulis Di Taman Kanak-Kanak. Jakarta: Depdiknas
Depdiknas. 2005. Kurikulum 2004 Taman Kanak-Kanak dan Roudlatul Athfal. Jakarta
Harti Kartini Dkk, 2003. Peningkatan Kemampuan Bertanya Siswa SD Dalam Pembelajaran IPA Melalui Penerapan Model Interaktif
Nurhakiki, Rini Dkk, 200. Implementasi
Pendidikan Matematika Realistik Pada Pokok Bahasan Pengukuran di Kelas
III SD Dalam Rangka Sosialisasi Kurikulum 2004, FMIP. A UM 2004
Nurani Musta’in, 2004. Anak Islam Suka Membaca, Surakarta : Penerbit Pusaka Anamah
Wina Sanjaya, 2006. Strategi Pembelajaran Berorientasi Standar Proses Pendidikan Jakarta. Penerbit Kencana Prenada Media.
0 komentar:
Posting Komentar