PTK SMP 001 : PENINGKATAN KETERAMPILAN MENULIS DENGAN METODE KOOPERATIF JIGSAW PADA SISWA SMP NEGERI 2 TANON – SRAGEN TAHUN PELAJARAN 2007 / 2008
ABSTRAK
Penelitian
Tindakan kelas ini bertujuan untuk memecahkan masalah yang dihadapi
guru bahasa Indonesia ketika mengajar siswanya. Masalah yang diangkat
dalam penelitian ini adalah masih rendahnya keterampilan menulis siswa
kelas VIII F SMP Negeri 2 Tanon tahun pelajaran 2007/2008.
Metode
yang digunakan adalah metode kooperatif Jigsaw yang menuntut siswa
harus aktif dalam kelompok ahli, kelompok asal, maupun dalam presentasi.
Penelitian ini didesain dalam tiga siklus, dan setiap siklusnya
mencakup tahapan merencanakan tindakan, melaksanakan tindakan, observasi
dan refleksi.
Hasil
penelitian ini menunjukkan bahwa aktivitas siswa selama tiga siklus
selalu meningkat. Siswa yang aktif pada siklus I dalam kelompok ahli
terdapat 30%, dalam kelompok asal 32,5%, dan dalam presentasi 50%. Siswa
yang aktif pada siklus II dalam kelompok ahli 62%, dalam asal 75%, dan
dalam presentasi 77,5,5%. Siswa yang aktif pada siklus III dalam
kelompok ahli mencapai 97,5%, dalam kelompok asal 95%, dan dalam
presentasi mencapai 95%.
Hasil
tes keterampilan menulis menunjukkan nilai rerata kelas pada kondisi
awal adalah 60,0, dengan ketuntasan klasikal 35%, pada siklus I adalah
62,1 dengan ketuntasan klasikal 50,0 pada siklus II adalah 63,6 dengan
ketuntasan klasikal 80%, dan pada siklus III adalah 67,3 dengan
ketuntasan klasikal 100%.
Berdasarkan
hasil penelitian tersebut dapat disimpulkan bahwa 1) penggunaan metode
kooperatif Jigsaw dapat meningkatkan keaktivan siswa dalam
pembelajaran menulis siswa kelas VIII F SMP Negeri 2 Tanon tahun
pelajaran 2007/2008, 2) penggunaan metode Jigsaw dapat meningkatkan
hasil tes keterampilan menulis siswa kelas VIII F SMP Negeri 2 Tanon
tahun pelajaran 2007/008.
DAFTAR PUSTAKA
Arends, Richard I. 1997. Classroom Instruction and Management. Central Connecticut State University : The Mcgraw-Hill Companies Inc.
Badudu J.S. 1985. Cakrawala Bahasa Indonesia. Jakarta : Gramedia.
Burhan Nurgiantoro. 2005. Penilaian dan Pengajaran Bahasa dan Sastra. Edisi Ketiga. Yogyakarta: PT BPFE.
Depdiknas. 2002a. Pendekatan Kontekstual (Con textual Teaching and Learning). Jakarta : Ditjen Dikdasmen.
Depdiknas. 2003. Standar Kompetensi Mata Pelajaran Bahasa Indonesia SMP dan MTs. Jakarta.
Depdiknas. 2004e. Pengembangan Kemampuan Menyinting, Materi Pelatihan Terintegrasi Bahasa Indonesia. Jakarta: Ditjen Dikdasmen.
Depdiknas. 2005. Penilaian Berbasis Kelas dalam Pelajaran Bahasa dan Sastra Indonesia, Materi Pelatihan Terintegrasi Bahasa Indonesia. Jakarta: Ditjen Dikdasmen.
Kemp, Jerrold, E. 1977. Instructional Design. California: Gleron Publishers.
Khaerudin
Kurniawan. Model Pengajaran Menulis Bahasa Indonesia bagi Penutur Asin
Tingkat Lanjut. PBS Universitas Negeri Yogyakarta.
http://www.ialf.edu/kipbipa/papers/khaerudinkurniawan.doc. Diakses, 22
Juni 2006.
Sarwiji Suwandi. 2004. Penilaian Portofolio dalam Pembelajaran Bahasa Indonesia.
Makalah Seminar Nasional Pembelajaran Bahasa Indonesia Berdasarkan
Kurikulum Berbasis Kompetensi. Surakarta: Universitas Sebelas Maret.
Slavin, Robert. 1995. Cooperative Learning Theory, Research, and Practice (second edition). Needham Heights, Massachusetts: A Simon & Schuster Company.
Sukmana. 2005. Menumbuhkan Budaya Menulis di Kalangan Siswa. Buletin Pusat Pebukuan, Volume 11, Januari-Juni 2005, Jakarta: Pusat Perbukuan.
0 komentar:
Posting Komentar