PTK SMP 017 : Meningkatkan Ketrampilan Siswa Kelas VIII C SMP 2 Gebog Kudus Tahun Pelajaran 2006/2007 Dalam Menyelesaikan Soal Cerita Pada Sistem Persamaan Linear Dua Variabel Melalui Penggunaan Langkah Polya
ABSTRAK
Pembelajaran
efektif adalah pembelajaran yang mampu mengubah perilaku peserta didik
yang meliputi pengetahuan, penalaran, kecakapan dan kebiasaan.
Pembelajaran matematika di sekolah mengemban tercapainya dua sasaran
yaitu (1) Terbentuknya karakter peserta didik yang logis, kritis,
rasional, cermat, efektif dan efisien dan (2) Implementasi hasil dalam
kehidupan seharihari dan pengembangan ilmu pengetahuan.
Menurut
pengamatan penulis sebagai guru matematika di SMP ini, sebagian besar
siswa kelas VIII tidak dapat menyelesaikan soal cerita dengan benar.
Bahkan dapat dikatakan bahwa soal cerita merupakan masalah, dipandang
dari sisi kemampuan menangkap makna kalimat maupun kemampuan menggunakan
prosedur penyelesaiannya. Di samping itu penyelenggaraan ujian nasional
yang menggunakan soal pilihan ganda dapat merangsang siswa untuk
menyelesaikan dengan jalan pintas. Hal ini menyebabkan siswa semakin alergi mengerjakan soal-soal cerita yang menantang dan menuntut pemikiran lebih tinggi.
Penelitian
ini berjudul “Meningkatkan Keterampilan Siswa Kelas VIII C SMP 2 Gebog
Kudus Tahun Pelajaran 2006/2007 dalam Menyelesaikan Soal Cerita pada
Sistem Persamaan Linear Dua Variabel melalui Penggunaan Langkah Polya”.
Tujuan
penelitian tersebut untuk meningkatkan keterampilan siswa kelas VIII C
SMP 2 Gebog Kudus Tahun Pelajaran 2006/2007 dalam menyelesaikan soal
cerita pada materi pokok Sistem Persamaan Linear Dua Variabel melalui
penggunaan langkah Polya. Untuk meningkatkan keterampilan siswa dalam
menyelesaikan soal cerita perlu ditekankan penggunaan langkah procedural
sebagaimana dianjurkan oleh George Polya yaitu memahami masalah,
menyusun rencana penyelesaian, melaksanakan rencana penyelesaian dan
memeriksa hasil yang diperoleh.
Penelitian
ini terlaksana dalam dua siklus. Pada siklus I diperoleh hasil bahwa
keterampilan siswa dalam menyelesaikan soal cerita Sistem Persamaan
Linear Dua Variabel belum maksimal. Persentase keterampilan mencapai 45% dan ketuntasan belajar mencapai 42,5%. Pada siklus II setelah dilakukan refleksi dan pembenahan, diperoleh hasil persentase keterampilan sebesar 75% sedangkan ketuntasan belajar mencapai 77,5%. Dengan demikian keterampilan siswa meningkat 30% dan ketuntasan belajar meningkat 35%.
Dari penelitian ini diperoleh simpulan bahwa melalui penggunaan langkah
Polya, keterampilan siswa kelas VIII C SMP 2 Gebog Kudus Tahun
Pelajaran 2006/2007 dalam menyelesaikan soal cerita sistem persamaan
linear dua variabe dapat ditingkatkan.
Akhirnya penulis menyarankan kepada guru matematika kelas VIII SMP 2
Gebog
Kudus untuk dapat menggunakan langkah Polya dalam pembelajaran
berkaitan dengan soal cerita sehingga siswa dapat menyelesikan soal
secara sistematis.
DAFTAR PUSTAKA
Bawadiman. 1997. Peranan Pendidikan Matematika dalam Era Globalisasi. (Makalah Seminar ) FPMIPA IKIP Semarang.
Departemen Pendidikan Nasional. 2004. Pelajaran Matematika SMP Kelas VIII. Edisi ke-2 Jakarta.
Departemen Pendidikan Nasional. 2005. Penilaian Pembelajaran Matematika Bentuk Tes. Materi Pelatihan Terintegrasi. Buku 3. Jakarta.
Suherman, Erman, dkk. 2003. Strategi Pembelajaran Matematika Kontemporer. Bandung: Universitas Pendidikan Indonesia.
Shadiq, Fadjar. 2004. Penalaran, Pemecahan Masalah dan Komunikasi dalam Pembelajaran Matematika. (Makalah Diklat Instruktur/Pengembang Matematika SMP Jenjang Dasar) PPPG Matematika Yogyakarta.
Hudojo, Herman. 2003. Pengembangan Kurikulum dan Pembelajaran Matematika. FPMIPA Unversitas Negeri Malang.
Musser, L Gary & Burger. 1993. Mathematic for Elementary Teachers. New Jersey Prestice Hall.
Peraturan Menteri Pendidikan Nasional Nomor 22 Tahun 2006 tentang Standar Isi Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan. 2006. Jakarta.
Peraturan Menteri Pendidikan Nasional Nomor 45 Tahun 2006 tentang Ujian Nasional Tahun Pelajaran 2006/2007. 2006. Jakarta
Sudjana. 1989. Cara Belajar Siswa Aktif dalam Proses Belajar Mengajar. Cetakan ke-2 Bandung: Sinar Baru Algesindo.
Suyitno, Amin. 2006. Penelitian Tindakan Kelas untuk Penyusunan Skripsi (Petunjuk Praktis). Semarang: Universitas Negeri Semarang
Zaelani, Ahmad, dkk. 2006. Pendalaman Kompetensi Matematika dan Uji Latih Mandiri Untuk Kelas VIII SMP. Bandung. Yrama Widya.
0 komentar:
Posting Komentar