PTK SD 081 = Pd 534 : Penggunaan Metode Sosiodrama Dalam Meningkatkan Keterampilan Berbicara Siswa Kelas VI SDN Pingkuk 4 Kecamatan Bendo Kabupaten Magetan Tahun Pelajaran 2008/2009
ABSTRAK
xxxxxxxxxxxxx 2009.
Penggunaan Metode Sosiodrama Dalam Meningkatkan Keterampilan Berbicara
Siswa Kelas VI SDN Pingkuk 4 Kecamatan Bendo Kabupaten Magetan Tahun
Pelajaran 2008/2009. Pendidikan
Bahasa dan Sastra Indonesia, FPBS, IKIP PGRI Madiun. Pembimbing (I)
Drs. Bambang Eko Hari Cahyono, M.Pd, (2) Elen Inderasari, S.Pd.,M.Pd.
Kata kunci : penguasaan kosakata dan keterampilan berbicara
Berdasarkan
rumusan masalah penelitian ini bertujuan untuk mengetahui upaya
peningkatan keterampilan berbicara melalui penggunaan metode sosiodrama
siswa kelas VI SDN Pingkuk 4 Kecamatan Bendo, Kabupaten Magetan tahun
pelajaran 2008/2009.
Alat
pengumpul data yang dipakai dalam penelitian ini antara lain: Gagatan
guur, catatan siswa, rekaman tape recorder, wawancara, angket dan
berbagai dan berbagai dokumen yang terkait dengan siswa.
Aspek
yang diamati dalam setiap siklusnya adalah kegiatan atau aktifitas
siswa saat materi pembelajaran berbicara dengan metode sosiodrama
(bermain peran) untuk melihat perubahan perilaku siswa, untuk mengetahui
tingkat tingkat keterampilan berbicara siswa yang akan berpengaruh
terhadap hasil belajar dengan alat pengumpul data yang sudah disebutkan
di atas.
Data yang diambil adalah data dari hasil tes, presensi, nilai tugas serta data
DAFTAR PUSTAKA
Depdikbud. 1994. Petunjuk Pelaksanan Kegiatan Belajar Mengajar Sekolah Dasar. Jakarta: Depdikbud.
Depdiknas. 2008. Pedoman Penulisan Karya Ilrniah. Madiun: IKIP Madiun.
Gorys Keraf. 1996. Komposisi Sebuah Pengantar Kemahiran Berbahasa. Ende Flores: Nusa Indah.
Henri Guntur Tarigan. 1990 Menulis Paragraf Bandung: Angkasa.
Harimurti Kridalaksana. 1989. pembentukan kata dalam bahasa Indonesia. Jakarta: PT. Gramedia.
J. Sima Tupang. 1993. inilah bahasa Indonesia yang benar III. Jakarta: PT Gramedia.
Mohamad Ali. 1994. Penelitian Kependidikan Prosedur dan Sirategi. Bandung: Penerbit Angkasa.
M. Ramlan. 1992. Morfologi suatu tinjauan dislakiptif. Yogyakarta: CV. Kuyono.
Moh Thainrin Mujiar,to dan Yusuf S.Y.M. 1995. Dasar Ketrampilan Menulis. Tim Pengkajian Bahasa Indonesia.
Raka.Toni. 1996. Pengukuran dan Penelitian Pendidikan. Surabaya: Karya Anda.
Sutrisno Padi. 1991. Metodologi Risert Jilid III. Yogyakarta: Yayasan Penerbit Andi Ofset.
Suharsimi Arikunto. 1995. Prosedur Penelitian suatu pendekatan praktis. Jakarta: PT. Bina Aksara
Tim Penyiisunan Kurikulum Pemerintah Propinsi Jawa Timur. 2002. Penyusunan GBPP Sisterrt Semester Selcolah Dasar (SD). Surabaya: Depdikbud.
Tim Penata Bidang Pendidikan Dasar. Kurikulum SD 1994 (disesuaikan dengan suplemen GBPP 1999) GBPP Kelas V SD. Kantor Depdiknas Jawa Timur.
http.-//id.wikipedia.org/wiki/Kosakata, diakses, 8 Desember 2009).
(htt://pondokbahasa.wordpress.corn/2008/08/0'l/tuntutan-pengembangankosakata , diakses 18 Desember 2009).
Untuk mendapatkan file lengkap hubungi/ sms ke HP. 089 679 540 116
0 komentar:
Posting Komentar