PTK SMP 073 : Penerapan Hasil Stylasi Secara Variatif Dalam Bentuk Motif Untuk Menggambar Design Seni Batik Guna Meningkatkan Kualitas Belajar Seni Rupa Kelas VIII C SMPN xxx Tahun 2005
BAB I
PENDAHULUAN
A.
Latar Belakang Masalah
Pembangunan sumber daya manusia diperlukan demi kelangsungan pembangunan
nasional. Seni batik adalah karya seni rupa Indonesia asli warisan luhur nenek
moyang yang mampu mengangkat martabat bangsa Indonesia yang perlu dipertahankan
dan dikembangkan.\
Batik adalah gambar tulisan yang dibuat pada lembaran kain dengan bahan
lilin dan pewarna napfitol dan soga menggunakan alat canting dan atau kuas,
serta teknik tutup celup. Menggambar atau melukis dengan bahan lilin yang
dipanaskan menggunakan canting atau kuas disebut membatik. Seni batik dikenal
ada dua yaitu batik painting (batik lukis) dan batik printing (batik cap).
Untuk dapat mencipta karya seni batik yang baik, terlebih dahulu
harus mengenal motif. Dasar untuk mencipta motif yang memiliki nilai artistik
dan estitik adalah siswa harus memahami proses pengayaan bentuk (stylasi).
SMP Negeri XXX yang merupakan jenjang pendidikan menengah yang
diselenggarakan dalam rentang waktu tiga tahun untuk memberikan kemampuan
mewujudkan kreatifitas berkarya seni melalui proses pembuatan seni dengan
menggambar desan batik menggunakan rangkaian motif.
Berawal dari motif inilah siswa akan mampu menciptakan karya
seiring dengan perkembangan cipta, rasa dan karya yang dimiliki dalam bentuk
karya seni batik.
B.
Perumusan Masalah
Dari latar belakang masalah di atas maka perumusan masalah penelitian
ini sebagai berikut:
1.
Apa yang dilakukan siswa dalam mencipta motif yang baik?
2.
Bagaimana cara membuat desain batik yang baik?
C.
Tujuan Penelitian
Adapun tujuan penelitian ini berdasarkan latar belakang masalah
dan rumusan masalah yang dimaksud di atas penelitian ini bertujuan:
1.
Siswa mampu mencipta motif yang baik sesuai dengan kreatiifitasnya
menggunakan stylasi Distorsi, Diformasi dan Transformasi dari jenis tumbuhan,
hewan dan manusia.
2.
Siswa mampu menerapkan motif hasil ciptaannya ke dalam media gambar
serta merangkainya, sehingga menghasilkan karya seni yang artistik dan estetik.
D.
Manfaat Penelitian
Manfaat dari penelitian ini adalah sebagai berikut:
1.
Bagi peneliti, penelitian ini dapat memperluas pengetahuan tentang
macam ragam motif batik tradisional Indonesia.
2.
Hasil penelitian ini akan memberikan informasi bagi siswa tentang proses
pembuatan seni batik, sebagai sumber penelitian seni budaya yang perlu kita
lestarikan sampai saat ini dan siswa mampu mencipta karya inovatif dan
mengembangkan dengan baik.
DAFTAR PUSTAKA
Bambang Utoro, 1979. Pola-Pola Batik dan
Pewarnaan; Jakarta: Departemen Pendidikan dan Kebudayaan Nasional.
Martini dan RP Wrindio Dirdjoamiguno.1993.Belajar
Melukis Batik dan Motif-motif Batik. Yogyakarta: Nur Cahaya.
Muhammad Nazir.1988. Metode Penelitian:
Jakarta: Ghalia Indonesia.
Tini Nurhayati Suhartini. 2002. Makna
Simbolis Motif Batik Keraton Kasepuhan Cirebon. Cirebon.
Singarimbun, Masri.1985. Metode Penelitian
Sesuai LP3ES
Sugiarto, Setyobudi, Musoiful Faqih, Dyah
Purwani Styaningsih. 2005. Kesenian Untuk SMP. Jakarta. Erlangga.
Surahmad Winarno. 1982. Pengantar Penelitian
Ilmiah. Bandung.
Untuk Mendapatkan file lengkap silahkan hubungi/ sms ke HP. 089 679 540 116
0 komentar:
Posting Komentar