PTK SMP 009: Peningkatan Prestasi Belajar Siswa Kelas VIII F Pada Mata Pelajaran Matematika Melalui Kegiatan Kelompok Belajar Tutor Sebaya di SMP Negeri xxx
ABSTRAK
Penelitian ini bertolak dari rendahnya hasil belajar
pada mata pelajaran matematika. Hal ini terjadi karena siswa yang tidak lulus
pada ujian nasional serta siswa yang tidak naik kelas sebagian besar terganjal
pada mata pelajaran tersebut, ibaratnya mata pelajaran matemayika menjadikan
“momok” yang menakutkan bagi siswa. Dalam proses pembelajaran terkadang siswa
kurang bersemangat, tidak mau menanyakan hal-hal yang kurang jelas, takut salah
menjawab pertanyaan dari guru. Permasalahan tersebut diatasi dengan
melaksanakan Kegiatan Kelompok Belajar Tutor Sebaya (KKBTS). KKBTS adalah suatu
kegiatan belajar yang dilakukan bersama guna menyelesaikan persoalan-persoalan
yang berkaitan dengan belajar.
Penelitian ini bertujuan (1)
meningkatkan hasil belajar siswa mata pelajaran matematika pada kelas VIII F
SMP Negeri 22 Semarang. Hal ini dapat digambarkan adanya peningkatan nilai
rapor serta hasil ujian yang baik dan (2) memberdayakan siswa sebagai tutor
sebaya dalam kegiatan kelompok belajar, hal ini bertujuan untuk merubah sikap
dan perilaku belajar siswa baik di rumah maupun di sekolah kearah yang lebih
baik. Perubahan sikap tersebut misalnya motivasi belajar siswa meningkat, siswa
berani mengajukan pertanyaan, serta siswa berani menjawab pertanyaan guru saat
proses pembelajaran berlangsung.
Penelitian ini dilakukan menggunakan
disain penelitian tindakan kelas yang dirancang dengan dua siklus, yaitu
perencanaan, tindakan, pengamatan, dan refleksi. Sumber data penelitian adalah
siswa dan guru matematika, serta guru peneliti. Jenis datanya berupa kuantitatif
dan kualitatif. Pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara, jurnal
kegiatan siswa, tes hasil belajar. Analisis data kuantitatif menggunakan
analisis ststistik deskriptif dan data kualitatif menggunakan analisis
kategorial dan fungsional melalui model analisis interaktif.
Hasil penelitian menunjukkan
terdapat peningkatan hasil belajar mata pelajaran matematika kelas VIII F SMP
Negeri 22 Semarang. Peningkatan padsa siklus I mencapai 3,42 atau 9% dan
peningkatan pada siklus II mencapai 11,55 atau 30,40%. Peningkatan tersebut
juga diikuti perubahan sikap siswa dalam mengikuti pembelajaran. Perubahan
sikap tampak pada motivasi siswa, kemauan siswa mengajukan pertanyaan, serta
keberanian siswa menjawab pertanyaan guru saat proses pembelajaran berlangsung.
Dengan demikian dapat direkomendasikan agar KKBTS tidak hanya dilaksanakan pada
mata pelajaran matematika, tetapi dapat digunakan pada mata pelajaran lainnya.
DAFTAR PUSTAKA
Anti, Erman dan Marjohan. 1992. Bimbingan dan Konseling, Jakarta
: Dirjen Dikti
Budiyati, L.M., Ida Zulaeha, Siti Ida A. Mahmudah dan Markini. 2004. “Peningkatan
Kemampuan Berpikir Logis dalam Menulis Karya Tulis dengan Elemen Inquiry
Pendekatan CTL pada Siswa Kelas III SLTP 3 Ungaran”. Semarang : FBS Unnes
Hastuti, Sri., Mariyoto, Th. Indah Abrianisasi, Priti Uning Wiyati,
Siti Aisyah dan Retno Ambarwati. 2006. Modul
pelayanan Bimbingan dan Konseling, Semarang
: Sinar Jaya.
Hadikusumo, Kunaryo., Sadjad Sayuti, Achmad Rifai, Agus Salim dan
Budiyono. 1995. Pengantar Pendidikan.
Semarang : IKIP Semarang Press
Jaoharotun, Nur. 2002. “Keefektifan Layanan Bimbingan Belajar Dalam
Maningkatkan Prestasi Belajar Pada Bidang Studi Matematika Siswa Kelas I.2 SMU
Negeri I Pangkah Tegal Tahun Pelajaran 2001/2003”. Semarang : FIP Unnes
Prayitno, M. Surya, Thantawy R., Mungin Eddy Wibowo, Karnoto, dan Afif
Zamzani. 1997. Pelayanan Bimbingan dan
Konseling. Padang
: PT Ikrar Mandiriabadi
Prayitno. 1995. Layanan
Bimbingan dan Konseling Kelompok. Jakarta : Ghalia Ind onesia
Prayitno dan Erman Anti. 1994. Dasar-Dasar
Bimbingan dan Konseling. Jakarta
: Dirjen Dikti Depdikbud
Prayatno. 2003. “Upaya Meningkatkan Minat Belajar Mata Pelajaran
Matematika Melalui Bimbingan Belajar Pada Siswa Kelas V SD Negeri Pa reraja
Kecamatan Banjarharja Kabupaten Brebes tahun Pelajaran 2002/2004”. Semarang : FIP Unnes
Purwanto, M. Ngalim. 1991. Psikologi
Pendidikan. Bandung
: Remaja Rosdakarya
Untuk mendapatkan file lengkap silahkan hub/ sms ke HP. 089 679 540 116
0 komentar:
Posting Komentar