Rabu, 25 November 2015

PTK SMP 224 = Pd 855 : Perbandingan Antara Pembelajaran strategi The Power Of Two Dengan Strategi Question Students Have Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Bahasan Ekosistem Kelas VII SMP XXX Tahun ajaran 2010/2011

 PTK SMP 224 = Pd 855 : Perbandingan Antara Pembelajaran strategi The Power Of Two Dengan Strategi Question Students Have Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Bahasan Ekosistem Kelas VII SMP XXX Tahun ajaran 2010/2011





ABSTRAK
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan hasil belajar siswa yang menggunakan strategi The Power of Two dengan strategi Questions Students Have Untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada pokok bahasan Ekosistem kelas VII SMP N XXX tahun ajaran 2010/2011. Penelitian ini adalah penelitian eksperimen. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VII SMP Negeri XXX  semester 1, yang terdiri dari 8 kelas. Sampel yang digunakan sebanyak 3 kelas yaitu kelas VII E dan VII G sebagai kelas eksperimen dan kelas VII D sebagai kelas kontrol. Teknik sampling menggunakan Cluster Random Sampling. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan metode tes, dan metode dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah teknik analisis Non Parametrik yaitu Kruskal Wallis test  sebelumnya dilakukan uji prasyarat analisis yang menggunakan uji normalitas dan uji homogenitas. Dari hasil penelitian untuk a=5% dapat disimpulkan: Terdapat perbedaan hasil belajar siswa yang diberi pembelajaran dengan strategi The Power of Two dan strategi Questions Students Have pada pokok bahasan ekosistem  dengan nilai signifikan atau nilai probabilitas 0,021. Dari hasil belajar yang diperoleh strategi The Power of Two lebih baik dibandingkan strategi Questions Students Have yaitu 79,062 > 72,656.
Kata kunci: Hasil belajar, The Power of Two, Questions Students Have





DAFTAR PUSTAKA
Bagod Sudjadi dan Siti Laila. 2007. Biologi SMA/MA Kelas X. Jakarta: Yudhistira.
Conny Semiawan. 1992. Pendekatan Ketrampilan Proses. Jakarta : PT. Gramedia Widiasarana Indonesia.
Dasim Budimansyah. 2002. Modal Pembelajaran dan Penilaian. Bandung : Remaja Rosda Karya.
Dimyati dan Mudjiono. 1999. Belajar dan Pembelajaran. Jakarta : Rineka Cipta.
E. Mulyana. 2005. Menjadi Guru Profesional. Bandung : Remaja Rosda Karya.
Hasibuan dan Moedjiono. 1995. Proses Belajar Mengajar. Bandung : PT. Remaja Rosda Karya.
Hisyam Zaini, dkk. 2004.  Strategi Pembelajaran Aktif. Yogyakarta : CTSD.
Ibrahim. 2008. Model Pembelajaran Kooperatif. http://id.wikipedia.org./wiki/ (diakses tanggal 12 September 2010).
Komaruddin Hidayat. 2001. Active Learning. Yogyakarta : Yappendis.
Maryam Sudjoko. 1985. Pengajaran Biologi Secara Individual. Jakarta: UI Press.
Nurhadi. 2004. Kurikulum 2004. Jakarta : Gramedia Widia.
Oemar Hamalik. 2001. Proses Belajar Mengajar. Jakarta : Bumi Angkasa.
________________. 2003. Psikologi Belajar dan Mengajar. Bandung : Sinar Baru Algensindo.
Roestiyah N. K. 2001. Strategi Belajar Mengajar. Jakarta : Rineka Cipta.
Sanjaya, Wina. 2006. Strategi Pembelajaran Berorientasi Standar Proses Pendidikan. Jakarta: Kencana Prenada Media Group.
Slavin, Robert. 2008. Cooperative Learning Teori, Riset dan Praktik. Bandung : Nusa Media.
Sugiyono. 2010. Statistik Nonparametrik. Bandung : CV Alfabeta.
Suharsimi Arikunto. 1996. Prosedur Penilaian Suatu Pendekatan Proses. Jakarta : Bumi Angkasa.
________________. 2001. Prosedur Penilaian Suatu Pendekatan Proses. Jakarta : Bumi Angkasa.
Suharsimi Arikunto. 2006. Prosedur Penilaian Suatu Pendekatan Proses. Jakarta : Bumi Angkasa.
Sudjana, Nana. 2005. Dasar-Dasar Proses Belajar Mengajar. Bandung : Sinar Baru Algensindo.
________________.2006. Dasar-Dasar Proses Belajar Mengajar. Bandung : Sinar Baru Algensindo.                                                                                                                                                                                                                                                                                               
Suprijono, Agus. 2005. http://id.wikipedia.org./wiki/ (diakses tanggal 12 September 2010).
Syaiful Bahri Djamarah. 2002. Strategi Belajar Mengajar. Jakarta : Rineka Cipta.
Syaiful Sagala. 2003. Konsep dan Makna Pembelajaran. Bandung : PT. ALFA Beta.
Syamsuri, Istamar. 2007. IPA Biologi untuk SMP Kelas VII. Jakarta: Erlangga.



Untuk mendapatkan file lengkap silahkan hubungi/ sms ke HP. 089 679 540 116

0 komentar:

Posting Komentar