PTK SD 097 : Meningkatkan Kemampuan Menghitung Luas Bangun Ruang Melalui Benda Konkret Sekitar Siswa Kelas VI SDN Candipari II Porong
ABSTRAK
xxxxxxxxx, Meningkatkan Kemampuan Menghitung Luas Bangun Ruang Melalui Benda Konkret Sekitar Siswa Kelas VI SDN Candipari II Porong. Pembimbing: (1) Dra. Umi Dayati, M.Pd, (2) Drs. Harti Kartini, M.Pd.
Kata Kunci : Kemampuan Menghitung Luas, Bangun Ruang, Benda Konkret.
Matematika sebagai salah satu mata pelajaran yang diajarkan di SD
berfungsi untuk mengembangkan kemampuan berkomunikasi dengan
menggunakan bilangan, simbol-simbol, serta bertujuan untuk melatih cara
berfikir secara sistematis, logis, kritis, kreatif dan konsisten. Anak
diharapkan terampil menerapkannya dalam kehidupan sehari-hari, tetapi
kenyataan dilapangan anak-anak banyak mengalami kesulitan terutama
kemampuan menghitung luas permukaan bangun ruang. Agar kemampuan
menghitung luas di SD dapat ditingkatkan maka dapat memanfaatkan sumber
belajar sekitar siswa yang berupa benda-benda konkret. Dengan
menggunakan benda-benda konkret anak mampu melakukan aktivitas logis
dalam memecahkan masalah, hal itulah sebagai cara untuk mengatasi
permasalahan pembelajaran di SDN Candipari II Porong Sidoarjo.
Penelitian ini menggambarkan peningkatan kemampuan menghitung luas
permukaan bangun ruang. Kegiatan yang dilaksanakan memanfaatkan
benda-benda konkret sekitar siswa, dalam proses pembelajaran. Selain
itu mengidentifikasi kesulitan siswa untuk pemecahan masalah. Untuk
mencapai tujuan tersebut dilakukan penelitian tindakan kelas di kelas
VI SDN Candipari II Porong Sidoarjo. Data dari penelitian ini diperoleh
dengan metode observasi, wawancara, dan dokumentasi. Dalam
pelaksanaannya penelitian ini melibatkan teman lain sebagai pengamat
dan berkolaborasi dengan teman sejawat lainnya. Pelaksanaan kegiatan
penelitian dilakukan dengan tiga siklus tindakan dan fokus yang
berbeda. Siklus (1) dititik beratkan pada peningkatan kemampuan
menghitung luas permukaan kubus, (2) peningkatan kemampuan menghitung
luas permukaan balok, (3) keterampilan menghitung luas permukaan bangun
ruang dengan bermain. Setiap siklus terdiri dari tahapan-tahapan:
perencanaan, pemberian tindakan, melakukan observasi, pembuatan
analisis dan refleksi.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) Dengan melalui benda-benda
konkret sekitar siswa kemampuan siswa dalam berinteraksi dapat
ditingkatkan sehingga suasana kelas hidup. (2) Kegiatan pembelajaran
yang memberi kebebasan siswa untuk memanipulasi sumber belajar yakni
dengan benda-benda konkret dapat meningkatkan kemampuan mengukur
panjang dan menghitung luas permukaan bangun ruang, serta anak lebih
aktif, kreatif. (3) Kegiatan pembelajaran dengan melalui benda-benda
konkret sekitar siswa sesuai dengan karakter pembelajaran matematika,
dan sesuai dengan kesiapan daya pikir anak sehingga kemampuan
menghitung luas permukaan kubus dan balok dapat ditingkatkan.
Dengan mengacu pada temuan dari penelitian tindakan ini peneliti
menyarankan : (1) Dalam melaksanakan model pembelajaran matematika,
guru hendaknya memanfaatkan benda-benda konkret sekitar siswa sebagai
sumber belajar. (2) Hendaknya siswa diberi kesempatan yang
seluas-luasnya untuk memanipulasi benda-benda tersebut untuk mengukur,
melihat, mengamati dan membentuk, sehingga suasana kelas menjadi hidup.
(3) Apabila model pembelajaran ini dapat meningkatkan keahlian dan
meningkatkan kemampuan siswa, maka penggunaan benda-benda konkret dapat
juga diterapkan pada mata pelajaran yang lain.
DAFTAR RUJUKAN
Depdiknas. 2003. Penelitian Tindakan Kelas, Jakarta : Depdiknas
Depdiknas, 2004. Standar Kompetensi Mata Pelajaran kelas I s/d VI. Jakarta : Depdiknas.
Depdiknas, 2004. Kurikulum 2004 Pedoman Pengembangan silabus, model pembelajaran tematis SD. Jakarta : Depdiknas
Djamarah, 1997. Guru dan anak didik dalam interaksi edukatif. Jakarta : PT. Rineka Cipta.
Depdikbud, 1993. Kurikulum Pendidikan Dasar GBPP Matematika. Jakarta : Depdikbud.
Degeng, 1997. Strategi Pembelajaran Mengorganisasi isi dengan model elaborasi. Malang : IKIP MALANG
Gpirayana, Michana dkk. 2001. Sekoah Dasar Kajian Teori dan Praktek pendidikan. Malang. UM
Hamalik Oemar, 1980. Media Pendidikan. Bandung : Alumni
Karso, 2005. Pendidikan Matematika I. Jakarta : Pusat Pendidikan UT
Soedjadi, 1994. Kiat Pendidikan Matematika di Indonesia. Jakarta : Dikti
Untuk mendapatkan file lengkap hubungi/ sms ke HP. 089 679 540 116
0 komentar:
Posting Komentar