Senin, 23 November 2015

PTK SMP 070: Meningkatkan Prestasi Belajar Akidah Akhlak Melalui Penerapan Model Pembelajaran Mastery Learning (Belajar Tuntas) di Kelas VII-A MTs XXX

 PTK SMP 070: Meningkatkan Prestasi Belajar Akidah Akhlak Melalui Penerapan Model Pembelajaran Mastery Learning (Belajar Tuntas) di Kelas VII-A MTs XXX



ABSTRAK
 “Meningkatkan Prestasi Belajar Akidah Akhlak Melalui Penerapan Model Pembelajaran Mastery Learning (Belajar Tuntas) di Kelas VII-A MTs XXX
Berdasarkan latar belakang bahwa peserta didik dipandang dalam kegiatan pembelajaran sebagai individu dan sosial. Setiap peserta didik memiliki perbedaan minat (interest), kemampuan (ability), kesenangan (preference), pengalaman (experience), dan cara belajar (learning style). Sehingga guru disamping memikirkan bahan pelajaran, hendaklah ia memikirkan cara agar mudah dimengerti dan dapat meningkatkan prestasi. Salah satu metodenya adalah dengan Mastery Learning (belajar tuntas).
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui strategi guru menggunakan Mastery Learning dalam pembelajaran akidah akhlak di MTs. XXX dan untuk mengetahui daya serap peserta didik dalam pembelajaran akidah akhlak dengan Mastery Learning.
Berpijak dari masalah yang ada, pembelajaran Mastery Learning dalam mata pelajaran akidah Akhlak harus disesuaikan dengan karakteristik penguasaan materi yang dipelajari. Menurut hasil pengamatan dan observasi di lapangan khususnya di MTs. XXX, fenomena yang terjadi dewasa ini cenderung adanya penurunan prestasi belajar siswa. Hal ini disebabkan oleh beberapa faktor, baik intern maupun ekstern. Salah satu yang menjadi faktor menurunnya siswa adalah metode yang digunakan guru dalam proses belajar mengajar, sehingga hal ini membuat peneliti untuk mencoba menggunakan Mastery Learning untuk meningkatkan prestasi siswa.
Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif yang menggunakan alat pengumpul datanya dengan observasi, wawancara dan tes. Pendekatan analisis yang digunakan adalah pendekatan kualitatif.
Berdasarkan hasil pengolahan data, ditemukan hasil prosentasi dari para siklus adalah sebagai berikut:
-          Pra-Siklus, nilai rata-rata hasil prestasi belajar siswa adalah 62,71%
-          Siklus I, dihasilkan nilai rata-ratanya adalah 75,57%
-          Siklus II, dihasilkan nilai rata-ratanya adalah 80%




DAFTAR PUSTAKA
Arikunto, Suharsimi, (2006), Prosedur Penelitian: Suatu Pendekatan Praktek, Yogyakarta: Rineka Cipta.
Arsyad, Azhar, (1997), Media Pengajaran, Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada.
Darsono, Max, dkk., (2001), Metodologi Pendidikan Agama Islam, Jakarta: Direktorat Jendral Kelembagaan Agama Islam.
Dimyati dan Mudjiono, (2006), Belajar dan Pembelajaran, Jakarta: Rineka Cipta.
Hadi, Nur, (2002), Pendekatan Kontekstual, Jakarta: Depdiknas.
Harjanto, (2006), Perencanaan Pembelajaran, Jakarta: Rineka Cipta.
Hamalik, Oemar, (2007), Proses Belajar Mengajar, Bandung: Bumi Aksara.
Ibrahim, dkk., (2003), Perencanaan Pengajaran, Jakarta: Rineka Cipta.
Mulyasa, E., (2004), Kurikulum Berbasis Kompetensi, Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.
Mohadjir, Noeng, (2002), Ilmu Pendidikan dan Perubahan Sosial: Suatu Teori Pendidikan Pelaku Sosial Kreatif, Yogyakarta: Rake Sarasin.
Mulyana, E., (2006), Kurikulum Berbasis Kompetensi, Konsep, Karakteristik dan Konsep, Bandung: Remaja Rosdakarya.
Muslich, (2007), KTSP, Dasar Pemahaman dan Pengembangan, Jakarta: Bumi Aksara.
Nurkencana, Wayan dan PPN Sunartana, (1986), Evaluasi Pendidikan, Surabaya: Usaha Nasional.
Nurdin, Syafruddin, (2005), Guru Profesional dan Implementasi Kurikulum, Jakarta: Kuantum Teaching.
Nur Hadi, (2002), Pendekatan Kontekstual, Depdiknas: Jakarta.
Naim, Ngainun, (2007), Materi Penyusunan Desain Pembelajaran Pendidikan Agama Islam, Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
Nasution, S., (2005), Berbagai Pendekatan dalam Proses Belajar Mengajar, Bandung: Bumi Aksara.
Sanjaya, Wina, (2007), Strategi Pembelajaran Berorientasi Standar Proses Pendidikan, Jakarta: Prenada Media Group.
Sudarman, (2000), Interaksi dan Motivasi Belajar Mengajar, Jakarta: Rajawali.
Sudjana, Nana, (2001), Media Pengajaran, Bandung: Sinar Baru Algesindo.
Sudjana, Nana, (2001), Dasar-dasar Proses Belajar Mengajar, Bandung: Sinar Baru Algesindo.
Sudjana, Nana, (2006), Penilaian Hasil Belajar, Bandung, Remaja Rosda Karya.
Sugiyono, (2006), Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitaif, Kualitatif, dan R & D, Bandung: Alfabeta.
Wardani, I.G.A.K., (2004), Pemantapan Kemampuan Guru Mengajar, Jakarta: Pusat Penerbitan Universitas Terbuka.
Waridjan, (1991), Tes Hasil Belajar Gaya Objektif, Semarang: IKIP Semarang Press.
Warji R, (1983), Program Belajar Mengajar Dengan Prinsip Belajar Tuntas (Mastery Learning), Surabaya: Institut Dagang.
Winkel, WS., (1996), Psikologi Belajar, Jakarta: Gramedia.
Yamin, Martinis, (2007), Profesional Guru dan Implementasi KTSP, Jakarta: Gaung Persada Press.
Zayadi, (2005), Tadzkirah Pembelajaran Pendidikan Agama Islam Berdasarkan Pendekatan Kontekstual, Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada.
Zuhairini, (1998), Metodologi Pendidikan Agama, Surabaya: Usaha Nasional.






Untuk Mendapatkan file lengkap silahkan hubungi/ sms ke HP. 089 679 540 116

0 komentar:

Posting Komentar