PTK SD 44 = Pd 448 : Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas VI SD Negeri Blubuk 01 Kecamatan Dukuhwaru Kabupaten Tegal pada Pokok Bahasan Kelipatan Persekutuan Terkecil (KPK) dan Faktor Persekutuan Terbesar (FPB) Melalui Pemanfaatan Kelompok Belajar
ABSTRAK
xxxxxxxxxxx
“Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas VI SD Negeri Blubuk 01
Kecamatan Dukuhwaru Kabupaten Tegal pada Pokok Bahasan Kelipatan
Persekutuan Terkecil (KPK) dan Faktor Persekutuan Terbesar (FPB) Melalui
Pemanfaatan Kelompok Belajar”.
Pemilihan
judul ini berdasarkan pengalaman di lapangan bahwa prestasi belajar
matematika siswa kelas VI SD Negeri Blubuk 01 nilai rata-ratanya masih
berkisar 5,6. Lebih khusus lagi siswa belum bisa menerapkan cara mencari
kelipatan persekutuan terkecil dan faktor persekutuan terbesar dengan
benar. Melalui pemanfaatan kelompok belajar, diharapkan siswa akan lebih
mudah mengatasi masalah yang ada dalam proses pembelajaran matematika.
Rumusan
masalah pada penelitian ini apakah hasil belajar siswa kelas VI SD
Negeri Blubuk 01 Kecamatan Dukuhwaru Kabupaten Tegal pada pokok bahasan
kelipatan persekutuan terkecil (KPK) dan faktor persekutuan terbesar
(FPB) dapat ditingkatkan?
Tujuan
penelitian ini adalah meningkatkan hasil belajar dengan memanfaatkan
kelompok-kelompok yang ada dapat menyelesaikan soal matematika tentang
kelipatan persekutuan terkecil (KPK) dan faktor persekutuan terbesar
(FPB). Dan menghadapi berbagai masalah yang dihadapi siswa serta
merencanakan tindakan yang harus dilakukan oleh guru. Maka diharapkan
siswa lebih mudah dalam menyelesaikan soal-soal tentang kelipatan
persekutuan terkecil (KPK) dan faktor persekutuan terbesar (FPB).
Penelitian
tindakan kelas ini, ditempuh dalam tiga siklus. Setiap siklusnya
terdiri dari 4 tahapan yaitu perencanaan, pelaksanaan tindakan,
pengamatan serta refleksi. Tindakan penelitian dalam setiap siklus
dilakukan dengan cara memanfaatkan kelompok belajar yang ada untuk
menyelesaikan soal matematika tentang kelipatan persekutuan terkecil
(KPK) dan faktor persekutuan terbesar (FPB). Adapun yang menjadi subyek
penelitian adalah siswa kelas VI SD Negeri Blubuk 01 Kecamatan Dukuhwaru
Kebupaten Tegal tahun pelajaran 2005/2006 yang terdiri dari 31 siswa.
Hasil yang diperoleh setelah dilakukan penelitian tindakan kelas adalah sebagai berikut.
1. Keaktifan menunjukkan keadaan yang lebih kondusif dibandingkan keadaan sebelumnya.
2. Prosentase
ketuntasan belajar siswa secara klasikal pada siklus I hanya mencapai
29% sehingga perlu adanya usaha peningkatkan pada siklus II dengan
tindakan perbaikan dan hasilnya mencapai 39%, keadan tersebut masih
perlu diadakan perbaikan pada siklus III, pada tahap ini ketuntasan
telah mencapai 68%.
Simpulan
yang dapat diambil dari penelitian tindakan kelas ini adalah dengan
memanfaatkan kelompok belajar dapat meningkatkan hasil belajar siswa
dalam menentukan kelipatan persekutuan terkecil (KPK) dan faktor
persekutuan terbesar (FPB). Demikian pula dalam proses pembelajaran,
kemampuan siswa dalam mengemukakan pendapat dan bekerja sama dalam
kelompoknya menunjukkan keadaan yang lebih baik. Serta kemampuan guru
dalam kegiatan belajar mengajar lebih meningkat pula.
Saran,
sebaiknya dalam proses pembelajaran kelipatan persekutuan (KPK) dan
faktor persekutuan terbesar (FPB) di SDN Blubuk 0l Kecamatan Dukuhwaru
Kabupaten Tegal pada kelas VI dapat memanfaatkan kelompok belajar.
DAFTAR PUSTAKA
1994. Kurikulum Pendidikan Dasar. Garis-Garis Besar Program Pengajaran Kelas VI SD. Jakarta: Depdikbud.
1999/2000. Petunjuk Pelaksanaan Kegiatan Belajar Mengajar Kelas VI Sekolah Dasar. Jakarta: Depdikbud.
2004. Petunjuk Penulisan Karya Ilmiah Remaja. Semarang.
Aji, Mukti, M. 1997. Matematika Sekolah Untuk Kelas VI. Jakarta: PT Intan Pariwara.
Akhmadi, Abu. 1986. Metodologi Mengajar. Malang: IKIP Malang.
Depdikbud. 1998. Pedoman Pembinaan Profesional Guru Sekolah Dasar dan Menengah. Jakarta: Depdikbud.
Dimyati. 1999. Proses Belajar Mengajar. Jakarta: Gramedia.
Fontana. 1981. Tenaga Kependidikan Profesional. Jakarta: Depdikbud.
Hadoyo, Herman. 1990. Mengajar Belajar Matematika. Jakarta: Depdikbud.
Natawijaya, Rochman. 1984. Pengajaran Remedial. Jakarta: Depdikbud.
Oemar, Hamalik. 2001. Proses Belajar Mengajar. Jakarta: PT. Bumi Aksara.
Sunarto. 1984. Perkembangan Peserta Didik. Jakarta: Depdikbud.
Suyitno, Amin. 2004. Dasar-dasar dan Proses Pembelajaran Matemaika I. Bahan Ajar Program S1 Pendidikan Matematika Konsrentrasi Pendidikan Dasar. Semarang: UNNES.
Sulardi. 1999. Pandai Berhitung Matematika. Suplemen Garis-Garis Besar Program Pengajajaran 1999. Jakarta: PT. Erlangga.
Zaini, Hisyam. 2002. Model Pembelajaran. Jakarta: Depdikbud.
Untuk mendapatkan file lengkap hubungi/ sms ke HP. 089 679 540 116
0 komentar:
Posting Komentar