PTK SD 41 = Pd 445 : Upaya Meningkatkan Prestasi Belajar Siswa Kelas III SD Negeri Surokidul 01 Kabupaten Tegal Pokok Bahasan Penjumlahan Dan Pengurangan Bentuk Soal Cerita Melalui Metode Polya.
ABSTRAK
xxxxxxxxxx,
Upaya Meningkatkan Prestasi Belajar Siswa Kelas III SD Negeri
Surokidul 01 Kabupaten Tegal Pokok Bahasan Penjumlahan Dan Pengurangan
Bentuk Soal Cerita Melalui Metode Polya.
Berdasarkan
pengamatan peneliti sebagai guru kelas III, bahwa hasil ulangan pada
pokok bahasan penjumlahan dan pengurangan terutama berbentuk soal
cerita, siswa yang mengalami kesulitan sebanyak 65% dari 40 siswa, yaitu
hasil belajar yang masih dibawah rata-rata (kurang dari lima) yaitu
4,7. Dengan kata lain kesulitan belajar dalam menyelesaikan soal cerita
baik pada proses pengerjaan maupun pada hasil yang dicapai belum
menunjukkan hasil sesuai dengan apa yang diharapkan.
Rumusan
masalah dalam penelitian ini adalah Apakah dengan menggunakan metode
Polya dapat meningkatkan kemampuan siswa dalam menyelesaikan soal cerita
pada Pokok Bahasan Penjumlahan dan Pengurangan di kelas III semester I
SD Negeri Surokidul 01 Kabupaten Tegal”.
Tujuan
penelitian ini adalah untuk meningkatkan kemampuan siswa dalam
menyelesaikan soal cerita pada Pokok Bahasan Penjumlahan dan Pengurangan
dengan menggunakan metode Polya di kelas III semester I SD Negeri
Surokidul 01 Kabupaten Tegal”.
Penelitian
dilaksanakan di kelas III SD Negeri Surokidul 01, sebanyak tiga
siklus. Setiap siklus kegiatan penelitian meliputi perencanaan,
tindakan, pengamatan dan refleksi. Subyek penelitian adalah 40 siswa,
metode pengumpulan data yang digunakan adalah pengamatan dan tes hasil
belajar setiap akhir siklus, indikator keberhasilan secara individual
yaitu mencapai nilai 7,5 dan klasikal yang mencapai nilai 7,5 sebanyak
75% lebih dikatakan berhasil.
Hasil-hasil
penelitian ini adalah bahwa dengan menggunakan langkahlangkah Polya,
kemampuan siswa dalam menyelesaikan soal cerita dapat ditingkatkan,
peningkatan kemampuan siswa siklus I dengan rata-rata 5,7 menjadi 6,8
pada akhir siklus II dan akhir siklus III meningkat menjadi 8,5.
Partisipasi siswa dalam KBM Matematika yang aktif pada siklus I sebesar
54.36%, pada siklus II menjadi 76.1% dan siklus III mencapai 92%, Daya
serap siswa pada akhir siklus III yang mendapat nilai 7,5 ke atas
sebesar 92 % dikatakan tuntas belajar.
Simpulan
hasil penelitian ini yaitu dengan menggunakan metode Polya prestasi
belajar siswa dapat ditingkatkan. Saran yang perlu disampaikan kaitannya
hasil penelitian ini adalah Pembelajaran cara menyelesaikan pengerjaan
hitung campuran dalam bentuk soal cerita guru disarankan untuk
menggunakan metode Polya.
Untuk mendapatkan file lengkap hubungi/ sms ke HP. 089 679 540 116
0 komentar:
Posting Komentar