Rabu, 18 November 2015

PTK SMP 016 = Pd 441 : Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas VIII A SMP I Kaliwungu Kudus Tahun Pelajaran 2006-2007 Dalam Menyelesaikan Soal-Soal Pada Materi Pokok Sistem Persamaan Linear Dua Variabel Melalui Implementasi Pembelajaran Kooperatif Dengan Tutor Sebaya

 PTK SMP 016 = Pd 441 : Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas VIII A SMP I Kaliwungu Kudus Tahun Pelajaran 2006-2007 Dalam Menyelesaikan Soal-Soal Pada Materi Pokok Sistem Persamaan Linear Dua Variabel Melalui Implementasi Pembelajaran Kooperatif Dengan Tutor Sebaya



 

ABSTRAK

Latar belakang penelitian tindakan kelas ini dilakukan karena hasil belajar Matematika siswa kelas VIII SMP 1 Kaliwungu Kudus masih rendah terutama dalam menyelesaikan soal-soal pada Materi Pokok Sistem Persamaan Linear Dua Variabel (SPLDV). Oleh karena itu perlu suatu upaya untuk meningkatkan hasil belajar Matematika tersebut yaitu melalui implementasi pembelajaran kooperatif dengan tutor sebaya.
Dengan demikian muncul permasalahan “Apakah melalui implementasi pembelajaran dengan tutor sebaya mampu meningkatkan hasil belajar siswa kelas VIII A dalam menyelesaikan soal-soal pada materi pokok SPLDV ?”. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan hasil belajar siswa kelas VIII A SMP 1 Kaliwungu Kudus tahun pelajaran 2006-2007 dalam menyelesaikan soal-soal pada materi pokok SPLDV melalui implementasi pembelajaran kooperatif dengan tutor sebaya.
Subyek penelitian ini adalah siswa kelas VIII A SMP 1 Kaliwungu Kudus sebanyak 40 orang, seorang guru Matematika dan seorang pengamat. Data yang dikumpulkan meliputi : hasil belajar siswa, hasil observasi guru, hasil observasi siswa. Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang dilaksanakan dalam dua siklus. Tiap siklus meliputi 4 (empat) tahap yaitu : perencanaan, pelaksanaan tindakan, pengamatan (observasi) dan refleksi. Pada penelitian ini dikatakan berhasil apabila sekurang-kurangnya 75% siswa memperoleh nilai 6,0.
Hasil penelitian ini dapat dilihat dalam tabel sebagai berikut:
Siklus
Hasil belajar siswa
Nilai Rata-rata
Prosentase ketuntasan
I
5,7
55%
II
6,57
81,08%
Dari tabel diatas jelas menunjukkan bahwa pada siklus I hasil belajar belum sesuai harapan yang berarti indikator keberhasilan belum tercapai sedangkan pada siklus II hasil belajar sudah sesuai harapan yang berarti indikator keberhasilan sudah tercapai.
Berdasarkan analisis hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa melalui implementasi pembelajaran kooperatif dengan tutor sebaya dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas VIII A SMP 1 Kaliwungu Kudus tahun pelajaran 2006-2007 dalam menyelesaikan soal-soal pada materi pokok SPLDV. Dengan demikian disarankan sebaiknya guru Matematika dalam proses belajar mengajar menggunakan model pembelajaran kooperatif dengan tutor sebaya agar hasil belajar siswa menjadi lebih baik.


DAFTAR PUSTAKA
Anonim. 2006. Model-Model Pembelajaran. Revitalisai.
Djamarah, Syaiful Bahri. 2002. Strategi Belajar Mengajar. Jakarta : PT. Rineka Cipta.
Hudoyo, Herman. 1990. Mengajar Belajar Matematika. Jakarta : Depdikbud Dirjen Dikti P2LPTK.
Isdiyanto, Budi. 2003. Model Pembelajaran Kooperatif (Cooperative Learning) Makalah. Disajikan dalam LKGI Matematika Propinsi Jawa Tengah, 9-14 Juni 2003, di BPG Srondol Semarang.
Sari, Ika Marlita. 2005. Keefektifan Model Pembelajaran tutor Sebaya Terhadap Hasil belajar matematika Pokok Bahasan Persamaan Garis Lurus Siswa Kelas VIII SMPN 36 Semarang. Skripsi. Tidak dipublikasikan.
Sudjana, Nana. 1989. Proses Belajar Mengajar. Bandung : Sinar Baru.
Suherman, dkk. 2003. Strategi Pembelajaran Matematika Kontemporer. Bandung : JICA FMIPA Universitas Pendidikan Indonesia.
Yamin, Martinis. 2003. Strategi Pembelajaran Berbasis Kompetensi. Jambi : Ijaung Persada Pers.

 
Untuk mendapatkan file lengkap hubungi HP. 089 679 540 116

0 komentar:

Posting Komentar