PTK SMP 016 = Pd 441 : Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas VIII A SMP I Kaliwungu Kudus Tahun Pelajaran 2006-2007 Dalam Menyelesaikan Soal-Soal Pada Materi Pokok Sistem Persamaan Linear Dua Variabel Melalui Implementasi Pembelajaran Kooperatif Dengan Tutor Sebaya
ABSTRAK
Latar
belakang penelitian tindakan kelas ini dilakukan karena hasil belajar
Matematika siswa kelas VIII SMP 1 Kaliwungu Kudus masih rendah terutama
dalam menyelesaikan soal-soal pada Materi Pokok Sistem Persamaan Linear
Dua Variabel (SPLDV). Oleh karena itu perlu suatu upaya untuk
meningkatkan hasil belajar Matematika tersebut yaitu melalui
implementasi pembelajaran kooperatif dengan tutor sebaya.
Dengan
demikian muncul permasalahan “Apakah melalui implementasi pembelajaran
dengan tutor sebaya mampu meningkatkan hasil belajar siswa kelas VIII A
dalam menyelesaikan soal-soal pada materi pokok SPLDV ?”. Penelitian ini
bertujuan untuk mengetahui peningkatan hasil belajar siswa kelas VIII A
SMP 1 Kaliwungu Kudus tahun pelajaran 2006-2007 dalam menyelesaikan
soal-soal pada materi pokok SPLDV melalui implementasi pembelajaran
kooperatif dengan tutor sebaya.
Subyek
penelitian ini adalah siswa kelas VIII A SMP 1 Kaliwungu Kudus sebanyak
40 orang, seorang guru Matematika dan seorang pengamat. Data yang
dikumpulkan meliputi : hasil belajar siswa, hasil observasi guru, hasil
observasi siswa. Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas
(PTK) yang dilaksanakan dalam dua siklus. Tiap siklus meliputi 4 (empat)
tahap yaitu : perencanaan, pelaksanaan tindakan, pengamatan (observasi)
dan refleksi. Pada penelitian ini dikatakan berhasil apabila
sekurang-kurangnya 75% siswa memperoleh nilai ≥ 6,0.
Hasil penelitian ini dapat dilihat dalam tabel sebagai berikut:
Siklus
|
Hasil belajar siswa
| |
Nilai Rata-rata
|
Prosentase ketuntasan
| |
I
|
5,7
|
55%
|
II
|
6,57
|
81,08%
|
Dari
tabel diatas jelas menunjukkan bahwa pada siklus I hasil belajar belum
sesuai harapan yang berarti indikator keberhasilan belum tercapai
sedangkan pada siklus II hasil belajar sudah sesuai harapan yang berarti
indikator keberhasilan sudah tercapai.
Berdasarkan
analisis hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa melalui implementasi
pembelajaran kooperatif dengan tutor sebaya dapat meningkatkan hasil
belajar siswa kelas VIII A SMP 1 Kaliwungu Kudus tahun pelajaran
2006-2007 dalam menyelesaikan soal-soal pada materi pokok SPLDV. Dengan
demikian disarankan sebaiknya guru Matematika dalam proses belajar
mengajar menggunakan model pembelajaran kooperatif dengan tutor sebaya
agar hasil belajar siswa menjadi lebih baik.
DAFTAR PUSTAKA
Anonim. 2006. Model-Model Pembelajaran. Revitalisai.
Djamarah, Syaiful Bahri. 2002. Strategi Belajar Mengajar. Jakarta : PT. Rineka Cipta.
Hudoyo, Herman. 1990. Mengajar Belajar Matematika. Jakarta : Depdikbud Dirjen Dikti P2LPTK.
Isdiyanto, Budi. 2003. Model Pembelajaran Kooperatif (Cooperative Learning) Makalah. Disajikan dalam LKGI Matematika Propinsi Jawa Tengah, 9-14 Juni 2003, di BPG Srondol Semarang.
Sari,
Ika Marlita. 2005. Keefektifan Model Pembelajaran tutor Sebaya Terhadap
Hasil belajar matematika Pokok Bahasan Persamaan Garis Lurus Siswa
Kelas VIII SMPN 36 Semarang. Skripsi. Tidak dipublikasikan.
Sudjana, Nana. 1989. Proses Belajar Mengajar. Bandung : Sinar Baru.
Suherman, dkk. 2003. Strategi Pembelajaran Matematika Kontemporer. Bandung : JICA FMIPA Universitas Pendidikan Indonesia.
Yamin, Martinis. 2003. Strategi Pembelajaran Berbasis Kompetensi. Jambi : Ijaung Persada Pers.
0 komentar:
Posting Komentar