PTK SD 100 : Meningkatkan Kemampuan Siswa Kelas I Dalam Mengoperasionalkan Penujumlahan Dan Pengurangan Pada Mata Pelajaran Matematika Dengan Bantuan Benda-benda Kongkrit
ABSTRAK
xxxxxxxxxxxxxx. 2006 Meningkatkan Kemampuan Siswa
Kelas I Dalam Mengoperasionalkan Penujumlahan Dan Pengurangan Pada Mata
Pelajaran Matematika Dengan Bantuan Benda-benda Kongkrit. Pembimbing : (1) Dra Harti Kartini, M.Pd (2) Dra Umi Dayati, M.Pd.
Kata-kata Kunci : Penjumlahan, pengurangan, Metematika SD, Benda Kongkrit.
Pendidikan merupakan tanggung jawab keluarga sekolah
dan lingkungan. Keberhasilan pendidikan tiga komponen tersebut sangat
menentukan. Disamping tiga komponen tersebut, metode atau strategi
pembelajaran, alat-alat pembelajaran juga mutlak diperlukan. Rumusan
masalah dalam penelitian ini adalah bagaimana penggunaan benda-benda
kongkrit mampu meningkatkan kemampuan siswa Kelas I SDN Jimbaran Kulon
dalam mengoperasionalkan penjumlahan dan pengurangan pada mata
pelajaran Matematika. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan
kemampuan siswa dalam mengoperasionalkan penjumlahan dan pengurangan
dengan bantuan benda-benda kongkrit, juga diharapkan bermanfaat bagi
siswa, peneliti,maupun orang tua murid. Untuk mencapai tujuan tersebut
dilakukan penelitian tindakan kelas terhadap Siswa kelas I SDN Jimbaran
Kulon sebanyak 37 siswa yang dilakukan dalam 2 siklus.
Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah
pendekatan kualitatif yang menggambarkan masalah sebenarnya yang ada
dilapangan kemudian di refleksikan dan dianalisis berdasarkan teori
yang menunjang dilanjutkan dengan pelaksanaan penelitian dilapangan. Data yang diperoleh dalam penelitian ini melalui observasi pengamatan diskusi dan evaluasi.
Hasil penelitian ini menunjukkan peningkatan dari
kegiatan pratindakan, siklus I dan siklus II. Dalam penelitian
pratindakan siswa yang mengalami ketuntasan belajar sebanyak 35 %
setelah dilakukan tindakan dengan alat bantu benda-benda kongkrit.
Ketuntasan belajar siswa dalam siklus I naik menjadi 97 % dilanjutkan
siklus selanjutnya seluruh siswa mengalami ketuntasan belajar.
Kesimpulan yang dapat diambil adalah bahwa benda-benda
kongkrit dapat membantu siswa dalam mengoperasionalkan penjumlahan dan
pengurangan bilangan pada pembelajaran Matematika Kelas I, sehingga
prestasi belajar mengalami kemajuan. Temuan yang lain anak menjadi
senang, percaya diri dalam melakukan proses pembelajaran.
Dengan demikian dapat disarankan bahwa pelaksanaan
pendidikan hendaknya berwawasan lingkungan karena lingkungan banyak
menyediakan alat bantu yang murah, mudah didapat dan mudah dikenal anak
DAFTAR RUJUKAN
Hopkins. D, 1993. A Teacher Guide To Classroom Research Buckingham : Open Unuversity Press.
Hamalik, 2002. Pendekatan Guru Kurikulum Berbasis Kompetensi. Bandung : Algensondo
Meier.2002 Active Learning. Boston ; Allyn and Bacon.
Mulyasa E, 2002. Kurikulum Berbasis Kompetensi Bandung, Rosda Karya.
Purwodarminto, Prof.Dr. 1988. Kamus Bahasa Indonesia. Jakarta Dep Dik Bud.
Wardhani,2004. PPPG. Jakarta : LIPI
Untuk mendapatkan file lengkap hubungi/ sms ke HP. 089 679 540 116
0 komentar:
Posting Komentar