PTK SD 060 : Peningkatan Prestasi Belajar PAI dengan Diterapkannya Metode demonstrasi Pada Siswa Kelas IV SDN ABC Kec. Kota Jakarta Tahun Pelajaran 2009/2010
ABSTRAK
Nama Guru, 2009. Peningkatan
Prestasi Belajar PAI dengan Diterapkannya Metode demonstrasi Pada Siswa
Kelas IV SDN ABC Kec. Kota Jakarta Tahun Pelajaran 2009/2010.
Kata Kunci: pembelajaran pai, metode demonstrasi
Titik sentral yang harus dicapai oleh setiap kegiatan
belajar mengajar adalah tercapainya tujuan pengajaran. Apa pun yang
termasuk perangkat program pengajaran dituntut secara mutlak untuk
menunjang tercapainya tujuan. Guru tidak dibenarkan mengajar dengan
kemalasan. Anak didik pun diwajibkan mempunyai kreativitas yang tinggi
dalam belajar, bukan selalu menanti perintah guru. Kedua unsur manusiawi
ini juga beraktivitas tidak lain karena ingin mencapai tujuan secara
efektif dan efisien.
Penelitian ini berdasarkan permasalahan: (a) Baagimanakah
peningkatan prestasi belajar Pendidikan Agama Islam dengan
diterapkannya metode demonstrasi? (b) Bagaimanakah pengaruh metode
demonstrasi terhadap motivasi belajar Pendidikan Agama Islam?
Sedangkan tujuan dari penelitian ini adalah: (a)
Ingin mengetahui peningkatan prestasi belajar Pendidikan Agama Islam
setelah diterapkannya metode demonstrasi, (b) Ingin mengetahui pengaruh
motivasi belajar Pendidikan Agama Islam setelah diterapkan metode
demonstrasi.
Penelitian ini menggunakan penelitian tindakan (action research)
sebanyak tiga putaran. Setiap putaran terdiri dari empat tahap yaitu:
rancangan, kegiatan dan pengamatan, refleksi, dan refisi. Sasaran
penelitian ini adalah siswa Kelas IV SDN ABC Kec. Kota Jakarta. Data
yang diperoleh berupa hasil tes formatif, lembar observasi kegiatan
belajar mengajar.
Dari hasil analis didapatkan bahwa prestasi belajar
siswa mengalami peningkatan dari siklus I sampai siklus III yaitu,
siklus I (65,85%), siklus II (78,00%), siklus III 87,80%).
Simpulan dari penelitian ini adalah metode pengajaran
kontekstual model pengajaran berbasis masalah dapat berpengaruh positif
terhadap prestasi dan motivasi belajar Siswa SDN ABC Kec. Kota Jakarta,
serta model pembelajaran ini dapat digunakan sebagai salah satu
alternative pembelajaran Pendidikan Agama Islam.
DAFTAR PUSTAKA
Ali, Muhammad. 1996. Guru Dalam Proses Belajar Mengajar. Bandung: Sinar Baru Algesindon.
Arikunto,. 1993. Manajemen Mengajar Secara Manusiawi. Jakarta: Rineksa Cipta.
Arikunto, Suharsimi. 2001. Dasar-dasar Evaluasi Pendidikan. Jakarta: Bumi Aksara
Arikunto, Suharsimi. 2002. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktek. Jakarta: Rineksa Cipta.
Azhar, Lalu Muhammad. 1993. Proses Belajar Mengajar Pendidikan. Jakarta: Usaha Nasional
Daroeso, Bambang. 1989. Dasar dan Konsep Pendidikan Moral Pancasila. Semarang: Aneka Ilmu.
Djamarah, Syaiful Bahri. 2002. Strategi Belajar Mengajar. Jakarta: Rineksa Cipta.
Djamarah. Syaiful Bahri. 2002. Psikologi Belajar. Jakarta: Rineksa Cipta.
Hadi, Sutrisno. 1982. Metodologi Research, Jilid 1. Yogyakarta: YP. Fak. Psikologi UGM.
Hamalik, Oemar. 2002. Psikologi Belajar dan Mengajar. Bandung: Sinar Baru Algesindo.
Hasibuan. J.J. dan Moerdjiono. 1998. Proses Belajar Mengajar. Bandung: Remaja Rosdakarya.
Margono. 1997. Metodologi Penelitian Pendidikan. Jakarta. Rineksa Cipta.
Masriyah. 1999. Analisis Butir Tes. Surabaya: Universitas Press.
Ngalim, Purwanto M. 1990. Psikologi Pendidikan. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.
Nur, Moh. 2001. Pemotivasian Siswa untuk Belajar. Surabaya. University Press. Universitas Negeri Surabaya.
Ramayulis, 2004. Metodologi Pendidikan Agama Islam. Jakarta: Kalam Mulia
Rustiyah, N.K. 1991. Strategi Belajar Mengajar. Jakarta: Bina Aksara.
Sardiman, A.M. 1996. Interaksi dan Motivasi Belajar Mengajar. Jakarta: Bina Aksara.
Soekamto, Toeti. 1997. Teori Belajar dan Model Pembelajaran. Jakarta: PAU-PPAI, Universitas Terbuka.
Sukidin, dkk. 2002. Manajemen Penelitian Tindakan Kelas. Surabaya: Insan Cendekia.
Surakhmad, Winarno. 1990. Metode Pengajaran Nasional. Bandung: Jemmars.
Suryosubroto, B. 1997. Proses Belajar Mengajar di Sekolah. Jakarta: PT. Rineksa Cipta.
Syah, Muhibbin. 1995. Psikologi Pendidikan, Suatu Pendekatan Baru. Bandung: Remaja Rosdakarya.
Usman, Moh. Uzer. 2001. Menjadi Guru Profesional. Bandung: Remaja Rosdakarya.
Untuk mendapatkan file lengkap hubungi/ sms ke HP. 089 679 540 116
0 komentar:
Posting Komentar