PTK SD 025 : Pembelajaran Remedial Dengan Metode Diskusi dan Penggunaan Alat Peraga Peta untuk Meningkatkan Prestasi Belajar IPS Pokok Bahasan Pembagian Wilayah Waktu Indonesia pada Siswa Kelas V SD Negeri 03 Karanglo Semester I Tahun Pelajaran 2006/2007
ABSTRAK
Tujuan Penelitian ini adalah: “Untuk mengetahui pembelajaran remedial
dengan menggunakan metode diskusi dan penggunaan alat peraga peta dalam
meningkatkan prestasi belajar IPS pokok bahasan Pembagian Wilayah
Waktu Indonesia pada SD Negeri 03 Karanglo Semester I Tahun Pelajaran
2006/2007”
Penelitian ini mengambil lokasi di SD Negeri 03 Karanglo
Tawangmangu. Penelitian ini dilakukan dari tanggal 5 Agustus 2006
sampai dengan tanggal 5 November 2006. Subyek dalam Penelitian
Tindakan Kelas ini adalah siswa kelas V SD Negeri 03 Karanglo
Tawangmangu Tahun Pelajaran 2006/2007 yang berjumlah 28 siswa. Teknik
pengumpulan data dengan observasi, dokumentasi dan wawancara Analisis
Data dengan menggunakan analisis diskripsi kualitatif. Prosedur
penelitian dengan menggunakan metode Penelitian Tindakan Kelas (PTK)
terdiri dua siklus yaitu siklus I dan siklus II.
Hasil penelitian: Pada kondisi awal diperoleh hasil yang
tidak memuaskan dimana sebanyak 16 siswa atau 57,1% tidak tuntas
karena nilai prestasi belajarnya di bawah Kriteria Ketuntasan Minimal
(KKM) yaitu 65. Sedangkan siswa yang mempunyai nilai di atas KKM
sebanyak 12 siswa atau 42,9%. Untuk itu diadakan perbaikan
pembelajaran dengan menggunakan metode diskusi dan penggunaan alat
peraga. Siklus I
adalah sebanyak 20 siswa atau 71,4% tuntas, sedangkan 8 siswa atau
28,6% siswa tidak tuntas. Hal ini berarti ada peningkatan terhadap
ketuntasan belajar siswa. Tetapi tingkat ketuntasan ini masih di bawah
75%. Sementara rata-rata prestasi belajar 64,75 masih berada di bawah
rata-rata sesuai indikator keberhasilan yaitu 65, maka diadakan lagi
perbaikan pembelajaran dengan siklus II. Siklus II adalah sebanyak 65
siswa atau 81% tuntas dan 7 siswa atau 19% tidak tuntas. Hal ini berarti
ada peningkatan terhadap ketuntasan belajar siswa. Ketuntasan 81% yang
berada di atas 75% ini menandakan bahwa perbaikan pembelajaran pada
siklus II dengan menggunakan metode diskusi dan penggunaan alat peraga
telah berhasil. Berdasarkan
hasil Penelitian Tindakan Kelas tersebut maka dapat untuk menjawab
hipotesis tindakan sebagai berikut: “Pembelajaran remedial dengan
menggunakan metode diskusi dan alat peraga dapat meningkatkan prestasi
belajar IPS pada pokok bahasan Pembagian Wilayah Waktu Indonesia siswa
kelas V SD Negeri 03 Karanglo Tawangmangu Semester I Tahun Pelajaran
2006/2007”, terbukti kebenarannya.
DAFTAR PUSTAKA
Arifin Zaenal. 1990. Evaluasi Instruksional Prinsip Teknik Prosedur. Bandung : Remadja Rosda Karya Basuki Wibawa. 2003. Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta : Depdiknas Dirjend Pendidikan Dasar Menengah Direktorat Tenaga Kependidikan.
Dwi Tyas Utami, dkk. 2007. Ilmu Pengetahuan Sosial untuk SD Kelas V. Jakarta: Penerbit Esis.
Elizabeth B. Hurlock. 1990. Psikologi Perkembangan. Jakarta: Penerbit Gelora Aksara Pratama.
Gulo, W., 2002, Strategi Belajar-Mengajar, Jakarta : Penerbit PT. Gramedia Widiasarana Indonesia.
Hasibuan, J.J. dan Moedjiono, 2000, Proses Belajar Mengajar, Bandung, Penerbit PT. Remaja Rosdakarya.
Indrastuti, dkk. 2004. IPS Buana. Untuk Sekolah Dasar Kelas V. Bogor : Yudistira.
Kusmana Pachrudin, E., 1985, Proses Belajar Mengajar : Azas, Strategi, Metode, Jurusan Pendidikan Dunia Usaha, FPIPS IKIP Bandung.
Rini Budiharti. 2001, Strategi Belajar Mengajar. Surakarta : UNS Press.
Safari. 2003. Evaluasi Pembelajaran. Jakarta : Depdiknas Dirjend Pendidikan Dasar Menengah Direktorat Tenaga Kependidikan.
Suciati, dkk. 2005. Belajar dan Pembelajaran 2. Jakarta : Universitas Terbuka.
Udin S. Winata. Putra. 1997. Strategi Belajar Mengajar. Jakarta : Universitas Terbuka.
Wardani I.G.A.K. Siti Julaecha. Ngadi Marsinah. 2005. Pemantapan Kemampuan Profesional. Jakarta : Universitas Terbuka.
Winkel. W.S 1987. Psikologi Pengajaran. Jakarta : Gramedia
Untuk Mendapatkan File Lengkap silahkan Hubungi/ sms ke HP. 089 679 540 116
0 komentar:
Posting Komentar