Senin, 23 November 2015

PTK SMA 105 = Pd 800 : Peningkatan Keaktifan Siswa Dalam Pembelajaran Matematika Melalui Metode Inclusion (PTK Pada Siswa Kelas XI IPA SMA XXX)

 PTK SMA 105 = Pd 800 : Peningkatan Keaktifan Siswa Dalam Pembelajaran Matematika Melalui Metode Inclusion (PTK Pada Siswa Kelas XI IPA SMA XXX)






ABSTRAK
Penelitian ini bertujuan : 1). meningkatkan keaktifan siswa pada pembelajaran matematika melalui metode inclusion, 2). meningkatkan prestasi belajar siswa dalam pembelajaran matematika melalui metode inclusion. Jenis  penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) kolaboratif. Subyek penerima tindakan adalah siswa kelas XI IPA 2 SMA Negeri XXX tahun ajaran 2008/2009 yang berjumlah 40 siswa. Subyek pemberi tindakan adalah guru matematika kelas XI IPA 2 SMA Negeri XXX. Subyek yang membantu dalam penelitian adalah kepala sekolah SMA Negeri XXX, dan peneliti. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah metode observasi, tes, catatan lapangan, dan dokumentasi. Teknik analisis data dilaksanakan secara deskriptif kualitatif dengan metode alur. Hasil penelitian ini yaitu : 1). adanya peningkatan keaktifan siswa pada pembelajaran matematika meliputi: a) kemampuan siswa mengerjakan soal ke depan kelas sebelum tindakan sebesar 10,52% dan sesudah tindakan menjadi 37,5%. b) kemampuan siswa memberikan tanggapan sebelum adanya tindakan sebesar 18,42% dan sesudah tindakan mencapai 45%. c) kemampuan siswa dalam mengajukan ide sebelum tindakan sebesar 13,15% dan sesudah tindakan mencapai 32,5%. d) kemampuan siswa dalam membuat kesimpulan materi sebelum tindakan sebesar 21,05% dan sesudah tindakan mencapai 60%. e) kemampuan siswa dalam kerjasama kelompok sebelum tindakan sebesar 34,21 % dan sesudah tindakan mencapai 50%. 2). adanya peningkatan prestasi belajar siswa yang dinilai dari : a) kemampuan siswa mengkonstruksikan soal cerita dari 35% menjadi 62,5%. b) ketepatan penggunaan rumus dari 45% menjadi 77,5%. c) kebenaran dalam proses menghitung dari 50% menjadi 80%. Kesimpulan dari penelitian ini adalah penerapan metode inclusion dalam pembelajaran matematika dapat meningkatkan keaktifan siswa.
Kata kunci : keaktifan, pembelajaran, matematika, inclusion
DAFTAR PUSTAKA
Arikunto, Suharsimi. 2006. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktek. Jakarta: Sinar Grafika Offset.
_________________. 2008. Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta: Bumi Aksara.
Kurniawati, Arie. 2006. Upaya Peningkatan Keaktifan Siswa Pada Pokok Bahasan Bangun Segi-4 Melalui Pembelajaran Kooperatif Tipe TGT. Surakarta: Skripsi FKIP UMS (tidak diterbitkan). 
Mariana, Made Alit. 2003. Pembelajaran Remidial. Jakarta: Direktorat Jenderal Pendidikan Dasar dan Menengah.
Moeleng, Lexy J. 2000. Metode Penelitian Kualitatif. Bandung: Remaja Rosdakarya
Muslimah, Nana. 2006. Upaya Peningkatan Keaktifan Siswa dalam Pembelajaran Matematika Melalui Pola Latihan Interaktif. Surakarta: Skripsi FKIP UMS ( tidak diterbitkan).
Purwanti, Tika Agustina. 2007. Upaya Peningkatan Aktivitas Berpikir Kritis Melalui Pengorganisasian Tugas Terstruktur dan Kuis. Surakarta: Skripsi FKIP UMS (tidak diterbitkan).
Purwoto. 2000. Strategi Pembelajaran Matematika. Surakarta: UNS Press.
Suharta, I Gusti Putu. 2002. Penerapan Pembelajaran Matematika Realistik Untuk Mengembangkan Pengertian Siswa. Jakarta: Jurnal Matematika
Sukmadinata, Nana Syaodih. 2005. Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: Remaja Rosdakarya.
Wiriatmaja, Rochiati. 2006. Metode Penelitian Tindakan Kelas. Bandung: Remaja Rosdakarya.



 Untuk Mendapatkan file lengkap silahkan hubungi/ sms ke HP. 089 679 540 116

0 komentar:

Posting Komentar