Minggu, 22 November 2015

PTK SD 089 = Pd 558 : Peningkatan Kemampuan Menulis Narasi Melalui Buku Harian Pada Mata Pelajaran Bahasa Indonesia Siswa Kelas IV Sekolah Dasar Negeri 01 Winongo Kecamatan Manguharjo Kota Madiun Tahun Pelajaran 2008/2009

 PTK SD 089 = Pd 558 : Peningkatan Kemampuan Menulis Narasi Melalui Buku Harian Pada Mata Pelajaran Bahasa Indonesia Siswa Kelas IV Sekolah Dasar Negeri 01 Winongo Kecamatan Manguharjo Kota Madiun Tahun Pelajaran 2008/2009



 ABSTRAK

xxxxxxxxxxxxxx 2009. "Peningkatan Kemampuan Menulis Narasi Melalui Buku Harian Pada Mata Pelajaran Bahasa Indonesia Siswa Kelas IV Sekolah Dasar Negeri 01 Winongo Kecamatan Manguharjo Kota Madiun Tahun Pelajaran 2008/2009" Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, FPBS, " PGRI Madiun. Pembimbing (I) Drs.Bambang Eko hari Cahyono, M.Pd. (II) Eien Inderasari, S.Pd. M.Pd.
Kata Kunci : Peningkatan Kemampuan Menulis Narasi, Buku Harian
Berdasarkan uraian di atas, penelitian ini bertujuan untuk mengetahui untuk mengetahui peningkatan kemampuan menulis narasi melalui buku harian siswa kelas IV SD Negeri 01 Winongo, Kecamatan Manguharjo, Kota Madiun tahun pelajaran 2008/2009. Sesuai dengan kondisi siswa kelas IV SD Negeri 01 Winongo, Kecamatan Manguharjo, Kota Madiun tahun pelajaran 2008/2009 terdiri dari 30 siswa.
Pengumpulan data diperoleh melalui pemberian tugas menulis narasi melalui buku harian siswa kelas IV SD Negeri 01 Winongo, Kecamatan Manguharjo, Kota Madiun tahun pelajaran 2008/2009 dan menjawab pertanyaan. Analisis data digunakan metode analisis deskriptif kualitatif.
Berdasarkan penilaian data, dapat disimpulkan bahwa kmampuan siswa menulis karangan narasi berdasarkan aspek kesatuannya memihlci kemampuan baik.
Hal ini dapat dilihat beberapa aspek yang dinilai yaitu menggunakan ejaan Yang disempurnakan dengan aspek penulisan huruf besar dengan nilai rata-rata 7,56, aspek penulisan kata depan dengan nilai rata-rata 7,76, dan pads aspek penulisan tanda baca dengan nilai rata-rata 7,56. Adapun kemampuan menulis narasi dengan aspek penulisan judul cerita nilai rata-rata 8,26, aspek kelengkapan dan keutuhan menulis cerita nilai rata rata 7,76, dan aspek kebahasaan mendapatkan nilai rata-rata 7,76.
Peneliti menegaskan berdasarkan analisis dan penafsiran hasil analisis data dapat disimpnlkan bahwa siswa kelas IV SD Negeri 01 Winongo, Kecamatan Manguharjo, Kota Madiun tahun pelajaran 2008/2009 mampu mmnulis maxasi melalui buku harian dengan kategori baik.
Hasil penelitian ini tidak hanya menekankan pada aspek kognitif, di mana kemampuan mental yang dipelajari sebagian besar berpusat pada pemahaman bahan pengetahuan, dan ingatan tetapi konsep-konsep yang telah dipahami sebelumnya diolah melalui proses yang diberikan pada siswa tentang sikap dan keterampilan yang menimbulkan siswa aktif, dinamis dan mentpakan keunikan anak.. Di samping itu penekanap penilaian sebuah produk atau hasil siswa sebagai sesuatu yang asli dari sebuah proses. Oleh karena itu, dalam pembelajaran sastra Indonesia khususnya menulis narasi, diarahkan pada siswa untuk menemukan sendiri.
DAFTAR PUSTAKA
Burhan Nugiyantoro, 1988. Penilaian dalam Pengajaran Bahasa dan Sastra, Yogyakarta: BPFE.
Farida Rahim, 2006. Pengajaran Membaca di Sekolah Dasar. Jakarta: PT Bumi Aksara.
Gorys Keraf. 1993. Komposisi. Jakarta: PT Nusa Indah
_________ 2000. Argumentasi dan Narasi. Jakarta: PT Gramedia
Hasan Alwi dkk., 2003. Tata Bahasa Baku Bahasa Indonesia. Jakarta: Balai Pustaka
Henry Guntur Tarigan. 1986. Menulis sebagai Suatu Keterampilan Berbahasa. Bandung: PT Angkasa
__________ 1990. Pengajaran Analisis Kesalahan Berbahasa. Bandung: PT Angkasa
Kurikulum, 2004. Standar Kompetensi Sekolah Dasar dan Madrasah Ibtidaiyah, Jakarta: Dharma Bhakti.
M. Ngalim Purwanto. 1999. Metodologi Pengajaran Bahasa Indonesia di Sekolah Dasa:. Jakarta PT Rosda Jayakarya
Mardalis. 1989. Metode Penelitian Suatu Pendekatan Proposal. Jakarta: Bumi Aksara.
Nana Sudjana. 2001. Penelitian dan Penilaian. Jakarta: Sinar Baru Algensindo
Subyantoro dkk. 2004. Materi Pelatihan Terintegrasi Bahasa Indonesia, Jakarta: Direktorat Jendral Pendidikan Dasar dan Menengah
Sudjana. 1996. Metoda Statistika. Bandung: Tarsito
Suharsimi Arikunto. 1992. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktek, Jakarta: PT Rineka cipta.
Sutrisno Hadi. 1987. Metodologi Research Jilid I Yogjakarta: Fakultas Psikologi UGM
Undang-Undang Republik Indonesia No.2, 2003. Tentang Sistem Pendidikan Nasional. Jakarta: PT Armas Duta Jaya


Untuk mendapatkan file lengkap hubungi/ sms ke HP. 089 679 540 116

0 komentar:

Posting Komentar