PTS 045 : Pelaksanaan Supervisi Klinis Untuk Meningkatkan Peningkatan Kompetensi Guru Dalam Mengembangkan Model Pembelajaran Di Sekolah XXX Tahun Pelajaran 2009/2010
ABSTRAK
Penelitian ini dilaksanakan dengan tujuan untuk mengethui (1) Deskripsi pelaksanaan
supervisi klinis di SMP XXX untuk meningkatkan kompetensi guru di SMP XXX dalam
kompetensi mengembangkan model pembelajaran; (2) Deskripsi peningkatan kompetensi guru SMP XXX dalam menentukan model
pembelajaran bermutu.
Penelitian ini merupakan penelitian tindakan sekolah (PTS) yang dilaksanaka
di SMP XXX pada semester gasal tahun pelajaran
2009/2010. Metode penelitian menggunakan metode kualititaif.
Berdasarkan atas hasil
penelitian, dibuat simpulan sebagai berikut: a) Pelaksanaan supervisi klinis dikembangkan dengan cara: (1) Membangun
kesepakatan untuk poin observasi secara langsung dalam proses pengembangan
model pembelajaran baru oleh guru; (2) Pelaksanaan observasi kelas dengan
lembar observasi berdasarkan poin-poin yang disepakati saat membangun
kesepakatan guru-siswa, serta menggunakan rekaman recorder untuk merekam
aktivitas penting; Melakukan observasi respon siswa terhadap guru dan respon
balik dari guru saat dikembangkan model pembelajaran; Melakukan observasi hasil
belajar siswa pre test dan post test; (3) Supervisor melakukan feed back
langsung untuk bagian-bagian yang penting dan sulit dnegan memberikan contoh
prosedur yang riil, dan tidak melakukannya untuk bagian yang tidak rumit; (4)
Melakukan pertemuan feed back I untuk
merespon temuan kepala sekolah, dengan: (a) Analisis perbedaan dan persamaan
perilaku siswa dan guru terhadap harapan yang ditetapkan semula; (b) Analisis
kesesuaian langkah-langkah guru dalam mengembangkan model pembelajaran pada
tahap pembelajaran pendahuluan, inti pembelajaran, dan penutupan terhadap
konsep kependidikan dan kondisi umum siswa-guru; (c) Analisis tentang
permasalahan yang dialami guru dan siswa; (d) Analisis ketercapaian tujuan
pembelajaran; (e) Analisis kemungkinan perbaikan yang diperlukan; (5) Melakukan
pertemuan feed back II dengan: (a)
Mendiskusikan bagaimana pertimbangan guru dalam menentukan langkah-langkah
pembelajaran; (b) Mendiskusikan temuan-temuan supervisor terkait dengan
pelaksanaan proses pembelajaran yang dikembangkan guru, serta memasukkan tujuan
dan kehendak guru yang relevan dengan
proses pembelajaran; (c) Mendiskusikan solusi dan langkah-langkah perbaikan
yang diperlukan untuk meningkatkan tercapainya tujuan pendidikan; (e) Membangun
motivasi guru; (f) Mendiskusikan inovasi yang mungkin dikembangkan guru; (g)
Pelaksanaan Pembelajaran II; b) Pelaksanaan supervisi klinis mampu meningkatkan
kompetensi guru mengembangkan model pembelajaran di SMP XXX.
DAFTAR PUSTAKA
Anwar, Moch.
Idochi. (2004). Administrasi Pendidikan dan Manajemen Biaya Pendidikan.
Bandung: Alfabeta.
Arikunto,
Suharsimi (1993). Manajemen Pengajaran Secara Manusia. Jakarta: Rineka
Cipta
Harahap,
Baharuddin. (1983). Supervisi Pendidikan yang Dilaksanakan oleh Guru,
Kepala Sekolah, Penilik dan Pengawas Sekolah. Jakarta: Damai Jaya.
Joni, T. Raka.
(1984). Pedoman Umum Alat Penilaian Kemampuan Guru. Jakarta:
Dirjen Pendidikan Tinggi Depdikbud
Majid, Abdul.
(2005). Perencanaan Pembelajaran: Mengembangkan Standar Kompetensi Guru. Bandung:
PT Remaja Rosdakarya.
Muhaimin (2004).
Paradigma Pendidikan Islam. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.
Mulyasa, E.,
(2003). Kurikulum Berbasis Kompetensi: Konsep, Karakteristik, dan Implementasi.
Bandung: PT Remaja Rosdakarya
Robbins, Stephen
P., (2001), Organizational Behavior, New Jersey: Pearson Education
International.
Robotham, David,
(1996), Competences : Measuring The Immeasurable, Management Development
Review, Vol. 9, No. 5, hal. 25-29.
Sofo. Francesco,
(1999). Human Resource Development, Perspective, Roles and Practice
Choice. Business and Professional Publishing, Warriewood, NWS
Spencer, Lyle
M., Jr. & Signe M., Spencer. (1993). Competence at Work: Models for
Superior Performance. John Wiley & Sons. Inc.
Surya, Muhammad.
(2003). Psikologi Pembelajaran dan Pengajaran. Bandung: Yayasan Bhakti
Winaya.
Sutisna, Oteng.
(1993). Administrasi Pendidikan Dasar Teoritis dan Praktis Profesional.
Bandung: Angkasa
Syah, Muhibbin.
(2000). Psikologi Pendidikan dengan Pendekatan Baru. Bandung: PT
Remaja Rosdakarya.
Usman, Moh.
Uzer. (1994). Menjadi Guru Profesional. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.
Wirawan. (2002).
Profesi dan Standar Evaluasi. Jakarta: Yayasan Bangun Indonesia &
UHAMKA Press.
Yutmini, Sri. (1992). Strategi Belajar
Mengajar. Surakarta: FKIP UNS.Untuk mendapatkan file lengkap silahkan hubungi/ sms ke HP. 089 679 540 116
0 komentar:
Posting Komentar