PTK SD 026 : PEMBELAJARAN MELALUI METODE DISKUSI DAN KERJA KELOMPOK SEBAGAI USAHA UNTUK MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR ILMU PENGETAHUAN SOSIAL SISWA KELAS V SD NEGERI 03 KARANGLO KECAMATAN TAWANGMANGU KARANGANYAR TAHUN PELAJARAN 2009/2010
ABSTRAK
Tujuan Penelitian ini adalah: “untuk meningkatkan hasil belajar mata pelajaran IPS konsep Keragaman Suku Bangsa dan Budaya Indonesia pada siswa SD Negeri 03 Karanglo kelas V semester genap tahun pelajaran 2009/2010, dengan metode diskusi dan kerja kelompok”
Penelitian ini mengambil lokasi di SD Negeri 03 Karanglo Tawangmangu. Penelitian ini dilakukan dari tanggal 3 Agustus 2009 sampai dengan tanggal 7 September 2009. Subyek dalam Penelitian Tindakan Kelas ini adalah siswa kelas V SD Negeri 03 Karanglo Tawangmangu Tahun Pelajaran 2009/2010 yang berjumlah 15 siswa. Teknik pengumpulan data dengan observasi, dokumentasi dan wawancara Analisis Data dengan menggunakan analisis diskripsi kualitatif. Prosedur penelitian dengan menggunakan metode Penelitian Tindakan Kelas (PTK) terdiri dua siklus yaitu siklus I dan siklus II.
Hasil penelitian: Diadakannya upaya perbaikan pembelajaran dengan siklus I dan siklus II telah membawa perubahan yaitu meningkatnya prestasi belajar siswa. Adapun hasil yang dicapai adalah: Penguasaan materi IPS sebelum diadakan perbaikan sebesar 13,3 % atau siswa; pada siklus I siswa yang menguasai materi adalah 53,3 % atau 8 siswa; dan pada siklus II siswa yang menguasai materi 100 % sebanyak 15 siswa. Dapat disimpulkan disini bahwa pada siklus II semua siswa telah tuntas dalam pembelajaran IPS pada konsep Keanekaragaman Suku Bangsa dan Budaya di Indonesia.
DAFTAR PUSTAKA
Asmawi Zainul, Agus Mulyana. 2005. Tes dan Asesmen di SD. Jakarta : Universitas Terbuka.
Basuki Wibawa. 2003. Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta : Depdiknas Dirjend Pendidikan Dasar Menengah Direktorat Tenaga Kependidikan.
Dwi Tyas Utami (2007). Ilmu Pengetahuan Sosial Kelas V, Jakarta : Erlangga Esis.
Indrastuti, dkk. 2004. IPS Buana. Untuk Sekolah Dasar Kelas V. Bogor : Yudistira.
Martinis Yamin. 2007. Desain Pembelajaran Berbasis Tingkat Satuan Pendidikan. Jakarta : Gaung Persada Press.
Safari. 2003. Evaluasi Pembelajaran. Jakarta : Depdiknas Dirjend Pendidikan Dasar Menengah Direktorat Tenaga Kependidikan.
Suciati, dkk. 2005. Belajar dan Pembelajaran 2. Jakarta : Universitas Terbuka.
Suharsimi Arikunto. 1998. Prosedur Penelitian. Bandung : Rineka Cipta.
Udin S. Winata. Putra. 1997. Strategi Belajar Mengajar. Jakarta : Universitas Terbuka.
Wardani I.G.A.K. Siti Julaecha. Ngadi Marsinah. 2005. Pemantapan Kemampuan Profesional. Jakarta : Universitas Terbuka.
Wardani I.G.A.K. Wihardit K. Noehi Nasution. 2004. Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta : Universitas Terbuka.
0 komentar:
Posting Komentar