PTK TK 004 : Meningkatkan Minat Belajar Untuk Menciptakan Suasana Pembelajaran Yang Aktif, Kreatif, Efektif Dan Menyenangkan Melalui Permainan Dari Bahan Sisa Pada Anak Kelompok A Di Taman Kanak – Kanak Pembina 2 Xxx
BAB I
PENDAHULUAN
A. Latar Belakang
Pendidikan
di Taman Kanak – Kanak adalah “ suatu upaya pembinaan yang ditujukan
kepada anak sejak lahir sampai dengan usia 6 tahun yang dilakukan
melalui pemberian rangsangan pendidikan untuk membantu pertumbuhan dan
perkembangan jasmani dan rohani agar anak memiliki kesiapan dalam
memasuki pendidikan lebih lanjut.“
Taman Kanak – Kanak sebagai
pendidikan yang diselenggarakan sebelum jenjang pendidikan dasar,
memiliki kelompok sasaran anak usia 3 – 6 tahun yang sering disebut masa
emas perkembangan. Di samping itu, pada anak usia ini anak – anak masih
sangat rentan yang apabila penanganannya tidak tepat justru dapat
merugikan anak itu sendiri.
Dalam
kenyataannya minat belajar anak saat proses belajar mengajar sedang
berlangsung belum optimal. Proses pembelajaran yang terjadi saat ini
yaitu bermain sambil belajar seraya belajar sambil bermain.
Karena
bermain adalah realisasi dari perkembangan diri dari kehidupan anak
dapat tumbuh dan berkembang melalui berbagai kegiatan yang dilakukan
anak pada waktu bermain dan melalui pengalaman anak dapat mengembangkan
potensi – potensi yang dimilikinya melalui bermain. Selanjutnya dengan
bertambahnya usia anak dapat dengan sadar menyerap stimulasi lingkungan
dan mulai dapat mengorganisasikan serta melakukan generalisasi terhadap
pengalaman yang diperoleh.
1.2 Masalah
Masalah yang dihadapi dalam proses pembelajaran dari judul yang telah dikemukakan adalah :
1. Keterbatasan adanya alat praga.
2. Kurangnya minat belajar.
1.3 Rumusan Masalah
1. Apakah
proses pembelajaran aktif, kreatif, efektif dan menyenangkan ( PAKEM )
melalui permainan dari bahan sisa dapat membangkitkan minat anak
kelompok A di Taman Kanak – Kanak Pembina 2.
2. Apakah penerapan PAKEM dapat meningkatkan kemampuan anak kelompok A di TK Pembina 2 dalam melakukan proses pemebelajaran.
1.4 Tujuan
1. Untuk
mengetahui proses pembelajaran aktif, kreatif, efektif dan menyenangkan
melalui permainan dari bahan sisa dapat membangkitkan minat anak.
2. Meningkatkan minat anak kelompok A di TK Pembina 2 Xxx dalam mengikuti proses pembelajaran.
3. Meningkatkan kemampuan anak untuk lebih aktif dan kreatif.
1.5 Manfaat
Dengan
penelitian tindakan kelas melalui PAKEM, melalui permainan dari bahan
sisa diharapkan terjadi perbaikan dan peningkatan proses pembelajaran
secara lebih rinci manfaatnya adalah :
- Bagi pesertas didik, diharapkan mereka dapat tertarik dan senang menngikuti proses pembelajaran sehingga timbul minat untuk bernain sambil belajar mereka dihadapkan pada gambar menarik yang sesuai dengan materi pembelajaran. Mereka akan lebih mengenal berbagai macam lambang bilangan dan gambar – gambar dan dapat menyebutkan kembali isi gambar tersebut . setelah mereka menggunakan alat praga diharapkan pula kegiatan belajar mengajar bila lebih hidup semula siswa itu aktif, sehingga hasil kegiatan belajar mengajar akan lebih baik dan kemampuan perubahan perilaku peserta didik akan lebih meningkat.
- Bagi guru, proses pembelajaran ini diharapkan dapat meningkatkan kreativitas mengajar, karena guru dituntut untuk menyusun program pembelajaran, kemudian harus menyiapkan berbagai gambar yang sesuai dengan bahan yang akan diajarkan. Guru juga akan lebih ringan di dalam melaksanakan tugas mengajarnya, karena yang lebih aktif adalah siswa dan guru hanya mengarahkan saja..
- Bagi sekolah, diharapkan dengan meningkatkan minat anak, dalam proses pembelajaran, siswa akan lebih tertarik, lebih semangat, lebih senang dan bergairah dalam belajar, sehingga hasil belajarnya pun akan lebih baik dari sebelumnya. Akhirnya diharapkan mutu pendidikan di sekolah dapat meningkat.
DAFTAR PUSTAKA
Mulyasa. E. Menjadi Guru Profesional. Bandung: PT REMAJA ROSDAKARYA
Bandung. PT. Remaja Rosdakarya
Balai Pustaka. 1995. Kamus Besar Bahasa Indonesia
Suryadin Asyraf. 2007. Bahasa Indonesia Membaca Dan Menulis. Xxx : UBB Press
0 komentar:
Posting Komentar