PTK 095 = Pd 587 : PENINGKATAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA MELALUI PENDEKATAN KONTEKSTUAL PADA SISWA KELAS III SD NEGERI I SIMO KECAMAT.AN SIMO KABUPATEN BOYOLALI TAHUN PELAJARAN 2009/2010
ABSTRAK
xxxxxxxxxxxxxxxxx. PENINGKATAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA MELALUI PENDEKATAN KONTEKSTUAL PADA SISWA KELAS III SD NEGERI I SIMO KECAMAT.AN SIMO KABUPATEN BOYOLALI TAHUN PELAJARAN 2009/2010. Skripsi, Surakarta, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan. Universitas sebelas Maret Surakarta, Oktober 2009.
Tujuan penelitian
tindakan kelas ini adalah untuk (1) meningkatkan hasil belajar
matematika melalui Pendekatan Kontekstual pada siswa kelas III SD Negeri
1 Simo Kecamatan Simo Kabupaten Boyolali Tahun Pelajaran 2009/2010.
(2) Mendiskripsikan kendala-kendala yang dihadapi dalam penerapan
Pendekatan Kontekstual amok meningkatkan hasil belajar matematika (3)
Memaparkan bagaimana cara mengatasi kendala penerapan Pendekatan
Kontekstual untuk meningkatkan hasil belajar matematika SD Negeri I
Simo.
Bentuk penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas terdiri dari dua
siklus, tiap siklus terdiri dari empat tahapan yaitu perencanaan,
pelaksanaan, observasi dan refleksi. Sebagai subjek penelitian adalah
siswa kelas III SD Negeri 01 Simo. Tehnik pengumpulan data menggunakan,
observasi., dan tes. Tehnik analisis data menggunakan tehnik deskriptif
interaktif yang terdiri dari tiga komponen analisis yaitu reduksi
data, sajian data, dan penarikan simpulan atau verifikasi.
Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan: (1) penerapan
pendekatan kontekstual dapat meningkatkan hasil belajar matematika
kelas III SD Negeri I Simo, yaitu ditandai dengan Siswa kelas III
sebanyak 36 anak mengalami peningkatan hasil belajar yaitu sebehun
tindakan hanya 38,92 % siswa belajar tuntas setela.h tindakan menjadi
100%. (2) Terdapat beberapa kendala yang dihadapi dalam penerapan
Pendekatan Kontekstual amok meningkatkan hasil belajar matematika
antara lain guru kurang dapat menciptakan suasana belajar yang
menyenangkan (respon siswa kurang), aktivitas siswa kurang, dan masih
kurangnya ketuntasan belajar siswa kelas III SDN I Simo.
Cara mengatasi kendala penerapan Pendekatan Kontekstual untuk
meningkatkan hasil belajar matematika pada siswa kelas III SD Negeri 1
Simo Kecamatan Simo Kabupaten Boyolali Tahun Pelajaran 2009/2010 adalah
guna harus terampil dalam menerapkan pendekatan kontekstual
diantaranya : (1) mengkaji konsep dan kompetensi dasar yang akan
dipelajari oleh siswa, (2) memahami latar belakang dan pengalaman hidup
siswa melalui proses pengkajian
secara seksama, (3) mempelajari lingkungan sekolah dan tempat tinggal
siswa, selanjutnya memilih dan mengaitkamiya dengan korasep dan
kompetensi yang akan dibahas dalam proses pembelajaran kontektual, (4)
merancang pembelajaran dengan mengaitkan konsep atau teori yang
dipelajari dengan mempertimbangkan pengalaman yang dimiliki siswa
dilingkungan kehidupan mereka, (5) melaksanakan pengajaran dengan
selalu mendorong siswa untuk mengaitkan apa yang sedang dipelajari
dengan pengetahuan / pengalaman yang telah dimiliki sebehunnya dan
mengaitkan apa yang dipelajarinya dengan fenomena kehidupan
sehari-hari, (6) melakukan penilaian terhadap pemahaman siswa. Hasil
penilaian tersebut dijadikan sebagai bahan refleksi terhadap rancangan
pembelajaran dari pelaksanaan.
DAFTAR PUSTAKA
Aisyah, Nyimas, dkk. 2007. Pengembangan Pembelajaran Matematika SD. Dirjen Dikte Departemen Pendidikan Nasional.
Amir. 2007. Dasar-dasar Penulisan Karya Tulis Ilmiah. Surakarta: UNS Press.
Andayani. 2009. Pembelajaran Inovatif Sebagai Upaya Meningkatkan Profesionalisme Guru. Surakarta: Pusat Pergembangan dan Pelatihan Guru Profesional (P3GP).
Baharudin dan Esa Nur. Wahyuni. 2007 Teori Belajar dan Pembelajaran. Yogyakarta: Ar-Ruzz Media
Darmono LS, Suharyanto. 2006. Buku Ajar Fokus. Surakarta: CV. Sindhunata.
Darmono LS, Suharyanto.200G. Buku Ajar Fokus. Berdasarkan Standar Isi 2006. Surakarta: CV. Sindhunata.
Damyati dan Mudjiono. 2006. Belajar dan Pembelajaran. Jakarta: Rineka Cipta bekerjasama dengan Depdikbud.
Garnida, Dadang. 2008. Pendekatan IPA di Sekolah Dasar. Bandung: Ditjen Peningkatan Mutu Pendidikan dan Tenaga Kependidikan P4TK TK dan PLB.
Gtno, HJ, dkk, 2000. Belajar Dasar Pembelajaran. Surakarta: UNS Press
I. G. A. K Wardani. 2007. Penelitian Tindakan Kelas. Universitas Terbuka
Khafid, Suyati. 2004. Pelajaran Matematika Penekanan pada Berhitung Untuk SD Kelas IV. Jakarta: Erlangga.
KTSP SD/ MI 2007
Mulyono Abdurrahman, 2003. Pendidikan bagi Anak Berkesulitan Belajar. PT. Rineka Cipta.
Murniati, Endyah. 2007. Kesiapan Belajar Matematika di Sekolah Dasar. Surabaya: Surabaya Intelectual Club (SIC).
Nana Sudjana. 2002. Penilaian Hasil proses belajar mangajar. Band Rasdakarya.
Nurhadi; Senduk, A.G. 2003. Pembelajaran Kontesktual (Contextual Teaching and Learning CTL) dan Penerapannva dalam KBK. Malang: Universitas Negeri Malang (UMPRESS).
Oemar Hamalik. 2003. Perencanaan Pengajaran Berdasarkan Pendekatan Sistem. Jakarta: PT. Bumi Aksara.
Purwo Darminto. 2003. Kamus Umum Bahasa Indonesia.
Purwoto; Marwiyanto. 2002. Pendidikan Matematika Materi Penataran Tertulis -Sistem Belajar Mandiri. Bandung: Depdiknas Dirjen Pendidikan Dasar & Menengah.
Ranti. 2007. Penilaian Hasil Belajar. (http://one.indoskripsi.com) diunduh tanggal 8 Februari 2009.
Sanjaya, Wina. 2007. Strategi Pembelajaran Berorientasi Standar Proses Pendidikan. Jakarta : Kencana.
Sarwiji Suwandi. 2008. Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dan Penulisan Karya Ilmiah. Surakarta: Panitia Sertifikasi Guru Rayon 13.
Slamet,St.Y; Suwarto. 2007.Dasar-dasar Metodolog,i Penelitian Kualitatif Surakarta: UNS Press.
Soewito. 1993. Pendidikan Matematika I Jakarta: Depdikbud Dirjen Dikti Proyek Pembinaan Tenaga Kependidikan.
Sugiyanto. 2007. Model-model Pembelajaran Inovatif. Surakarta: Panitia Sertifkasi Guru Rayon 13.
Sullarsimi Arikunto dan Sugiarto. 2009. Peningkatan Profesi Ilmiah Guru melalui Penelitian Tindakan Kelas. Makalah disampaikan dalam Seminar Nasional. Surakarta UNS.
Sulis. 2007.
Studi Hasil Belajar Matematika Ditinjau Dari Kemampuan Berhitang,
Sumber Bahan Ajar dan Suasana Kelas di SLTP Negeri I Ngrompol Sragen. Skripsi tidak diterbitkan. Surakarta UMS Surakarta.
Suminarsih. 2007. Model-model Pembelajaran Matematika. Semarang: Widyaiswara LPMP Jawa Tengah.
Sunarsih, Cicih. 2007. Dasar-dasar Proses Beajar Bandung : Dirjen Peningkatan Mutu Pendidikan. dan Tenaga Kependidikan P4TK TK dan PLB.
Syaifudin ____________. Arimatika Metode cerdas : Diklat Smart Arimatika matematika itu mudah Matematika yang kusuka. Jakarta: GP Press.
Wulandari, Fibrianti. 2007.
Pengaruh Model Pembelajaran Contextual Teaching and Learning-CTL dalam
Pemecahan Masalah Matematika terhadap Prestasi Belajar Siswa. Skripsi tidak ditebitkan. Surakarta. UNS Surakarta.
http: ipotes. wordpress. corn 2009/04/23 – pendekatan kontekstual atau Contextual Teaching and Learning
http: ipotes. wordpress. corn 2009/04/23 – pendekatan kontekstual atau Contextual Teaching and Learning
http: ipotes. wordpress. corn 2009/04/23 – pendekatan kontekstual atau Contextual Teaching and Learning Belajar Matematika.
Untuk mendapatkan file lengkap hubungi/ sms ke HP. 089 679 540 116
0 komentar:
Posting Komentar