PTK SD 030 : Meningkatkan Kemampuan Siswa Pada Mata Pelajaran Ips Melalui Pemanfaatan Alat Peraga Pada Siswa Kelas V Semester Ii Tahun Ajaran 2008 Sdn Mergosari 01 Kecamatan Tarik Kabupaten Sidoarjo
BAB I
PENDAHULUAN
A. LATAR BELAKANG
Seiring
dengan perubahan paradigma pendidikan yang berorientasi dari model
model pembelajaran yang konvensional kepada model model pembelajaran
yang terbaru maka, guru dituntut unutuk terus menerus melatih diri
untuk menerapkan metode metode tersebut. Penerapan metode membutuhkan
keterampilan khusus yang berawal dari pembiasaan penggunaan metode
dalam proses belajar mengajar. Dengan penggunaan metode yang tepat maka
akan dapat dihasilkan kemampuan siswa yang baik sesuai dengan tujuan
pembelajaran.
Mata
Pelajaran IPS yang didominasi oleh aspek kognitif yang bersifat
deskriptif menimbulkan kesulitan tersendiri dalam proses belajar
mengajar baik itu dialami oleh guru yang menyampaikan materi atau siswa
sebagai subjek penerima materi pelajaran. Hal ini yang terjadi di
sekolah SDN Mergosari 01 kelas V pada mata pelajaran IPS yang secara
khusus pada materi Tokoh tokoh perjuangan pada Zaman Belanda dan
Jepang. Secara umum materi yang seperti itu disampaikan dengan metode
ceramah langsung melalui cerita. Hal ini menimbulkan kejenuhan dan
kebosanan pada diri siswa, untuk menghindari proses yang membosankan
maka, perlu dicarikan metode pembelajaran yang sesuai dengan materi
tersebut.
Dalam
menyelesaikan permasalahan ini maka peneliti sebagai guru bidang studi
memilih metode yang dianggap sesuai yaitu metode alat peraga untuk
meningkatkan kemampuan pemahaman siswa tentang materi pelajaran IPS
dengan metode penelitian tindakan kelas.
B. RUMUSAN MASALAH.
Berdasarkan
latar belakang di atas maka peneliti membuat rumusan masalah sebagai
berikut : Bagaimana Meningkatkan Kemampuan Siswa Pada Mata Pelajaran
IPS melalui pemanfaatan Alat Peraga Pada Siswa Kelas V Semester II
Tahun Ajaran 2008 SDN Mergosari 01 Kecamatan Tarik Kabupaten Sidoarjo
?.
C. TUJUAN PENELITIAN
Berdasarkan
rumusan masalah di atas maka tujuan penelitian ini adalah Untuk
mengetahui bagaimana meningkatkan Kemampuan Siswa Pada Mata Pelajaran
IPS melalui pemanfaatan Alat Peraga Pada Siswa Kelas V Semester II Tahun
Ajaran 2008 SDN Mergosari 01 Kecamatan Tarik Kabupaten Sidoarjo.
C. MANFAAT PENELITIAN
a. Bagi
Kepala Sekolah : Sebagai sarana pembinaan kepada guru guru bidang
Sosial untuk mempertimbangkan penggunaan metode Alat Peraga.
b. Bagi guru bidang studi Ilmu sosial : Sebagai sarana untuk meningkatkan hasil proses belajar mengajar bidang studi Sosial.
c. Bagi
teman sejawat : Sebagai sarana untuk belajar dalam penelitian
tindakan kelas dengan metode yang berbeda sehingga memberikan
pengetahuan dan wawasan yang lebih luas dalam penelitian tindakan
kelas.
DAFTAR PUSTAKA
Departemen pendidikan Nasional 2007 ” Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan IPS”
Departemen pendidikan Nasional 2007 ” Silabus Mata Pelajaran IPS”
U. Usman, 1993. Upaya Optimalisasi kegiatan Belajar Mengajar, Bandung: PT Remaja Rosda Karya.
W. Rochiati, 2005. Metode penelitian tindakan kelas, Bandung : PT Remaja Rosda karya.
Wardini J & N Marsinah, 2007 ” Pemantapan Kemampuan Profesional. Jakarta : Universitas Terbuka.
www.Jurnalindonesia.online “Alat peraga sebagai metode pembelajaran IPS ” diakses tanggal 04 Mei 2008 jam 11.30.
0 komentar:
Posting Komentar